Renungan Kristen Memulai Usaha Baru

Kita berada disini untuk memenuhi undangan dari___________ yaitu kerinduan mereka untuk mendoakan usaha baru yang akan mereka jalankan.

Bagi kita acara ini adalah sebagai mendedikasikan usaha baru ini kepada Tuhan.

Namun sebelum kita mendedikasikan kepada Tuhan, kita perlu memahami dengan benar apakah pandangan Alkitab mengenai usaha atau pekerjaan.

Karena itu kita harus membaca kita kejadian. Sebagai kitab yang memberi kita informasi mengenai asal usul usaha atau pekerjaan.

Sebelum segala sesuatu ada yang ada adalah Tuhan. Tuhan menciptakan bumi ini dan segala isinya. Tiga hari pertama Tuhan menciptakan terang, cakrawala, darat dan laut, tumbuh-tumbuhan.

3 hari yang kedua Tuhan mengisi. Terang dengan benda-benda penerang, cakrawala dengan ikan dan burung. Binatang darat dan manusia.

Manusia diciptakan terakhir setelah semua sdh tersedia. Diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Allah memberi kemampuan untuk berkembang biak, potensi untuk mengembangkan diri.

Allah mempercayakan bumi ini untuk dikelola, ditaklukkan, dikuasai ayat 28.

Kejadian 2:15, “TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.”

Jadi, rencana Tuhan bagi kita adalah untuk bekerja. Dia memberikan taman kepada kita masing2 untuk diusahakan, dikelola.

Setelah berdosa bekerja itu menjadi berat dan melelahkan.

“..dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu:.. dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah..” Kej 3:17-19.

Intinya bekerja, membuat usaha adalah rencana Tuhan bagi manusia. Karena itu kita adalah mitra Tuhan.

Bekerja adalah untuk menggenapi tujuan Tuhan dalam hidup kita. Kita dirancang bukan untuk diam, santai dan tidak bekerja.

Kita dirancang utk bekerja. Tetapi tujuan hidup kita bukan untuk bekerja. Tujuan kita adalah untuk memuliakan Tuhan dalam pekerjaan kita.

Ada bebarapa Tujuan mengapa kita bekerja atau berusaha.

Untuk mengembangkan tabiat serupa dengan Kristus. Allah bekerja kitapun harus bekerja. Berdiam dan malas adalah tabiat setan. Tidak bekerja membuka ruang untuk kejahatan.

Untuk memenuhi keperluan kita dan keperluan orang lain.

Kita bekerja/usaha untuk melayani Kristus.

“Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.” (Kolose 3:23-24).

Karena itu muliakan Tuhan dengan usaha baru ini.

Makan ingat 2 pesan ini:

  1. Ulangan 8:18

Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan,

  1. Ingat..Enam hari lamanya engkau akan bekerja..Kel 20:8-11.

Intinya Ingat Tuhan dalam segala usaha kita.

Kemudian, Jangan kuatir ..benar membuka usaha itu benyak resikonya. Tetapi kita diciptakan dengan kemampuan menghadapi resiko.

Harus berani menghadapi resiko, tetapi jgn fokus kepada resiko, fokus kepada Tuhan.

Yesus memiliki resep kusus utk itu yaitu Matius 6:33, Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, maka semua akan ditambahkan kepadamu..”

Karena itu dalam memulai usaha ini besok atau minggu depan, ingat saja dua hal ini:

  1. Biarkan Tuhan melakukan bagian-Nya.
  2. Lakukan bagian-Mu.

Bagian Tuhan adalah memberkati semua apa yang kita kerjakan. Dia telah menyediakan berkat. Bagian kita adalah mengambil berkat itu dengan kita bekerja/usaha.

Jangan menuntut berkat Tuhan, kalau kita belum mengerjakan bagian kita. Dan Ketika kita sudah berusaha semaksimal kemampuan kita dan kita tidak sanggup lagi, maka itu adalah bagian Tuhan.

Ingat: Usaha ini adalah taman eden kalian, yang dipercayakan Tuhan untuk dikelola. Ingat: kalian hanyalah penatalayan dari milik Tuhan. Ownernya adalah Tuhan. Kalian hanyalah pengelola.

Karena itu jaga dan Kelola taman ini dengan baik. Kembangkan. Bukan tidak mungkin suatu saat usaha ini dapat bercabang-cabang dibeberapa tempat.

Dan selalu ingat? God is owner I,m just stewardship. Berikan kemuliaan bagi Tuhan.

TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera. Bilangan 6:24-26.

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.