Waktunya Sudah Dekat!

Teks: Matius 24:42-44.

Pendahuluan:

Suatu hari dimusim panas yang indah, seorang ayah bersama dengan putrinya sedang berenang di laut. Mereka telah cukup lama bermain-main dengan gelombang air, ketika tiba-tiba ada arus yang menarik putrinya jauh ke tengah laut.

Ayah tersebut tidak dapat menggapai putrinya, sedangkan anak tersebut memerlukan pertolongan untuk mencapai pinggir pantai.

Untungnya, ayah tersebut bukannya panik, tetapi ia menyuruh putrinya untuk mengambang dengan tenang selagi ia pergi mencari bantuan.

Kemudian ayah itu pergi mencari sebuah perahu. Ketika ayah tersebut kembali bersama-sama dengan beberapa regu penolong dan sebuah perahu, ke tempat dimana ia meninggalkan putrinya, hatinya menangis, karena putrinya sudah tidak ada di sana.  Dia telah ditarik sangat jauh ke tengah laut. 

Tapi ketika mereka berhasil mencapai anak tersebut, ia sedang mengambang dengan tenang, persis seperti apa yang ayahnya perintahkan.

Kemudian orang bertanya kepada anak tersebut tentang bagaimana ia dapat terus mengambang dengan tenang di tengah laut?  Ia menjawab, Saya hanya melakukan apa yang ayahku perintahkan, karena saya yakin bahwa ia akan kembali, oleh karena itu, saya tidak merasa takut.

Harapan dari anak tersebut, telah membuatnya dapat terus bertahan, sehingga ia dapat diselamatkan.

Harapan kita yang besar, yang mempertahankan iman kita sebagai orang Kristen, adalah harapan kita akan Bapa kita yang di surga yang telah siap untuk menyelamatkan dunia ini dari kehancuran.

Prediksi para Ilmuwan

Belum lama ini, seorang ilmuwan mengatakan bahwa ia kuatir dunia ini tidak akan bertahan untuk seribu tahun lagi. Ia mengatakan bahwa polusi menyelimuti atmosfir kita, menyebabkan kenaikan suhu udara di seluruh dunia meningkat, dan akan mengakibatkan gelombang panas serta banjir di seluruh benua oleh karena melelehnya es. Namun, banyak juga yang mengatakan bahwa dunia ini akan berakhir dengan cara yang lain.

Ada yang mengatakan bahwa kita akan menghancurkan diri sendiri dengan perang nuklir. Ada yang mengatakan bahwa kita akan kehabisan bahan makanan, dan sumber-sumber lainnya, karena populasi yang tidak dapat dibendung.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa kita akan dihancurkan oleh komet atau meteor yang sangat besar yang akan bertabrakan dengan bumi.

Hampir semua kita ingin mengetahui bagaimana dan kapan dunia ini akan berakhir. Apakah dunia ini akan berakhir pada zaman ini, atau seribu tahun depan, atau sepuluh ribu tahun di depan?

Tanda-tanda menjelang kedatangan Yesus

Alkitab menerangkan kepada kita mengenai peristiwa yang menarik dalam kehidupan Yesus Kristus.
Suatu hari, murid-murid Yesus menunjukkan kepadaNya sebuah kuil yang baru saja dibangun kembali oleh pemerintahan Roma.

Kuil itu merupakan satu kebanggaan bagi Kerajaan Roma, sebuah karya agung yang indah! Setelah melihat kuil tersebut, Yesus memberikan pendapat-Nya yang mengejutkan semua murid-Nya. Ia berkata, … Kamu melihat semua itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak satu batupun di sini akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan. Matius 24:2

Datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia.

Katanya: ‘Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi? Dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia? Matius 24:3

Bagaiman kita akan tahu, apakah dunia ini akan berakhir dengan segera? YESUS MEMBERIKAN TANDA-TANDA YANG JELAS

Mari kita melihat akan tanda-tanda pada zaman kita. Dalam Matius 24:7, Kristus mengatakan, Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat. Matius 24:7

Peperangan

Abad kedua puluh merupakan abad yang paling berdarah dalam sejarah manusia. Perang Dunia I menyaksikan 20 juta orang menjadi korban perang.

Perang Dunia ke II memberikan kesaksian akan kebinasaan 50 juta manusia. Walaupun orang berpikir bahwa kekerasan dan kebencian akan berakhir, namun masih tetap ada peperangan. Kelihatannya dunia sudah gila. Ini adalah satu dari tanda-tanda akhir zaman.

Alkitab katakan bahwa pada saat-saat terakhir dunia ini, manusia akan memiliki kemampuan untuk membinasakan dunia. Dan semua bangsa telah marah, tetapi amarah-Mu telah datang … dan untuk membinasakan barangsiapa yang membinasakan bumi. Wahyu 11:18.

Sebelumnya, manusia tidak memiliki kemampuan untuk menghancurkan unsur-unsur yang menjadi dasar penciptaan dunia ini. Dengan penemuan bom nuklir, manusia sekarang memiliki kemampuan untuk membinasakan dunia secara keseluruhan.

Kelaparan

Tuhan berkata akan ada bencana-bencana pada hari-hari terakhir…. akan ada kelaparan … Matius 24:7.

Dan ada kelaparan di banyak tempat di dunia. Diperkirakan bahwa 57 juta manusia akan kelaparan dalam tahun ini. Itu berarti, 156.000 orang akan mati setiap harinya karena kelaparan.

Dari milyaran manusia di atas planet bumi, 60% kekurangan gizi, dan 20% kelaparan. Yesus berkata
bahwa akan ada kelaparan sebagai salah satu tanda akhir zaman.

Yesus menggambarkan keadaan dunia pada hari-hari terakhir dengan mengatakan bahwa akan terjadi “…di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung…” Lukas 21:25.

Penyakit Sampar

Yesus mengatakan bahwa akan ada sampar: Akan ada kelaparan dan gempa bumi diberbagai tempat. Kata sampar menurut kamus, sama dengan wabah atau penyakit aneh.

Begitu banyak wabah penyakit dewasa ini, walau berapa besar usaha yang dilakukan oleh obat-obatan moderen.

Kerusakan lingkungan

Tanda lain dari akhir zaman akan ada pencemaran lingkungan. Alkitab sudah menubuatkan bahwa dunia ini akan menjadi tua. Dalam Yesaya 51:6, Allah berfirman,

“Arahkanlah matamu ke langit dan lihatlah ke bumi dibawah. Sebab langit lenyap seperti asap, bumi memburuk seperti pakaian yang sudah usang.

Udara di kota-kota besar dipenuhi oleh racun kimiawi yang kita hirup melalui paru-paru kita. Dibanyak tempat, airnya sudah tidak sehat lagi untuk diminum, karena banyaknya zat-zat yang berbahaya di dalamnya.

Dimanakah kita akan mendapatkan energi, air dan udara bersih? Kemanakah kita akan pergi untuk mencari makanan?

“… Di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung …” Lukas 21:25

Gempa Bumi meningkat

Alkitab mengatakan bahwa gempa bumi akan meningkat. “Akan ada … gempa bumi diberbagai tempat.” Matius 24:7. Kita telah menyaksikan peningkatan gempa bumi yang terjadi secara besar-besaran.

Dalam waktu yang belum lama ini, kita telah menyaksikan bagaimana gempa bumi merenggut 20,000 sampai 30,000 nyawa dalam satu gempa. Banyak diantara Anda yang masih ingat gempa-gempa bumi yang terjadi belum lama ini diberbagai negara.

Alkitab mengatakan, “Dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan diberbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan; dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan
tanda-tanda yang dahsyat dari langit..

dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang; dan di bumi bangsa-bangsa akan takut, dan bingung menghadapi deru dan gelora laut.” Lukas 21:11, 25.

Moral semakin merosot

Alkitab memberikan kepada kita tanda yang lain. Kondisi moral pada akhir zaman. Yesus membandingkan kondisi dunia ini pada akhir zaman dengan kondisi di Sodom dan Gomorah, dua kota yang paling bejat yang pernah ada. Allah pada akhirnya menghancurkan kedua kota tersebut dengan api yang datang dari surga.

“Demikian juga yang terjadi pada zaman Lot;…Demikianlah halnya kelak pada hari, dimana Anak Manusia menyatakan diri-Nya.” Lukas 17:28-30.

“Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak mau berterima kasih, tidak memperdulikan agama,

Tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka menghianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu daripada menuruti Allah- secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya.” 2 Timotius 3:2-5

Kedatangan nabi palsu

Salah satu tanda yang paling penting yang Yesus berikan adalah mengenai datangnya mesias palsu dan nabi-nabi palsu. Kristus mengamarkan mengenai kedatangan mesiasmesias palsu dan nabi-nabi palsu yang akan mencoba menipu dunia.

Sebab mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujisat-mujisat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.” Matius 24:23-24

Tanda terakhir Injil diberitakan

Tanda terakhir dan terpenting yang diberikan Yesus adalah untuk memberitakan Injil keseluruh dunia. Dari semua tanda-tanda, hanya tanda inilah yang belum digenapi.

Matius 24:14: Yesus berkata: “Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, SESUDAH ITU BARULAH TIBA KESUDAHANNYA.”

Injil sedang diberitakan melalui televisi, radio, ceramah, internet, pelajaran Alkitab, dan melalui koresponden di seluruh dunia.

Panggilan

Waktunya hampir habis! Dosa-dosa yang menjadi landasan kebinasaan dunia pada zaman Nuh, timbul kembali di zaman ini. Orang yang hidup pada zaman Nuh terlalu sibuk bekerja serta melakukan kehendaknya sendiri, sehingga tidak ada waktu untuk hal-hal yang bersifat rohani.

Yesus berkata dalam Matius 24:37-39: Sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia.

Jika kita melihat dewasa ini, tanda-tanda di dunia, kita dapat melihat betapa dekatnya kita dengan hari kedatangan Yesus yang kedua kali.

Keadaan dewasa ini, sama dengan keadaan dunia pada saat Yesus pertama kali datang kedunia ini. Pada zaman dulu, Allah memberikan banyak tanda agar manusia mengetahui waktu kedatangan Yesus

Saudara-saudara, Tuhan telah memberikan kepada kita tanda-tanda yang menyatakan Tuhan akan datang segera. Yesus berkata, “Jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah diambang pintu! Matius 24:33

Apakah yang harus kita lakukan sekarang? Kita harus bersedia. Bagaimana caranya: Dengan Giat melayani pekerjaan Tuhan, Giat berdoa dan mempelajari FirmanNya, dengan Giat Menginjil dan bersaksi, dengan Giat beribadah, dll..

Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Matius 24:42

Berjaga-jaga adalah menjadi umat Tuhan yang aktif melayani, bersaksi, menginjil, aktif berbakti, aktif mempelajari dan merenungkan Firman Tuhan.

Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.” Matius 24:44.

Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya ini terjadi.” Matius 24:33,34

Apakah kita akan menerima-Nya sekarang? Atau akankah kita mengecewakan-Nya lagi? Waktunya tidak lama lagi, dan taruhannya sangat besar. Tidak ada waktu untuk dibuang.

Ilustrasi

Kapal pesiar Central Amerika baru saja memulai pelayarannya dari dermaga di kota New York, dan sedang menuju ke Selatan, ke laut Atlantik, untuk menuju Selat Panama, ketika ia mengalami kebocoran.

Sebuah kapal melihat tanda bahaya yang ia kirim dan segera memutar haluan untuk memberikan pertolongan.

Kapten dari kapal tersebut mengirimkan kabar, “Apa yang terjadi?” Kapten dari kapal pesiar tersebut mengirim berita balasan, “Kami sedang dalam perbaikan dan sedang tengelam.”

Kapal yang sebenarnya datang untuk menolong dapat melihat kapal tersebut lambat laun manuju dasar laut lalu menyampaikan barita,

“biarlah saya mengangkut para penumpangmu.” Tetapi malam telah tiba, dan nakoda kapal Central Amerika tidak mau mengambil risiko memindahkan penumpang dalam gelap.

Dijawab, “sampai pagi nanti.” Kapal yang lain mengirim berita bahwa tindakan perlu diambil sekarang juga. Tetapi ia menolak, ia harus menunggu pada satu jarak pada kegelapan malam itu.

Pegawainya yang berada dianjungan dapat melihat lampu-lampu kapal Central Amerika ditengah gelombang laut.

 Kira-kira satu setengah jam kemudian, mereka terkejut ketika lampulampu tersebut hilang. Kapal telah masuk ke dalam laut, dan semua mereka yang berada di dalamnya binasa.

Menunggu dapat mengakibatkan kita kehilangan kehidupan yang kekal. Ada saatnya di mana kita harus mengambil keputusan saat ini.

Kapten dari kapal Central Amerika berpikir bahwa ia dapat menunggu sampai pagi, ternyata ia melakukan kesalahan yang sangat fatal. Alkitab mengatakan, hari ini adalah hari keselamatan, jangan menunggu, jangan ragu-ragu. Jangan menunda.

Kenapa tidak mengambil keputusan hari ini, untuk menerima Kristus? Kenapa tidak memberikan hati Anda pada Allah hari ini? Dan meminta pertolongan-Nya untuk menyiapkan diri Anda untuk kedatangan Yesus yang kedua kali?

Adakah sesuatu dalam kehidupan Anda yang menghalangi Anda untuk mempersiapkan diri untuk kedatangan-Nya yang kedua kali?

Kenapa tidak membuang hal yang menghalangi itu saat ini, selagi kita berdoa? Kalau Anda benar-benar serius untuk menerima Yesus Kristus, maukah Anda mengacungkan tangan Anda sambil berkata, Ya Tuhan, saya bersedia untuk bertemu dengan-Mu pada saat Engkau datang!

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *