Daniel 9: Penentuan Waktu 2300 Petang Dan Pagi

Baca untuk Pelajaran Ini: Daniel 9; Yer. 25:11, 12; 29:10; 2 Raja 19: 15-19; Mat. 5:16; Yakobus 5:16.

Pendahuluan

Kapan 2300 mulai di hitung atau berawal? Untuk mengerti penentuan waktu ini kita lanjutkan membaca Daniel 9.

Penglihatan Daniel 8 diterima Daniel pada masa raja Belsyazar. Kita tahu bahwa penglihatan tentang 2300 petang dan pagi masih belum dimengerti oleh Daniel waktu itu.

Beberapa waktu kemudian setelah kerajaan beralih ke tangan Medo-Persia ditahun pertama pemeritahan Raja Darius, Daniel memperhatikan kitab jumlah tahun mereka ditawan yaitu 70 tahun.

Daniel 9:3-19 dia berdoa kepada Tuhan dan memohon ampun atas dosa para pemimpin mereka dan umat Israel. Ayat 21-23 Malaikat Gabriel datang dan mengajari dan memberikan pengertian kepada Daniel.

Pasal ini berisi wawasan kehidupan praktis orang percaya – khususnya tentang bagaimana berhubungan dengan Allah – pasal ini juga berisi salah satu nubuat Alkitab yang paling menarik.

Selama bertahun-tahun Daniel memikirkan penglihatan Daniel 8 terutama elemen waktu yang dia tidak bisa pahami.

Daniel memilih opsi terbaik: ia mempelajari Alkitab. Ketika nabi Yeremia berbicara tentang pengasingan Babilonia di Selatan Kerajaan (Yehuda), ia merujuk pada durasi pengasingan tujuh puluh tahun harfiah (Yer 29:10). Periode ini akan segera berakhir.

Daniel bertanya-tanya apakah saat ini akan diperpanjang oleh 2.300 malam dan pagi hari Daniel 8:14. Jadi dia berpuasa dan berdoa untuk klarifikasi dan pengertian dari Tuhan.

Ayat 4-14 Permohonan Doa

Bagian pertama Doa Daniel adalah permintaan pengampunan dosa, dia menyebut dosa-dosa mereka al:

  1. Kemurtadan dari Allah yang benar
  2. Ketidaktaatan kepada perintah-perintah Tuhan
  3. Ketidaktaatan terhadap jurukabar Tuhan
  4. Tidak mengakui dosa dan tidak berbalik kepada Tuhan
  5. Mengabaikan kebenaran

Dosa perlu ditanggapi dengan serius karena biasanya konsekuensinya tidak dapat dihindari. Daniel memasukkan dirinya bersama umatnya dalam doa ini dan tidak menjauhkan diri dari mereka—meskipun Daniel orang yang taat dan setia.

Dia tidak menganggap dirinya lebih baik daripada yang lain, mengetahui bahwa semua orang adalah orang berdosa dan bergantung pada rahmat Tuhan.

Bagaimana Daniel menggambarkan Tuhan dalam doanya?

  1. Tuhan itu agung dan luar biasa.
  2. Dalam kasihnya Dia memelihara perjanjian-Nya dengan umat-Nya, termasuk janji-janji (berkat atau kutukan).
  3. Dia adil dan benar.
  4. Dia berbelas kasihan dan siap mengampuni dosa.

Ayat 15-19 Permohonan Pemulihan Yerusalem

Daniel berbalik kepada Tuhan dengan permohonannya untuk pemulihan Yerusalem dan bait suci. Dia memohon kehormatan dan reputasi Tuhan (“demi dirimu sendiri”).

Mendengar doa Daniel TUhan segera bertindak. Tuhan menjawab doa Daniel melalui mengirim malaikat Gabriel

Penjelasan Malikat Gabriel Daniel 9:24, 25

Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.

Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.

Penentuan waktu untuk bertobat

70 x 7 masa di tetapkan kepada bangsa Israel yang sama dengan 490 tahun. Penentuan waktu ini adalah untuk:

  1. Melenyapkan kejahatan
  2. Mengakhiri dosa
  3. Menghapus kesalahan
  4. Mendatangkan keadilan
  5. Menggenapi penglihatan nabi
  6. Mengurapi yang maha kudus

Kapan 70×7 (70 minggu) ini dimulai?

Ayat 25 adalah titik awal perhitungan yaitu Saat Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali sampai kedatangan seorang yang di urapi.

Ezra sebagai ahli kitab mencatat peistiwa bersejarah itu di Ezra 1:1-4 dan Ezra 6: 7-12.

Peristiwa ini terjadi pada tahun 457 SM, Di mana ini adalah sebagai akhir dari masa penghukuman mereka selama 70 tahun di Babel.

Yeremia 25:11 “Maka seluruh negeri ini akan menjadi reruntuhan dan ketandusan, dan bangsa-bangsa ini akan menjadi hamba kepada raja Babel tujuh puluh tahun lamanya.”

Yeremia 29:10, “Sebab beginilah firman TUHAN: Apabila telah genap tujuh puluh tahun bagi Babel, barulah Aku memperhatikan kamu. Aku akan menepati janji-Ku itu kepadamu dengan mengembalikan kamu ke tempat ini.”

Apa yang terjadi selama jangka waktu 70×7 atau 490 masa?

1. Tahun 457 SM Surat perintah membangun kembali Yerusalem.

Ada 3 dekrit yang dikeluarkan raja Persia untuk mengijinkan bangsa israel sebagai tawanan kembali kempung halaman mereka.

a) Dekrit Raja Koresy – 536 SM. Menyangkut pembangunan kembali kaabah. Pengembalian semua bejana-bejana bait suci. Ezra 1:14.

b) Dekrit Darius – 519 SM. Ulangan atau penegasan dari dekrit pertama. Ezra 6:7-12.

c) Dekrit Artahsasta – 457 SM. Dekrit bukan hanya pemulihan Yerusalem tapi juga pemulihan Negara bagian Yahudi. Ezra 7:11-26

Ketiga dekrit itu adalah satu, tapi baru berlaku musim gugur tahun 457 SM.

2. Tahun 408 SM

Jalan-jalan dan tembok akan dibangun pada akhir 7 minggu pertama atau 49 tahun, pekerjaan pembangunan sudah dimulai.

Kita tahu Nehemia menyelesaikan pembangunan tembol Yerusalem pada tahun 444 BC. Tapi karena kita tidak punya catatan sejarah mengenai Yerusalem dari akhir abad ke 5 BC, jadi kita tidak dapat memeriksa bahwa tahun 408 pembangunan kembali telah selesai.

Namun kita tidak memiliki alasan untuk meragukan bahwa jumlah tahun yang ditetapkan dalam nubuatan untuk tugas itu sudah benar.

3. Sampai kepada mesias diurapi –27 M.

Yesus diurapi dengan Roh kudus, kisah 10:38, Mat 3:16

Berikutnya 62 minggu, atau 434 tahun (408 BC – 27 AD), membawa kita kepada tahun dimana Yesus dibaptiskan dan diurapi.

Pada waktu itu. “ Bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa..” Kisah 10:38. Jadi diurapi sebagai Mesias saat itu bukan sebelumnya.

Setelah dibaptis Yesus mulai berkotbah tentang kerajaan Allah (Markus 1:14, 15), bagian ini sudah dinubuatkan oleh Danie 9:25, “ Yerusalem akan dipulihkan sampai kedatangan seorang yang diurapi..”

4. Mesias disalibkan pada pertengahan minggu – 31 M

Pada pertengahan 70 minggu (27-34 AD), sebagaimana yang dikatakan Gabriel, Mesias disingkirkan atau dibunuh dan upacara korban harian kehilangan maknanya (Dan 9:27) karena yang dilambangkan sudah digenapi.

4. 34 M Stefanus dilempari batu

Lalu tiga setengah tahun kemudian, stefanus dilempari batu tahun 34 AD, maka 490 tahun selesai. Injil diberitakan pada bangsa lain. Kis 7:51-54.

Maka sejak tahun 34 AD Israel sebagai bangsa pilihan ditolak Tuhan, maka injil diberitakan kepada bangsa kafir hingga tahun 1844 AD.

Tahun 1844 adalah akhir dari nubuatan 2300 petang dan pagi, Yesus memulai fase kedua pekerjaan-Nya sebagai imam besar dibait suci Surgawi dan penghakiman pra advent dimulai hingga kedatangan Yesus kedua kali.

Dia akan menghakimi semua orang termasuk tanduk kecil di Daniel 7 dan 8. Dan ketika pelayanan ini berakhir dia akan datang kembali dan membangun kerajaan-Nya.

Skema 2300 petang dan pagi

Tahun 1844 adalah akhir 2300 petang dan pagi, itu akan menentukan dua rencana keselamatan yang benar dan yang palsu.

Penghakiman investigasi pra advent digambarkan di Daniel 7:9-14, secara kronologi lokasinya ada di nubuatan 2300 petang dan pagi.

Investigasi penghakiman pra advent akan menguji catatan hidup orang percaya dan kesimpulannya akan menghapus dosa-dosa mereka atau nama mereka dari catatan surgawi.

Melalui penghakiman pra advent ini rencana keselamatan yang benar akan ditetapkan dan tanduk kecil akan dikutuk.

Konflik spiritual Antara kedua system ini akan diputuskan dan Tuhan akan dibenarkan di hadapan alam semesta (Roma 3:4).

Dengan kata lain penghakiman pra advent akan membenarkan bukan hanya orang benar tetapi juga Tuhan dihadapan seluruh ciptaan, termasuk dihadapan setan dan pengikut-pengikutnya.

Kesimpulan Daniel 9

Daniel 9 secara khusus membahas doa dan wahyu tentang kedatangan Mesias, dengan memberikan ketepatan tanggal. Ini menyangkut kita.

• Berdoa bisa menjadi pengulangan kata-kata yang tidak berarti. Itu juga bisa menjadi percakapan yang luar biasa dengan Tuhan.

Agar hal ini terjadi, keinginan untuk membangun hubungan dengan Tuhan harus denga kerendahan hati, rasa hormat, kejujuran, keterbukaan, dan pengakuan dosa.

Dalam doa kita bisa menyampaikan kepada Tuhan pujian, terima kasih, dan permintaan.

• Namun, terkadang ada masalah dengan doa. Pertama, kita mungkin tidak cukup berdoa. Kita mungkin membawa kepada Tuhan permohonan kita tetapi kita lari.

Kita hanya berdoa pada saat kesusahan saja. Namun, Bapa surgawi kita senang berbicara setiap hari dengan kita. Kedua, terkadang Tuhan tidak bereaksi terhadap doa kita. Sebagian besar orang Kristen telah mengalami masa “gurun” ini. Tetapi pada masa-masa ini Tuhan secara khusus dekat dengan kita.

• Tuhan mendengar doa. Daniel adalah contoh doa manusia yang dijawab Tuhan. Kita juga mengalami intervensi Tuhan dalam doa kita.

• secara Spesifik, Tuhan memiliki rencana keselamatan. Dia bahkan memiliki waktu tertentu kapan Dia akan datang menyelamatkan kita (Gal 4: 4). Daniel 9 adalah pasal yang unik, berfokus pada Yesus dan pelayanan-Nya.

Disana kapan Yesus muncul disebutkan. Sementara Perjanjian Lama berisi banyak nubuat tentang mesianis yang akan datang. Maka nubuatan ini sangat unik,  memberitahukan Mesias harus datang pada 27 M.

Dan Daniel 9 juga memecahkan teka-teki nubuatan waktu dalam Daniel 9. Lagi-lagi ini dikaitkan dengan Yesus. Pada tahun 1844 Yesus sebagai Imam Besar surgawi memulai fase pelayanan-Nya yang akan memulihkan tempat kudus surgawi dan mengakhiri masalah dosa.

Tuhan memberi kita nubuat waktu yang benar-benar digenapi. Kita bisa percaya kepada-Nya dan Firman-Nya. Dan kejahatan akhirnya akan dikalahkan dan kerajaan kedamaian abadi-Nya ditegakkan selamanya.

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *