Perjuangan Memiliki Anak, Berbuah Manis

Bersama dengan putriku

Pendahuluan

Memiliki anak adalah impian setiap pasangan suami istri yang telah menikah tidak terkecuali saya dan suami saya. Ketika menikah pada bulan oktober 2014 yang lalu, program pertama adalah untuk segera memiliki momongan. Rasanya tidak sabar untuk segera melihat dan menggendong bayi darah daging sendiri.

Tiga bulan setelah menikah sekitar bulan maret 2015, saya merasakan sukacita yang luar biasa karena hasil tes pack mengatakan saya positif hamil. Dan ini adalah kehamilan pertama saya. Karena mengatahui saya hamil, maka saya hari itu juga segera pergi ke dokter kandungan untuk memastikan kehamilan saya supaya lebih akurat.

Kemudian dokter melakukan USG tetapi  tidak menemukan adanya janin didalam rahim, dokter mengatakan kemungkinan karena usia kandungan baru 1 bulan makan bisa jadi tidak terdekteksi oleh alat USG meskipun sudah positif hamil, lalu dokter menganjurkan untuk datang lagi 1 minggu kemudian, dia juga memberikan vitamin dan obat penguat kandungan.

Mengalami Keguguran pertama

Keesokan harinya saya menemukan ada bercak darah di celana saya warna kecoklatan. Saya merasa bahwa itu hal yang biasa, tetapi semakin lama bercak itu semakin banyak dan berubah warna merah.

Kemudian segera pergi ke dokter dan diperiksa, lalu dokter mengatakan, “ ibu baru saja mengalami keguguran.” Mendengar itu saya terkejut dan menangis, lalu pulang kerumah dengan perasaan kecewa.

Keguguran yang pertama ini tidak menyurutkan impian saya untuk memiliki momongan. Setelah itu saya mencoba mengevaluasi diri dan bertanya apa penyebab keguguran tersebut.

Orang-orang yang mengetahui saya keguguran mengatakan bahwa kandungan saya lemah, sebagian katakan karena peranakan saya panas..heheh..sedikit tertawa mendengar penjelasan dari banyak orang penyebab keguguran yang saya alami, antara percaya dan tidak percaya kalau saya punya kandungan lemah seperti kata banyak orang.

Tetapi ada juga penjelasan yang lain dan ini kelihatan masuk akal yaitu karena sering naik sepeda motor dan guncangan itu membuat keguguran, disamping itu durian dan nangka yang beberapa minggu lalu saya makan dalam jumlah cukup banyak dipercaya sebagai penyebab keguguran.

Sampai disini saya merasa menemukan jawaban sebagai penyebab keguguran yaitu karena goncangan sepeda motor dan makan durian. Maka aplikasinya adalah nanti kalau saya hamil lagi maka tidak boleh naik sepeda motor dan makan durian-nangka.

Kehamilan Kedua dan Keguguran

Tujuh bulan kemudian yaitu bulan oktober 2015 hasil test pack mengatakan bahwa saya positif hamil lagi dan ini kehamilan yang kedua, perasaanya senang sekali, saking senangnya berita ini segera di kabarkan kepada keluarga, dan hari itu juga frekuensi naik motor segera dikurangi bahkan berhenti sementara.

Aktivitas sehari-hari juga dikurangi, istirahat yang banyak kata orang tua, jangan ini dan itu, dan macam-macam larangan mulai diberlakukan, karena tidak ingin keguguran lagi maka saya pasrah dan menurut.

Tidak lama kemudian pergi ke dokter kandungan yang sangat kondang di salatiga yaitu dr. Robby Hernawan. Kemudian melalui alat USG  kondisi kehamilan  yang baru berusia 1 bulan lebih ini diperiksa dan dilayar monitor kelihatan denyut jantung janin sudah berdetak dan kesimpulan saat itu janin dalam keadaan baik.

Lalu tiba bulan November 2015 jadwal periksa kandungan rutin setiap bulan. Seperti biasa dokter memeriksa melalui USG, dan cara dokter memeriksa kali ini cukup berbeda, biasanya cepat tetapi ini agak lama dia utak atik alat USG tersebut.

Setelah selesai dia menjelaskan bahwa jantung janin tidak berdetak, dokter tidak menjelaskan apakah janin baik ada tidak dia menyuruh untuk datang 1 minggu kemudian untuk di observasi.

Pengalama Keguguran yang Kedua

Setelah pulang kerumah dan belum genap seminggu tiba-tiba saya merasakan tubuh saya panas sekali dan perut saya mengalami kontraksi yang luar biasa seperti mau melahirkan. Saya merasakan sakit yang sangat super sekali dari pukul 6 sore hingga pukul 1 malam, dini hari.

Pada tengah malam yang sepi itu saya merasa seperti mau BAB, lalu saya kekamar mandi dan melihat darah sudah mengucur dengan deras dan dikamar mandi saya jongkok dan ngejan dengan kuat,sekitar 10 menit keluar gumpalan-gumpalan darah dan saya sadar telah kembali mengalami keguguran.

Sepanjang malam saya mengalami pendarahan yang hebat, badan saya lemas sekali, menggigil dan pusing yang amat berat, rasanya hidup saya sudah dekat dengan maut dan malam itu saya berpikir saya akan mati akibat pendarahan yang sangat banyak.

Itu adalah malam yang sangat gawat darurat buat saya, bahkan sempat penglihatan saya kabur dan saya tidak bisa mendengar suara apapun disekitar saya termasuk suara suami saya yang memanggil-manggil saya. Tetapi puji Tuhan masa kritis itu dapat saya lalui dengan pertolongan Tuhan.

Menginap di Rumah Sakit

Setelah tiba pagi hari, suami membawa saya kerumah sakit dan oleh dokter dianjurkan untuk opname karena melihat Wajah saya sangat pucat, tubuh saya sangat lemah akibat pendarahan yang hebat sepanjang malam. 

Selama 2 hari saya berada dirumah sakit dan selama 2 hari itu saya merasakan stress karena telah kehilangan janin yang saya kandung walaupun baru berusia 2,5 bulan, saya merasa dukacita yang sangat dalam.

Lalu saya kembali ingat keguguran yang pertama, dimana menurut teori bahwa keguguran yang pertama itu adalah akibat sering naik motor dan makan durian dan nangka. Padahal selama hamil saya sudah tidak naik motor dan tidak makan durian..ah saya jadi bingung.

Lalu saya kembali ingat teori yang lain yaitu teori kandungan lemah atau peranakan panas..aaahh, jangan-jangan teori ini yang benar, bahwa kandungan saya lemah sehingga setiap hamil akan selalu mengalami keguguran..!!?

Mengetahui Penyebab Keguguran

Tetapi saya tidak mau spekulasi. Untuk mengetahui apa sebenarnya yang terjadi, maka saya bertanya kepada dokter yang memeriksa saya. Dokter member penjelasan bahwa yang namanya kandungan lemah atau peranakan panas itu tidak ada.

Dokter menjelaskan, jika seorang perempuan mengalami keguguran berulang, patut dicurigai ada TORCH, kista dan lain-lain. TORCH ini singkatan dari kumpulan bakteri dan virus penyebab keguguran. Toksoplasma, Rubella, Citomegalo Virus, Herpes.

Lebih lanjut dokter menjelaskan bahwa TORCH disebabkan oleh kotoran kucing atau hewan lainya seperti tikus dll. Bakteri dan virus ini ada dalam kotoran kucing dan masuk kedalam tubuh manusia melalui perantara seperti lalat.

Penyakit TORCh juga ada di dalam daging mentah yang tidak di masak dengan matang seperti sate, atau di dalam lalap-lalapan yang tidak dicuci dengan bersih.

Penyebab Torch

Setelah dokter menjelaskan, saya langsung teringat kalau saya suka sekali makan sate, disamping itu disekitar tempat tinggal saya ada banyak sekali kucing tetangga dan sering buang kotoran.

Saya segera menduga bahwa itu yang menjadi penyebabnya. Tetapi untuk memastikannya dokter menyarankan untuk memeriksakan darah ke laboratorium.

Seminggu kemudian saya memeriksakan darah ke laboratorium. Adapun  yang diperiksa ada 4 item yaitu Tokso, rubella, Cmv, herpes. Hasilnya: Tokso (-), Rubella (-), Herpes (-), CMV (+).

Jadi saya menderita CMV dengan jumlah 589. Virus cmv ini lah yang mengganggu kehamilan saya selama ini. Perempuan yang menderita Virus ini akan menyebabkan kehamilan bermasalah, seperti keguguran, hidrosepalus, dll.

Sekarang saya sudah tahu penyebab saya mengalami keguguran sampai dua kali. Sekarang bagaimana pengobatannya? Dokter menjelaskan bahwa yang namanya virus belum ada pengobatan yang efektif untuk mengatasinya.

Menunda Program Hamil

Maka dokter tidak memberikan obat, dia hanya katakan jadikan virus itu sebagai sahabat. “Lalu apakah saya masih bisa hamil lagi tanpa mengalami keguguran?” Demikian saya bertanya.

Dokter menjawab saya bisa hamil lagi tanpa keguguran dan menganjurkan untuk segera saja hamil 3  bulan yang akan datang, tetapi begitu positif hamil segera datang untuk di tangani.

Sekalipun sudah mendapat penjelasan yang demikian, saya tidak begitu yakin bahwa tidak akan keguguran kembali. Saya trauma dengan peristiwa keguguran yang saya alami dan saya berharap itu tidak akan terulang kembali.

Suami saya katakan, “kalau belum ada pengobatan yang efektif untuk virus ini maka sebaiknya kita tunda rencana punya anak sampai waktu yang tidak ditentukan..”

Berusaha Mencari Informasi Tentang Torch

Kami ingin mengetaui lebih dalam tentang penyakit TORCH ini, kami mencari informasi melalui internet. Disana kami banyak temukan pengalaman orang-orang yang keguguran berulang kali karena TORCH. Ada yang 3-5 kali keguguran, ada juga yang anaknya lahir dengan kepala membesar. Aahh..membaca kesaksian ini saya malah menjadi sangat takut.

Lalu kemudian saya menemukan ada kesaksian orang yang sembuh dari penyakit TORCH. Setelah mengalami keguguran berkali-kali dia sembuh dan punya anak sampai tiga semuanya lahir dengan sehat. Orang itu berterimakasih kepada Ir. Juanda yang membantu dia menjalani terapi yang disebut dengan Aquatret.

Harapan Muncul Kembali

Iseng-iseng saya coba cari informasi tentang Ir. Juanda yang konon kabarnya dapat menyembuhkan TORCH. Suami saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan pengobatan alternative apalagi itu dari internet. Tetapi mencoba mencari tahu tidak ada salahnya.

Setelah bertanya ke Mbah Google info tentang Ir. Juanda, maka muncul keterangan tentang beliau dan tempat dimana beliau praktek. Disitu juga ada banyak kesaksian dari orang-orang yang sudah sembuh dari TOCRH dan mereka memiliki anak-anak yang sehat.

Secercah harapan mulai muncul walaupun masih ada keraguan. Tetapi karena dorongan ingin memiliki anak begitu besar, maka tidak ada salahnya mencoba. Singkatnya kami datang ketempat dimana dia mengadakan praktek dan seminar, dan kami diseminari selama 3 jam. Seminar yang diberikan adalah seputar penyakit TORCH, gagal hamil, dan sulit hamil, penjelasannya begitu mendetail.

Mencoba Ramuan Alternatif

Setelah selesai seminar selanjutnya kami ditawarkan ramuan Ir. Juanda yang beliau ramu sendiri dari tumbuh-tumbuhan. Ramuan yang dia buat berdasarkan pengamalan beliau pribadi dimana istrinya juga mengalami TORCH dan keguguran hingga 4 kali.

Ramuan ini alami, tidak ada efek samping sebab dibuat dari alam. Yang membuat ramuan ini kurang bersahabat adalah harganya yang tergolong mahal. Satu  botol aqua besar harganya 1 juta rupiah. Awalnya sempat ragu, tetapi karena sudah banyak yang bersaksi mereka sembuh, maka kita juga ingin mencobanya.

Tiga bulan pertama yaitu januari – maret 2016 kita mencoba ramuan ini. Setelah tiga bulan kita coba, saya periksa darah kembali ke laboratorium dan hasilnya sangat mengejutkan.

Dari 589 setelah 3 bulan menjadi 5,0. Dengan posisi virus yang mendekati negative, maka aman untuk hamil. Maka kamipun memulai program hamil seraya terus meminum ramuan.

Kehamilan Yang Ketiga Diluar Kandungan (Ektopik)

Lalu pada bulan juli 2016 berdasarkan hasil test pack, saya positif hamil. Senang, bahagia, tapi juga bercampur rasa kwatir. Maka sore itu juga tanggal 6 juli 2016, kami segera pergi ke dokter kandungan langganan.

Dokter memeriksa melalui USG, cukup lama diperiksa dan dokter tidak menemukan ada janin di dalam rahim. Kemudian dokter melakukan test kehamilan ulang dan hasilnya positif.

Karena tidak ditemukan ada janin tapi hasil positif, kemudian dokter melakukan USG transvaginal, dan hasilnya sangat mengejutkan membuat shock.

Hasil USG transvaginal, saya hamil diluar kandungan atau istilah kedokteran hamil ektopik.  Kehamilan seperti ini berbahaya karena posisi embrio tidak dalam rahim tetapi berada di saluran indung telur.

Menjalani Operasi

Untuk mengatasi hal ini ada 2 solusi yang ditawarkan dokter.  Pertama menggunakan obat untuk menggugurkan janin, kedua lewat operasi. Tetapi karena obat tidak tersedia dan tingkat keberhasilan juga kurang akurat.

Maka dokter menyarankan operasi untuk mengangkat janin atau embrio yang ada di dalam saluran indung telur tersebut sebelum pecah. Maka hari itu juga saya menjalani operasi.

Mengetahui saya hamil diluar kandungan, saya hanya bisa menangis dan saya marah kepada TUhan. Kenapa begitu sulit jalan yang saya harus jalani untuk bisa memiliki anak..!!

Tekanan psikologis kali ini terasa lebih berat dari keguguran yang sebelumnya. Saya merasa tidak lagi punya harapan untuk bisa memiliki anak, saya merasa ini adalah akhir dari semua usaha kami untuk bisa memiliki anak..semuanya sudah berakhir.

Mujizat Kehamilan Yang Keempat

Satu bulan setelah saya pulih dari operasi..yaitu bulan agustus 2016, kami pindah tugas ke semarang. Setelah hampir 2 minggu di semarang, saya ko  tidak datang bulan.,saya justru mengalami mual-mual dan muntah-muntah.

Saya kira masuk angin, lalu dipanggil tukang pijat. Tetapi ke esokan harinya mual dan muntah tidak juga berhenti, karena mengira masih masuk angin lalu dipijat lagi dan dikerok, tetapi mual dan muntah tetap tidak hilang.

Lalu suami saya katakan jangan-jangan kamu hamil..? dalam hati saya bertanya, dari mana saya hamil? Sebab Setelah paska operasi kita tidak punya lagi program hamil karena sudah trauma.

Iseng-iseng suami saya beli test pack dan hasilnya sangat mengejutkan!!!  Saya positif hamil…tetapi bukanya senang kami malah bingung dan tanda Tanya besar??? Bagaimana mana bisa hamil sedang kami tidak punya program hamil lagi…

Kehamilan Keempat Yang Penuh Misteri

Dalam keadaan bingung dan tanda tanya besar? Kami pergi kedokter kandungan. Di ruangan dokter perasaan hati tidak tenang dan tangan gemetar penuh rasa kwatir. Sebab kalaupun benar hamil, jangan-jangan hamil diluar kandungan lagi??

Saya dan suami saya tidak berani menatap layar monitor USG. Tiba-tiba dokter katakan, “ Selamat janinnya sehat usia sekitar 3 bulan..” apaaa..3 bulan dok? Bagaimana bisa..seru suami saya kepada dokter tersebut..lho memang kenapa? kata dokter sedikit bingung..

Lalu kami menceritakan peristiwa yang kami alami bulan juli yang lalu. “Nah..Sekarang kalau saya hamil  sudah 3 bulan bagaimana itu bisa terjadi sedangkan janin sudah diangkat 1 bulan yang lalu…?” Dengan sedikit bingung, dokter mencoba menjelaskan dengan teori kemungkinan.

Kemungkinan ada 2 sel telur yang dibuahi, satu sel telur nyangkut di saluran indung telur, 1 lagi berhasil berjalan menuju rahim…tetapi kenapa waktu di USG tidak kelihatan? Aah..saya terlalu banyak pertanyaan…lalu suami saya menguatkan saya bahwa itu adalah muzijat dari TUhan.

Pengetahuan kita yang terbatas tidak sanggup mengerti apa yang TUhan telah lakukan kepada kita, oleh karena itu percaya saja bahwa TUhan telah mendengar seru dan doa kita dan telah melakukan mujizat yang kita tidak bisa jawab dengan ilmu kedokteran yang memuaskan.

Memahami Rencana Tuhan

Semenjak saat itu saya mendapatkan satu pelajaran berharga, bahwa apapun yang terjadi dalam hidup ini Tuhan turut bekerja. Semua peristiwa yang terjadi adalah alat yang Tuhan gunakan untuk memurnikan tabiat kami.

Tuhan mengijinkan semua kesusahan terjadi supaya bisa menghargai berkat yang Tuhan akan berikan dikemudian hari.

Semua kesusahan, kesulitan yang kita alami adalah senjata TUhan untuk menyediakan jalan buat kita supaya siap menerima Dia dalam segala situasi. Belajar untuk menyerah dan mengangkat  tangan kita kepada TUhan untuk satu perkara yang kita tidak mampu lakukan, maka Tuhan akan turun tangan.

Selama kehamilan saya terus minum ramuan Ir. Juanda…

Kelahiran Putri Pertama

Akhirnya, pada tanggal 26 Februari 2017 pukul 07.52 Wib melalui operasi sesar, Tuhan mengaruniakan seorang putri yang cantik kepada kami lahir dengan sehat, di beri nama deLuna Elmiracle Hasiholani boru Panjaitan.

Dengan kelahiran putri yang cantik ini, tugas belum selesai, tetapi baru dimulai, membesarkan, mendidik dia di dalam kebenaran akan menjadi satu tanggung jawab yang penuh tantangan.

Dan Sekarang (Sejak kesaksian ini ditulis) Deluna seudah berumur 2.8 tahun, bertumbuh dengan sehat. Terimakasih Kepada Tuhan yang mengaruniakan berkat yang luar biasa.

Sumber: Kesaksian Ibu Lusi Mariana

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.