Daniel 8: Domba Jantan Dan Kambing Jantan

Baca untuk Pelajaran Ini: Daniel 8, Dan. 2:38, Kej 11: 4, Imamat 16, Ibr. 9: 23-28.

Pendahuluan

Kita tiba dipelajaran Daniel 8. Pasal ini akan kita bahas ayat demi ayat untuk membantu suadara dan saudari mengerti pasal ini secara keseluruhan. Sebagian para pelajar kitab Daniel merasa kesulitan ketika tiba di Daniel 8-11.

Kesulitan itu tentu wajar tetapi dengan minta hikmat dan bimbingan Roh Kudus dan kerinduan untuk belajar dengan giat siapa saja akan dapat mengerti.

Sebab kitab Daniel terbuka untuk diselidiki oleh umat Tuhan di akhir zaman ini. Kepada Daniel sudah disampaikan bahwa di akhir zaman banyak orang akan menyelidiki tulisan Daniel, karena itu pengetahuan akan bertambah sehubungan dengan pemahaman pekabaran Tuhan dari buku Daniel. (Daniel 12:4).

Daniel 8 perluasan Daniel 2 dan 7

Jika Daniel 2 dan 7 adalah dua nubuatan yang Tuhan berikan mengenai sekilas sejarah dunia dari zaman Daniel hingga kedatangan Kerajaan Allah dimasa depan (Dan 2, 7).

Maka Daniel 8 maknanya masih memiliki persamaan dengan Daniel 7 yaitu ikhtisar sejarah dunia tetapi dengan tambahan yang lebih rinci.

Kita sudah melihat persamaan Antara 4 logam dan 4 binatang di dalam penglihatan Daniel.

Selanjutnya di Daniel 7 ada materi baru yang ditambahkan yang dalam Daniel 2 tidak ada, seperti kemunculan dan aktivitas tanduk kecil.

Penglihatan Daniel 8 adalah perluasan untuk melengkapi penglihatan sebelumnya dengan informasi tambahan yang diberikan pasal 8 yang tidak ada di penglihatan sebelumnya.

Dengan demikian, ceritanya semakin dilengkapi oleh pasal-pasal berikutnya.

Pemeran utama Daniel 8

Pemeran utama di penglihatan Daniel 8 masih tanduk kecil, dimana di Daniel 7 kekuasaan ini disebut menentang Yang Maha Tinggi, menganiaya orang kudus milik Yang Maha Tinggi, dia mengubah waktu dan hukum. Dari 27 ayat, 7 ayat diantaranya mengenai aktivitas tanduk kecil.

Di Daniel 7:28 bagian aramaik di buku Daniel selesai, kemudian mulai lagi dengan ibrani. Bahkan symbol yang digunakan berbeda dengan dibagian aramaik.

Disini tidak ada symbol binatang buas di gunakan seperti di Daniel 7, tetapi binatang yang biasa dipersembahkan di Bait Suci.

Penglihatan Daniel 8:1-14 adalah puncak dari symbol yang ditampilkan di kitab ini. Sementara Daniel 8:15-27 adalah tambahan dari penglihatan pasal delapan.

Daniel tidak mengerti

Di akhir pasal ini kita diberitahukan bahwa Daniel tidak mengerti (ay 27). Di pasal 9:3, Daniel mencari tahu bagaimana memahami penglihatan itu dan malaikat Tuhan datang dan memberikan pengertian kepada Daniel untuk memahaminya.

“ Lalu ia mengajari aku dan berbicara dengan aku: “Daniel, sekarang aku datang untuk memberi akal budi kepadamu untuk mengerti. “ (lihat ayat 22-25).

Sekarang mari kita pelajarai ayat demi ayat. Keseluruhan pasal ini terbagi 4 bagian

  1. Ayat 1-12 : Apa yang dilihat Daniel
  2. Ayat 13-14 : Apa yang di dengar Daniel
  3. Ayat 15-25 : Penjelasan Daniel 1-12
  4. Ayat 26-27 : 2300 petang/pagi di interupsi dan ditinggalkan tanpa penjelasan.

I. Penglihatan Daniel

Domba jantan dan kambing jantan (Daniel 8:1-8)

Daniel 8:1-4, Penglihatan ini datang pada tahun ketiga pemerintahan Raja Belsyasar, dia sementara berada di Puri Susan wilayah Elam yang kemudian hari menjadi ibukota kerajaan Persia.

Dalam penglihatan itu Daniel berada di tepi sungai Ulai. Dia melihat seekor domba jantan berdiri di depan sungai itu, bertanduk dua, tanduk itu tinggi, yang satu lebih tinggi, dan yang tinggi itu tumbuh terakhir.

Domba jantan itu menanduk kebarat, utara, selatan. Tidak ada yang sanggup menghadapi dia, ia berbuat sekehandak hatinya dan membesarkan diri.

Kambing jantan

Daniel 8:5-8 Muncul lagi seekor kambing jantan yang datang dari sebelah barat, melintasi bumi tanpa menginjak tanah, mempunya satu tanduk yang aneh diatara dua matanya.

Ia mendatangi domba jantan bertanduk dua dan menyerangnya sehingga dua tanduknya patah dan dikalahkan.

Kemudian kambing jantan itu sangat membesarkan dirinya dan pada puncak kejayaannya, tanduknya yang besar itu patah dan tumbuh empat tanduk yang aneh sejajar dengan keempat mata angin yang dari langit.

II. Penjelasan domba jantan dan kambing jantan (Daniel 8:20-22)

Domba jantan bertanduk dua adalah kerajaan Media-persia (Daniel 8:20).

Sementara menanduk kebarat, utara, selatan maksudnya Kekaisaran ini membentang ke arah barat, utara, dan selatan, menaklukkan kekuatan lain. Mencapai Laut Aegea mencoba memasuki Eropa.

Kambing jantan adalah Yunani (Daniel 8:21). Satu tanduk yang menonjol yaitu Alexander Agung.

Datang tanpa menginjak tanah, artinya Raja yang masih muda, dengan siasat perang yang hebat, kecepatan menaklukan musuh yang luar biasa(“tanpa menyentuh tanah”).

Tanduk patah

Ia datang dari barat dan mengalahkan Media dan Persia (bandingkan dengan macan tutul dengan empat sayap dalam Daniel 7).

Tanduknya yang besar itu patah adalah ketika, pada tahun 323 SM, pada usia 33 tahun ketika di puncak kekuasaan dan kesuksesannya, Alexander Agung meninggal.

Kemudian tumbuh empat tanduk ( Daniel 8:22) artinya kerajaan Yunani terbagi menjadi empat kerajaan yang dibagi diantara para jenderalnya (lihat empat kepala macan tutul).

Keempat raja itu adalah Ptolemy, Cassander, Lysimachus, dan Seleucus.

III. Munculnya satu tanduk kecil (Daniel 8:9-10).

Daniel 8:9 “Maka dari salah satu tanduk itu muncul suatu tanduk kecil, yang menjadi sangat besar ke arah selatan, ke arah timur dan ke arah Tanah Permai.”

Kemunculan tanduk kecil dalam Terjemahan Indonesia baru (TIB) disebut dari salah satu tanduk itu, yang mana kalau kita baca berarti dari salah satu tanduk yang disebutkan di ayat sebelumnya.

Tetapi secara kontekstual tata Bahasa Ibrani dan struktur bahasanya sebenarnya tidak seperti itu.

Empat mata angin

Dibagian akhir ayat sebelumnya ada kalimat, “lalu pada tempatnya tumbuh empat tanduk yang aneh, sejajar dengan keempat mata angin yang dari langit.” (ayat 8b)

Terjemahan KJV mengatakan, “And out of one of them came forth a little horn..” (Dan dari salah satu dari mereka muncul tanduk kecil)

Di KJV kalimat langsung “( Out of one them) salah satu dari merekamaksudnya adalah empat angin yang dari langit , bukan empat tanduk.

Wilayah yang ditaklukan tanduk kecil itu disebut (ke arah selatan, ke arah timur dan ke arah Tanah Permai.) menunjukkan kemunculannya dengan menguasai wilayah yang luas.

Maka terjemahan KJV lebih cocok dari struktur kalimat untuk menerangkan kemunculan tanduk kecil itu berasal dari keempat mata angin yang dari langit.

Tanduk kecil muncul dari empat mata angin

Lagi pula kata kerja Yatza (ibrani) yang digunakan untuk kata“muncul  (coming out)” tanduk kecil (ayat 9), berbeda dengan kata kerja ‘alah yang digunakan untuk, muncul atau tumbuh (came up) tanduk lain (ayat 3 dan 8).

Seorang komentator bernama Arthur E, Bloomfield dalam bukunya “The end of the days hal. 165, ” mengakui bahwa kemunculan tanduk kecil itu adalah dari keempat angin dari langit:

“ Tanduk kecil itu muncul dari keempat angin dari langit (ayat 8). Yang mana ditunjukkan dia akan membesar kearah selatan, timur dan kearah Palestine.”

Tanduk kecil itu menjadi kekaisaran dunia baru. Jadi Daniel 8 melambangkan Roma kekafiran dan Roma papacy.

Ayat 9 mengarah kepada Roma Pagan dan ayat 10-14 Roma Papacy.

Karena itu ia harus berasal dari utara atau barat. kekuatan yang mengikuti kerajaan-kerajaan Yunani di timur dan selatan adalah roma, dan itu muncul dari barat.

Roma tidak disebutkan

Tanah permai di ayat 9 kemungkinan besar adalah Palestina yang bergabung dengan Romawi tahun 63 BC. Juga Mesir di selatan tahun 30 BC dan Syria di timur, menjadi kekaisaran dunia baru.

Menjadi pertanyaan, dimanakah Roma tempat dari mana tanduk kecil itu berasal? Kenapa tidak disebutkan dalam penglihatan Daniel 8.

Kemungkinan Roma tidak masuk dalam penglihatan Daniel dan dia tidak melihat itu.

Alasan lain

Alasan lain bisa jadi karena symbol binatang yang disebutkan untuk menggambarkan Media-Persia dan Yunani adalah binatang yang biasa digunakan untuk upacara.

Kemunculan tanduk kecil itu berbeda di Daniel 7. Disini  tanduk kecil (Papal Roma) muncul dari binatang yang keempat (Roma Pagan).

Sementara di Daniel 8 dia muncul dari keduanya yaitu Roma pagan dan Roma papacy.

Kesimpulan ini dapat kita lihat dari fakta di Daniel 8 dimana tanduk kecil itu secara horizontal dia menaklukan Selatan (Mesir), ke Timur (Syria), ke tanah permai (Israel/palestina) mewakili aktivitas Roma pagan ( Daniel 8:9).

IV. Aktivitas tanduk kecil (Daniel 8:10-12)

Malaikat menjelaskan aktivitas tanduk kecil di Daniel 8:24-25: “Kekuatannya akan menjadi hebat, tetapi tidak sekuat yang terdahulu, dan

  1. Ia akan mendatangkan kebinasaan yang mengerikan, dan apa yang dilakukannya akan berhasil; orang-orang berkuasa akan dibinasakannya, juga umat orang kudus.
  2. Dan oleh karena akalnya, penipuan yang dilakukannya akan berhasil;
  3. Ia akan membesarkan dirinya dalam hatinya, dan dengan tak disangka-sangka banyak orang akan dibinasakannya; juga
  4. Ia akan bangkit melawan Raja segala raja.”

Penjelasan Aktivitas tanduk kecil

Kemudian ia membesarkan diri sampai kepada bala tentara langit (secara vertical melawan umat-umat Tuhan dan terhadap panglima bala tentara surga, merobohkan tempat kudus-Nya) ini adalah pekerjaan Roma papacy (ayat 10-12).

Menurut penafsiran yang diberikan di Daniel 8:24, bala tentara langit adalah umat Allah yang ada di bumi tetapi mereka adalah warga surgawi (Filipi 3:20).

Bintang mungkin menunjuk pada pemimpin dan guru mereka (Dan 12: 3). Keluaran 12:41 umat Tuhan disebut pasukan Tuhan.

Tanduk kecil menganiaya

Di ayat 10 tanduk kecil ini digambarkan sedang menganiaya umat ​​Allah (lihat penganiayaan orang Kristen melalui Kekaisaran Romawi dan kemudian Inkuisisi Gereja Roma).

Kekaisaran Romawi menganiaya orang Yahudi begitu juga dengan orang Kristen.

Ketika Roma menghancurkan Yerusalem serta Bait Sucinya, tahun 70. AD, lebih dari 1 juta orang Yahudi binasa. (Josephus, war of the jews 6, 93)

Selama abad pertama dan dua era kekristenan dibawah kaisar Nero, Decius, Diaocletian, telah membunuh ribuan orang Kristen yang menolak memuja kaisar.

Di ayat 11 juga tanduk kecil digambarkan memberontak melawan Panglima bala tentara, yang adalah Yesus kristus.

Kekaisaran Roma menyalibkan Yesus. Di Gereja Roma keunggulan dan supremasi Yesus adalah terbatas (karena penyembahan Maria dan syafaat santo).

V. Mengambil korban persembahan sehari hari dan merobohkan tempat kudus (Daniel 8:11)

Selain melawan Yesus, tanduk kecil juga mengambil persembahan korban sehari-hari dari Kristus dan merobohkan tempat kudus-Nya.

Kemudian mengadakan kebaktian fasik menggantikan korban sehari-hari, menghempaskan kebenaran kebumi, dan semua perbuatan jahatnya berhasil.

Mengambil korban sehari-hari

Apakah yang dimaksud dengan mengambil korban persembahan sehari-hari dan tempat Kudus-Nya dirobohkan?

Oleh menempatkan syafaat manusia ke tangan imam, penggunaan pengakuan dosa, dan dengan mengorbankan Kristus lagi di setiap misa, kekuasaan ini telah melampaui pelayanan surgawi kristus di benak para penyembah.

Orang percaya tidak lagi datang kepada Kristus secara langsung; sebaliknya mereka pergi ke pendeta, ke orang suci, atau ke Maria.

Dengan menggantikan pelayanan imam di bumi untuk peran kristus di tempat kudus surgawi, tanduk kecil ini secara simbolis “merobohkan tempat kudus-Nya” dengan demikian mencemarkannya.

Mengambil korban sehari-hari

Dalam sistem kaabah Perjanjian Lama ada pelayanan harian dan pelayanan tahunan.

Kedua pelayanan ini adalah jenis dan bayangan dari pelayanan Yesus setiap hari dan “tahunan” sebagai Imam Besar kita di tempat kudus surgawi.

Pelayanan harian Yesus sedang dirusak melalui mediator tambahan yang tidak diketahui oleh Alkitab.

Itu dirongrong melalui doktrin yang tidak alkitabiah, seperti pengakuan dosa kepada seorang imam dan pengampunan yang diberikan oleh dia, misa sebagai pengorbanan yang tidak berdarah, dll.

Jadi arti dari Mengambil persembahan sehari-hari. (Ayat 11) ialah:

1. Usaha manusia untuk memutar balikkan, memalsukan konsep keselamatan dan keimamatan atau pengantaraan Yesus di sorga.

2. Usaha yang menyeluruh dan teratur baik untuk menetralisasi atau meniadakan semua kemudahan keselamatan Tuhan dan untuk menggagalkan kuasa Kristus sebagai satu-satunya pengantara bagi manusia.

Tujuannya Untuk mengurangi, atau meniadakan konsep keselamatan yang Yesus lakukan melalui cara pengorbanan.  Tujuan akhirnya adalah supaya manusia tidak selamat

VI. Kebenaran dihempaskan kebumi (Daniel 8:12)

Ajaran palsu diperkenalkan. Alkitab ditambahkan dan kadang-kadang, atau seringkali, dikalahkan oleh otoritas tradisi.

Yesus mengatakan “ Akulah kebenaran(Yoh 14:6). Firman-Mu adalah kebenaran (Yoh 17:17).

Tetapi kekuatan ini selama abad ke dua puluh beberapa paus melarang menggunakan alkitab dalam Bahasa daerah karena orang Waldensia dan kemudian protestan menggunakan itu untuk menentang ajaran gereja.

Konsili trent pada tahun 1546 membuat dekrit bahwa tidak ada yang boleh menafsirkan Alkitab bertentangan dengan pendapat gereja, karena gereja adalah hakim yang mengartikan kebenaran Alkitab.

VII. Kapan ini akan berakhir?

Dan 8:13 “Kemudian kudengar seorang kudus berbicara, dan seorang kudus lain berkata kepada yang berbicara itu:

“Sampai berapa lama berlaku penglihatan ini, yakni korban sehari-hari dan kefasikan yang membinasakan, tempat kudus yang diserahkan dan bala tentara yang diinjak-injak?”

Maka ia menjawab: “Sampai lewat dua ribu tiga ratus petang dan pagi, lalu tempat kudus itu akan dipulihkan dalam keadaan yang wajar.”

Semua ini akan berakhir sampai lewat 2.300 petang dan pagi. Kapan dan berapa lama waktu 2300 petang dan pagi tersebut?

Penjelasan tentang waktu 2300 petang dan pagi akan diterangkan pada bagian tersendiri.

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.