Sin Distancing

Social distancing menjadi istilah yang popular saat ini ditengah perlawanan memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Social distancing adalah membatasi diri menjalin kontak fisik secara langsung dengan orang lain, yang bisa memungkinkan virus menular dari satu orang ke orang lainnya.

Cara ini dinilai efektif memperkecil angka penularan virus corona yaitu dengan berdiam diri di rumah dan menghindari bertemu dengan banyak orang.

Jadi penyebab kita harus menghindari orang-orang dan kerumunan orang banyak karena virus corona yang bisa menumpang dalam diri siapa saja orang yang kontak disekitar kita.

Karena virus corona berbahaya dan penularannya cepat sekali, tidak mengenal waktu, tempat dan orang, sudah ribuan yang tewas karenanya, maka demi keselamatan salah satu cara menghindarinya dengan social distancing, bahkan yang terbaru physical distance.

Dalam alkitab penyakit sering dijadikan symbol terhadap dosa, misalnya penyakit kusta. Kusta merusak tubuh seseorang, demikian pula dosa merusak jiwa.

Dosa menodai, memisahkan kita dari Allah, menghambat kehadiran Allah dan akhirnya membawa kita kepada maut (Keluaran 4:6; Imamat 13:2,46; Bilangan 12:10; Ulangan 24:8; 2 Samuel 3:29; 2 Raja 5:1; 2 Tawarikh 26:20; Matius 8:2; Markus 1:40; Lukas 5:12, 13, dll).

Sebagaimana virus corona telah merusak banyak tatanan kehidupan kita, dan merenggut ribuan jiwa, demikian juga dosa merusak tatanan hidup kita, merenggut jiwa manusia dari hidup kekal kepada kebinasaan.

Maka untuk menjauhkan diri dari dosa  dan kebinasaan kekal, kita harus memutuskan mata rantai virus dosa dalam diri kita dengan Sin Distancing.

Sin distancing sebagaimana halnya dengan Social distancing, menjauhkan diri dari virus penyebab penyakit tersebut.

Berikut ini beberapa sin distancing yang tertulis dalam Alkitab:

1. Menjauh diri dari Kejahatan

1Tes 5:22 “Jauhkanlah dirimu dari segala jenis kejahatan.”

Ams 16:17 “Menjauhi kejahatan itulah jalan orang jujur; siapa menjaga jalannya, memelihara nyawanya.”

Ams 4:27 “Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, jauhkanlah kakimu dari kejahatan.”

Ams 3:7 “Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan..”

Yes 1:16 “Basuhlah, bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mata-Ku. Berhentilah berbuat jahat..”

Ams 14:16 “Orang bijak berhati-hati dan menjauhi kejahatan, tetapi orang bebal melampiaskan nafsunya dan merasa aman.”

Mzm 34:14 “..jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, carilah perdamaian dan berusahalah mendapatkannya!”

Mzm 37:27 “Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, maka engkau akan tetap tinggal untuk selama-lamanya..”

1Ptr 3:11 “Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya.”

Ayb 11:14 “..jikalau engkau menjauhkan g kejahatan dalam tanganmu, dan tidak membiarkan kecurangan ada dalam kemahmu..”

1 Petrus 2:1 “Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu…kamu menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa.”

2. Menjauhi percabulan

Ams 5:8 “Jauhkanlah jalanmu dari pada dia, dan janganlah menghampiri pintu rumahnya..”

1 Kor 6:18 “Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.”

1Tes 4:3 “Karena inilah kehendak Allah pengudusanmu, yaitu supaya kamu menjauhi percabulan..”

Kis 15:29 “kamu harus menjauhkan diri …. dari percabulan. Jikalau kamu memelihara diri dari hal-hal ini, kamu berbuat baik. Sekianlah, selamat.”

3. Menjauhi dusta

Ams 4:24 “Buanglah mulut serong dari padamu dan jauhkanlah bibir yang dolak-dalik dari padamu.”

Mzm 119:29 “Jauhkanlah jalan dusta dari padaku, dan karuniakanlah aku Taurat-Mu.”

Ams 30:8 “Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan…”

Kel 23:7 “Haruslah kaujauhkan dirimu dari perkara dusta.”

1 Petrus 2:1 “Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu…dan fitnah.”

4. Menjauhi Penyembahan berhala

1Kor 10:14 “Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, jauhilah penyembahan berhala!”

Kis 15:29 “..kamu harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala..”

Yos 24:23 “Ia berkata: “Maka sekarang, jauhkanlah allah asing yang ada di tengah-tengah kamu dan condongkanlah hatimu kepada TUHAN, Allah Israel.”

5. Menjauhi kesombongan

1 Kor 5:2 “Sekalipun demikian kamu sombong. Tidakkah lebih patut kamu berdukacita dan menjauhkan orang yang melakukan hal itu dari tengah-tengah kamu?”

Ams 14:7 “Jauhilah orang bebal, karena pengetahuan tidak kaudapati dari bibirnya.”

6. Menjauhi pertengkaran

Ams 20:3 “Terhormatlah seseorang, jika ia menjauhi perbantahan, tetapi setiap orang bodoh membiarkan amarahnya meledak.”

2Tim 2:22 “Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni.”

7. Menjauhi Ketamakan

Yeh 18:17 “..menjauhkan diri dari kecurangan, tidak mengambil bunga uang atau riba, melakukan peraturan-Ku dan hidup menurut ketetapan-Ku–orang yang demikian tidak akan mati karena kesalahan ayahnya, ia pasti hidup.”

1 Tim 6:10-11 “Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka…jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan.”

8. Menjauhi takhayul dan dongeng

1Tim 4:7 “Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah.”

9. Menjauhi kekeran hati

Yeh 36:26 “Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.”

Ibrani 3:15 Tetapi apabila pernah dikatakan: “Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman”

10. Menjauhi Ketidaksetiaan

Yeh 43:9 “Sekarang, mereka akan menjauhkan ketidaksetiaan mereka dan mayat raja-raja mereka dari pada-Ku dan Aku akan diam di tengah-tengah mereka untuk selama-lamanya.”

11. Menjauhi minuman keras

Bil 6:3 “..maka haruslah ia menjauhkan dirinya dari anggur dan minuman yang memabukkan, jangan meminum cuka anggur atau cuka minuman yang memabukkan..”

12. Menjauhi mencelakai orang yang diurapi

1Sam 26:11 “Kiranya TUHAN menjauhkan dari padaku untuk menjamah orang yang diurapi TUHAN..”

13. Menjauhi formalitas agama

2Tim 3:5 Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!

1 Petrus 2:1 “Karena itu buanglah segala kejahatan…kemunafikan..”

Kunci untuk Sin Distancing

1. Mendekat kepada Yesus

Yakobus 4:8 “Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati!

Efesus 2:13”Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu “jauh”, sudah menjadi “dekat ” oleh darah Kristus.”

2. Hidup dalam Kristus

Galatia 2:20 “..namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.”

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.