Tulisan yang Mengubahkan

Teks: Matius 13:44, 2 Timotius 3:15-17

Pendahuluan
Diceritakan tentang seorang penjelajah dari eropa yang mengadakan perjalanan kepedalaman Afrika, dan disana dia menemukan seorang laki-laki pribumi sedang asyik membaca alkitabnya. Melihat hal itu, pria ateis itu menegur pria yang sedang membaca alkitabnya dengan nada mengejek..dia katakan, “Hei..untuk apa buang-buang waktu membaca buku yang tidak berguna itu..”

Mendengar ejekan itu, pria pribumi itu menatap tajam kepada pria asing ini dan berkata, “ kalau bukan karena buku ini, kamu sudah menjadi santapan makan siang saya…” “apakah kamu mau saya buang buku ini lalu saya makan kamu sekarang juga…!” pria asing itupun pergi berlalu ketakutan…

Alkitab telah merubah hidup orang-orang di pedalaman di Afrika….

  • Pentanyaannya adalah Bagaimana Alkitab ini dapat mengubah kehidupan seseorang?
  • Bagaimana Alkitab ini dapat membuat hidup seseorang menjadi lebih baik?
  • Bagaimana Alkitab dapat mengubah seorang yang kejam menjadi pengasih?
  • Dari seorang yang pemarah menjadi peramah?
  • Dari seorang yang tukang gosip menjadi tukang gospel?
  • Dari seorang pemabuk menjadi tidak mabuk lagi..dll

Jawabannya Karena Alkitab adalah Firman Tuhan. Mazmur 119:105 mengatakan, FirmanMu adalah pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku..” FirmanTuhan adalah lampu atau cahaya yang menerangi jalan hidup seseorang…

Itulah sebabnya bila Firman Tuhan ada dihati, maka kegelapan akan sirna…

Seperti kata Rasul Paulus kepada Timotius, dalam 2 timotius 3:15, “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.”

Jadi alkitab adalah tulisan yang diilhamkan, sumbernya adalah sang Raja sorga, dan berguna mengajar orang-orang yang bodoh menjadi pintar, memberi hikmat kepada orang yang tidak berhikmat.

Memperbaiki perilaku seorang penjahat menjadi seorang pengasih, pembunuh menjadi penolong manusia, pendusta menjadi orang yang jujur, pemalas menjadi rajin…
Alkitab berkuasa mengubah kehidupan setiap orang yang membacanya.

Ada banyak bahkan jutaan buku yang telah di cetak di dunia ini, mulai dari buku ekonomi, politik, motivasi, sosial, ilmu pengetahuan, psikologi, matematika dll..tetapi tidak ada buku yang dapat menyamai alkitab ini….

Sebuah buku dapat menolong kita menjadi ahli ekonomi, dapat memberi pengetahuan bagaimana caranya membuka usaha supaya berhasil, sebuah buku dapat menolong kita menjadi seorang pembicara yang handal, menjadi ahli politik yang kawakan, menjadi akuntan yang baik, menjadi mekanik yang baik…

Tetapi hanya alkitab…hanya alkitab ini, buku yang berani menyatakan dirinya sebagai buku penuntun untuk hidup selamat, hanya alkitab buku yang dapat memberikan petunjuk untuk hidup benar dan saleh…

Hanya alkitab buku yang menuntun kita menemukan Juruselamat. Hanya di dalam alkitab ini kita dapat menemukan kisah kasih Allah yang maha besar kepada manusia yang maha besar dosanya.

Alkitab adalah master dari segala kitab di dunia ini, raja dari segala buku. Anda tahu, Alkitab adalah buku yang paling banyak di cetak, buku yang paling banyak di terjemahkan ke berbagai bahasa dunia, buku yang paling banyak di miliki, buku yang paling banyak di edarkan..

Tetapi walau demikian, sangat di sayangkan, alkitab ini adalah buku yang paling sedikit dibaca, buku yang sangat sedikit dipelajari..buku yang kurang mendapat perhatian…

Benar atau tidak…kita selalu punya waktu membaca koran dan majalah, anak-anak sekolah selalu punya waktu membaca buku pelajaran mereka,

Kita selalu punya waktu membuka facebook dan update status, kita selalu punya waktu menonton televisi. Tetapi kita tidak punya waktu untuk membaca Alkitab dan membaca buku-buku rohani lainya.Kita selalu beralasan bahwa saya tidak ada waktu, saya terlalu sibuk….

Apakah saudara masih ingat jaman dahulu kala…? pada waktu kekasih Anda mengirimkan surat cinta kepada saudara waktu masih pacaran…?
Betapa senangnya kita pada waktu menerima surat cinta dari orang terkasih, bahkan surat itu kita simpan dan di baca berulang-ulang….padahal isi surat itu Cuma mau bilang I LOVE U, AKU CINTA PADAMU…tetapi sukacitanya luar biasa…

Saudara tahu, sesungguhnya alkitab ini adalah surat cinta Yesus kepada kita, Dia Cuma mau bilang, bahwa Dia mengasihi kita, Aku telah mati untukmu..Ini Aku kirimkan surat cinta Ku padamu..bacalah sebagai surat kenangan, sebelum kita bertemu kembali pada saat kedatanganKU..
Yesus ingin kita membacanya, Dia ingin kita tahu isi hati-Nya, pikiranNya dan kehendakNYa bagi kita.

Yesus mengibaratkan Alkitab ini seperti Harta yang terpendam…

Seorang yang bernama Michael Hatcher, dia adalah pemburu harta karun kapal karam. Dia keturununan inggris namun besar di Australia, lahir pada tahun 1940.


Hidup masa kecilnya kurang beruntung, dia sempat tinggal di panti asuhan, lalu pada usia 14 tahun dia hijrah ke Australia.

Pada tahun 1970 dia mulai memburu muatan kapal karam dengan sebuah kapal tua yang di renovasi. Banyak orang menyebut dia sebagai raja pemburu harta karun..
Pada tahun 1985 dia berhasil menemukan dan mengangkat isi kapal dagang milik VOC belanda yang karam tahun 1750 di Tanjung Pinang Riau. Padan tahun 1986 dia berhasil mengangkat 126 batang emas, belum lagi 160 keramik peninggalan dinasti Ming dan Ching.

Lalu harta karun itu dia lego di balai lelang Christie Amsterdam belanda dan laku 15 juta dolar atau 16,6 miliar. Masih banyak penemuan yang lain, dan penemuan harta karun itu membuat dia memiliki banyak uang..

Saudara ku, para pemburu harta karun ini mencari dengan teliti selama bertahun-tahun dengan menghadapi banyak resiko, karena mereka percaya bahwa harta karun itu ada dan kalau mereka menemukannya mereka akan kaya…

Yesus mengibaratkan Alkitab ini seperti harta karun yang terpendam…Itulah sebabnya Dia menceritakan sebuat perumpamaan yang diberi judul Harta terpendam
Perumpamaan ini dapat kita baca di Matius 13:44

Mat 13:44 “Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu…”

Kebiasaan orang pada zaman dahulu adalah menyembunyikan harta mereka dibawah tanah. Ada beberapa alasan mengapa orang zaman dulu suka menyimpan harta di bawah tanah.


Pertama: untuk Menghindari pencurian dan perampokan yang sering terjadi..
Kedua untuk menghindari pajak yang tinggi, ketika pemerintahan berubah
Ketiga: Negeri pada masa itu selalu berada dalam bahaya, sewaktu-waktu musuh datang menyerbu dan biasanya para tentara-tentara musah suka menjarah harta benda, maka tempat yang dirasa paling aman untuk menyimpan harta benda adalah dibawah tanah.

Tetapi sering kali tempat persembunyian harta benda itu akan terlupakan..

  1. Sipemilik harta itu mungkin meninggal dunia
  2. Masuk penjara atau diasingkan ke negeri yang lain, dan harta yang disembunyikan itupun dilupakan..

Dan ketika seeorang menyewa tanah itu, kemudian dia menggarap tanah itu dengan bajak tanah, tanpa sengaja harta terpendam itu tergali. Ketika dia menemukan harta itu, dia merasa sangat beruntung. Lalu harta itu dia sembunyikan lagi, lalu dia kembali kerumahnya dan menjual segala harta miliknya untuk membeli ladang yang berisi harta itu.

Dan banyak orang akan berpikir dia bertindak seperti orang yang tidak waras,mengapa? karena menjual segala miliknya demi membeli tanah yang kelihatanya tidak ada harganya, tanah yang terlantar..Tetapi hanya dia yang tahu betapa berharganya tanah itu. Setelah tanah itu menjadi miliknya, maka dia mencari disegala sudut tanah itu harta terpendam yang dia telah temukan..

Saudara sekalian, Perumpamaan ini menggambarkan nilai dari harta Sorgawi dan usaha yang dibuat untuk mencarinya. Penemu harta di ladang itu, rela menukarkan segala harta miliknya, siap bekerja tanpa lelah untuk mendapatkan harta tersembunyi itu.

Dalam perumpamaan ini, Ladang yang berisi harta menggambarkan Kitab suci. Dan harta itu adalah Injil kebenaran.

Sekarang pertanyaanya adalah apakah kita sudah rela melakukan usaha yang keras untuk menggali isi alkitab ini..?


Dalam buku perumpaan Tuhan Yesus hal.72 dikatakan: , “ Alkitab adalah buku pelajaran Allah terbesar, Alkitab adalah dasar dari segala ilmu pengetahuan. Setiap cabang ilmu dapat kita temukan dalam alkitab. Diatas semua itu, alkitab ini mengandung ilmu dari segala ilmu yaitu ILMU KESELAMATAN. Alkitab adalah tambang harta Kristus yang tak terselidik..”

Orang yang ingin mendapatkan harta kebenaran itu harus menggalinya seperti pekerja tambang menggali tanah mencari harta yang tersembunyi. Pekerja tambang ketika bekerja menggali tanah, mereka sangat tekun dan giat, mereka tidak akan pernah berhenti menggali sampai mereka menemukan harta itu..

Sdr sekalian, mempelajari alkitab sama seperti pekerja tambang, tidak cukup hanya sekedar membaca, tapi juga mempelajarinya dengan kesungguhan hati, berdoa dan menyelidiki kebenaran seperti mencari harta yang tersembunyi, dan orang yang menggali Firman Tuhan dengan cara seperti itu akan menemukan harta yang tak ternilai mahalnya…

APAKAH SAUDARA TAHU BERAPA NILAI DARI HARTA FIRMAN TUHAN INI? Nilainya tidak diukur oleh angka-angka matematika..sebab nilai dari tambang Firman Tuhan adalah bernilai Keselamatan, pertobatan, perubahan hidup, dan itu tidak terbeli dengan apapun..

TETAPI YANG MENJADI PERSOALAN ADALAH:
Kita sering kali seperti pemilik harta itu, gantinya kita baca, kita gali, kita bagikan harta injil itu, seringkali kita pendam sendiri. Kata “dipendam” bisa berarti ” dilalaikan, di abaikan, “….

Kita belum menjadikan Alkitab ini sebagai santapan rohani setiap hari, rasa lapar dan haus akan Firman Tuhan belum kita rasakan…AKIBATNYA: kerohanian kita menjadi kurus dan kering, karena kita tidak mengisinya dengan kebenaran Firman.. Pikiran kita di jejali dengan pikiran-pikiran duniawi, cara berpikir kita cenderung mengikuti arus dunia ini,

Kita menjadi miskin pengetahuan akan Firman Tuhan..PADAHAL saudara tau, KESELAMATAN KITA bergantung atas pengetahuan dari kebenaran yang terdapat dalam kitab suci….

Tetapi bilamana Alkitab ini menjadi santapan rohani kita setiap hari, maka pikiran kita akan dibentuk sesuai dengan kehendak Tuhan…kita akan mengetahui lebih banyak apa kehendak Tuhan dalam hidup kita…

Hidup kita akan lebih baik, seperti yang di ceritan DI DALAM KISAH 17:11: di sini diceritakan bahwa orang-orang Yahudi Tesalonika lebih baik hatinya dari orang yahudi di Berea, karena mereka menerima Firman Tuhan dengan rela hati, dan tiap hari mereka menyelidikinya..Jadi selidikilah Firman Tuhan, seperti pekerja tambang mencari butiran emas di dalam tanah…

APAKAH AKIBAT YANG TERJADI KALAU KITA MELALAIKAN HARTA INJIL INI?
Ilustrasi ini semoga bisa menolong kita…

Beberapa tahun yang silam, Mr. Marsh mendapati bahwa namanya termasuk dalam surat wasiat tantenya. Wasiatnya berbunyi, Untuk Steven Marsh tersayang, saya menyerahkan Alkitab keluarga beserta semua isinya, dan semua harta saya yang tersisa. Setelah semua hutang-hutang terbayar, hanya beberapa ratus dolar yang tersisa.


Dalam waktu yang singkat, uang tersebut telah habis, dan yang tersisa hanyalah sebuah Alkitab yang Mr.Marsh simpan dalam sebuah peti di loteng.


Steven Marsh harus hidup dengan gaji pensiun yang sangat minim, sehingga ia hidup dalam kemiskinan selama kurang lebih tiga puluh tahun lamanya

Akhirnya, ketika ia berusia sembilan puluh tahun, ia memutuskan untuk hidup bersama dengan anaknya. Ketika ia sedang mengepak barang-barangnya, ia menemukan Alkitab yang dulu diwariskan oleh tantenya, dan ia mulai membuka lembaran demi lembaran.

Mr. Marsh terkejut ketika ia menemukan lembaran uang yang terselip di antara halaman demi halaman, dan ketika ia menghitung uang yang ada, ia mendapat lebih dari lima ribu dolar, yang merupakan jumlah yang sangat besar untuk saat itu.


Ia hidup dalam kemiskinan, padahal ia bisa hidup dalam kekayaan.Ia memiliki kekayaan di ujung jarinya, dalam buku Alkitab.

Demikian juga dengan kita, kita bisa memiliki kekayaan yang terbesar kalau kita membaca dan mempelajari alkitab ini..Dan kalau kita lalaikan Alkitab ini kita akan mengalami kekeringan rohani, hati kita akan kosong dan menjadi tempat tinggal si jahat…

Alkitab disebut sebagai Firman Allah yang Hidup. Karena Alkitab membawa kuasa yang luar biasa ke mana saja ia pergi, yaitu kuasa untuk mengubah kehidupan, merubah karakter manusia, memberikan kekuatan kepada yang lemah, menguatkan orang yang kecewa, serta memberikan pengharapan kepada yang mau mati. Sepanjang sejarah, kuasa Alkitab untuk merubah manusia, telah dibuktikan berulang kali. Pemarah telah diubah menjadi pendamai, melalui kuasa Alkitab.

Orang-orang yang bejat dan penuh nafsu birahi, telah diubah menjadi orang yang bersih dan suci. Para pemabuk telah dilepaskan dari kemabukannya, pencuri dari pencuriannya, dan penipu dari penipuannya.

Dewasa ini, Anda tidak perlu mencari jauh-jauh untuk mendapati para pembunuh sadis di penjara yang telah diubah menjadi seorang Kristen yang bersyukur, melalui kuasa Alkitab.

Anda tidak perlu mencari jauh-jauh untuk mendapati perkawinan yang telah diambang perceraian, diselamatkan dan dipenuhi dengan kasih baru, melalui kuasa Alkitab. Tidak ada seorangpun yang membaca Alkitab dengan setia setiap hari, tanpa diubah oleh kuasa Buku Allah. Dan jika Anda mengambil waktu setiap hari untuk membaca Alkitab, maka itupun akan mengubah Anda.

Yesus mengetahui kuasa apa yang dapat merubah manusia: Dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu Kebenaranlah yang membebaskan manusia. kebenaran yang merubah seorang pemabuk, menjadi seorang ayah yang penuh kasih sayang. Kebenaran yang membebaskan seseorang dari jerat narkoba.

Namun, Firman Tuhan hanya dapat mengubah orang-orang yang mau diubah yaitu mereka yang mau menerima Orang yang ada dalam Alkitab, yaitu Yesus Kristus. Kehidupan jutaan manusia telah diubah pada saat mereka mempelajari Alkitab.

Tidak ada kuasa yang lebih besar di dunia ini yang dapat menyentuh hati serta mengubah kehidupan. Anda lihat sangat besar pengaruhnya, bagaimana kita memperlakukan buku itu.

Lebih dari sekedar sebuah buku yang kita bawa ke gereja, atau sekedar pajangan di rak buku kita dirumah. Lebih dari sekedar informasi maupun saran yang berguna. Buku itu adalah Allah berbicara kepada hati kita masing-masing. Buku itu merupakan surat kasih Allah kepada Anak-anak-Nya di dunia ini.
Buku itu adalah rahasia untuk dapat bertahan, kebahagiaan yang sejati, dan ketenangan pikiran.

KESIMPULAN
Sebagai penutup saya akan menceritakan bagaimana Alkitab ini merubah hidup seseorang…


Pada tahun 1870-an yang silam, di sebuah pegunungan Papua Nugini tempat tinggal para suku kanibal (pemakan manusia) lahir seorang anak yang diberi nama Faole. Pada umur 15 tahun Faole untuk pertama kali melakukan pembunuhan, alasannya sangat sederhana,” itu adalah kebiasaan para pemburu kepala..”

Pembunuhan pertama ini telah menyebabkan dia menjadi manusia yang haus akan darah. Tidak lama kemudian dia membunuh lagi seorang laki-laki dan 2 orang perempuan..

Setelah itu kemudian Faole terkenal sebagai pembunuh dan banyak orang takut padanya. Pada waktu ibunya meninggal dunia dia sangat marah dan pergi keluar rumah dan membunuh 2 orang manusia lagi..

Karena perbuatannya itu maka polisi datang mencari dan menangkap dia dan di jebloskan kedalam penjara. Setelah bertahun-tahun menjalani hukuman di penjara..Faole akhirnya bebas, dan ketika dia bebas dia sudah berumur 50 tahun.

Di tempat dimana dia tinggal ada sebuah sekolah misi didirikan, lalu kemudian Faole datang ke sekolah misi itu dan mendaftarkan diri untuk sekolah…ketika dia berada di sekolah misi tersebut..dia menemukan sebuah Alkitab dan dia mulai belajar membaca alkitab tersebut…

Setelah beberapa lama dia baca alkitab itu, sebuat perubahan besar terjadi pada dirinya..wajahnya yang sebelumnya sangat menakutkan berubah menjadi wajah yang sangat bersahabat..hidupnya kemudian diabdikan untuk menjadi petugas palang merah yang membawa para tentara yang terluka kerumah sakit..

Pada suatu kali, dia memimpin rombongan tentara australia yang tersesat dihutan..mereka sudah kelaparan dan putus asa..lalu Faole mengumpulkan mereka dan mengajak mereka berlutut berdoa Kepada Tuhan..dan Doa Faole dijawab..akhirnya mereka sampai dengan selamat.

Sdr sekalian…Alkitab, telah mengubah hidup Faole dari seorang pembunuh menjadi penolong manusia, dari seorang yang haus akan darah menjadi seorang yang haus akan Firman Tuhan.

Alkitab ini dapat merubah hidup Anda juga. Ketika kita membaca Alkitab, Roh Suci yang sama yang memberikan inspirasi kepada penulis Alkitab yang telah menuliskan firman Allah beberapa abad yang lalu, merubah hidup kita sementara kita mempelajarinya.

Pelajari firman Allah dengan pikiran yang terbuka dan iman yang sederhana katakan: Tuhan, tunjukkanlah kebenaran-Mu aku akan mengikutnya. Tuhan, nyatakanlah perubahan yang aku butuhkan dalam hidupku. Tuhan, aku rindu bertemu denganmu sebagai Juru Selamat yang Pengasih dan pemaaf serta merubah hidup dalam halaman-halaman firmanMu

Jika hidup kita ingin diubahkan oleh Firman Tuhan, paling sedikit ada 5 langkah yang harus kita lakukan.

  1. Milikilah kerinduan untuk membaca Alkitab.
  2. Sediakanlah waktu untuk membaca
  3. Berdoalah untuk mengundang kehadiran Roh Kudus memimpin kita
  4. Pilihlah kitab atau perikop yang hendak di baca
  5. Aplikasikanlah kepada diri anda sendiri ayat-ayat yang sudah dibaca
  6. Hidupkanlah Firman Tuhan yang telah anda baca

Tuhan kiranyan memberakati..Amin

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.