Daniel 2: Cara Mengungkap Misteri Masa Depan

Di perairan sekitar Greenland terdapat gunung es dengan berbagai ukuran. Kadang-kadang balok es kecil mengapung bergerak ke satu arah sementara balok es yang besar mengalir kearah yang lain.

Apa yang terjadi adalah bahwa angin permukaan mendorong balok-balok es kecil, sedangkan balok es yang sangat besar terbawa oleh arus laut dalam.

Ketika kita melihat naik turunnya negara-negara sepanjang sejarah, itu mirip dengan perhitungan angin permukaan dan arus laut.

Angin mewakili segala sesuatu yang dapat berubah dan tidak dapat diprediksi seperti kehendak manusia. Tetapi beroperasi secara bersamaan dengan hembusan angin dan angin kencang adalah kekuatan lain, bahkan lebih kuat dan sangat mirip dengan arus laut.

Meskipun kebangkitan dan kejatuhan bangsa-bangsa, ideologi, dan partai-partai politik tampaknya terjadi atas kehendak hati manusia semata, Daniel 2 menunjukkan bahwa itu adalah Raja Surga yang benar-benar menggerakkan sejarah manusia ke puncaknya.

I. MISTERI MIMPI MEMBAWA PETAKA

Baca Daniel 2: 1-16. Krisis apa yang dihadapi orang Ibrani karena mimpi yang Tuhan berikan kepada raja?

Mengapa Nebukadnesar menganggap mimpinya penting?

1. Didunia kuno mimpi dianggap penting, itu seperti firasat  

2. Seringkali itu mengindikasikan bencana yang akan datang.

Nebukadnesar melupakan mimpinya, para ahli Babilonia mengakui tidak seorangpun yang dapat mengungkap mimpi itu, “tidak ada seorang pun yang dapat memberitahukannya kepada tuanku raja, selain dari dewa-dewa yang tidak berdiam di antara manusia.”.(Dan. 2:11).

Apakah dampak mimpi bagi orang bijaksana di Babilon?

Hukuman mati menanti semua orang bijaksana di Babilon yang tidak dapat mengungkap mimpi raja, termasuk Daniel, dan teman-temannya.

Di dunia kuno, Kekejaman seperti itu biasa dilakukan penguasa.

Beberapa contoh misalnya, karena persekongkolan, Darius I mengeksekusi semua ahli nujumnya, dan Raja Ahasweros membunuh para insinyur yang telah membangun jembatan yang runtuh.

Ketika Nebukadnezar mengeluarkan perintah hukuman mati,  Daniel dan teman-temannya baru saja menyelesaikan pelatihan mereka dan masuk dalam lingkaran para ahli raja.

Karena itu hukuman mati ini berlaku untuk mereka. Bahkan, bahasa aslinya menunjukkan bahwa pembunuhan dimulai segera, dan Daniel dan teman-temannya akan dieksekusi berikutnya.

Apakah yang dilakukan Daniel untuk menghentikan hukuman mati raja?

1. Daniel mendekati Ariok (Dan 2:14) untuk mencari tahu mengapa semua orang bijaksana dihukum mati?

2. Daniel menghadap raja untuk mengungkap misteri mimpi raja, dan

3. Meminta waktu kepada raja untuk mengungkap misteri mimpi tersebut, dan raja mengabulkan. (Dan 2:16) walaupun Raja sendiri menuduh para ahli mengulur waktu.

Di hadapan raja, Daniel sependapat dengan para Ahli bahwa tidak ada manusia yang bisa memecahkan misteri mimpi raja.

Nasib semua dirinya dan semua ahli Babilonia di tangan Daniel.

Bagaimana Daniel dan rekan-rekannya menghapai petaka mimpi raja?

II. DANIEL BERDOA DENGAN TEMAN-TEMANNYA

Daniel mengajak ketiga temannya untuk berdoa, dia menjelaskan bahwa mereka akan dieksekusi jika Tuhan tidak mengungkapkan mimpi itu.

Baca Daniel 2: 17-23. Ada dua jenis doa yang didoakan di sini..

1.  Doa permohonan

Daniel meminta Tuhan untuk mengungkapkan isi mimpi dan penafsirannya (Dan. 2: 17-19). Kata-kata dari doa ini tidak diberikan, tetapi kita diberitahu bahwa Daniel dan teman-temannya “mencari belas kasihan dari Allah surga sehubungan dengan rahasia ini, sehingga Daniel dan teman-temannya tidak binasa bersama dengan orang-orang bijak Babel yang lain” ( Dan 2:18, NKJV).

Hasilnya:

Tuhan menjawab permohonan mereka dan mengungkapkan isi dan interpretasi dari mimpi raja.

2. Doa ucapan syukur dan pujian

Daniel dan teman-temannya berdoa untuk ucapan syukur dan pujian. Mereka memuji Tuhan karena menjadi sumber kebijaksanaan dan karena mengendalikan alam dan sejarah politik.

Pelajaran dari doa Daniel:

Ketika kita berdoa dan memohon kepada Tuhan untuk banyak hal, kita perlu memuji dan berterima kasih kepada-Nya karena menjawab doa-doa kita.

Pengalaman Yesus dengan kesepuluh penderita kusta memberikan ilustrasi yang tepat tentang rasa terima kasih manusia. Dari sepuluh yang disembuhkan, hanya satu yang kembali “untuk memuliakan Allah” (Lukas 17:18).

Aplikasi:

Seperti pengalaman Daniel, Setiap kali kita menghadapi masalah besar, kita juga harus menyadari bahwa Tuhan kita cukup hebat untuk menyelesaikan bahkan tantangan yang paling tidak terpecahkan.

Baca Mazmur 138. Apa yang dapat Anda ambil dari doa ucapan syukur ini yang dapat membantu Anda belajar untuk bersyukur kepada Allah, terlepas dari keadaan bagaimana Anda?

Kita dapat yakin bahwa kapan pun kita mencari “belas kasihan dari Allah surga” doa kita akan didengar juga, bahkan jika tidak dengan cara dramatis seperti yang kita lihat di sini, karena Allah Daniel adalah Allah kita juga.

Selanjutkan kita akan lihat bagaimana Tuhan mengungkap misteri mimpi raja dan mengakhiri petaka raja.

III. MISTERI TERUNGKAP BAGIAN 1

Daniel 2: 24-30. Apa yang Daniel katakan di sini yang begitu penting bagi kita untuk selalu diingat? (Lihat juga Yohanes 15: 5). Tuhan sumber hikmat dan kebijaksanaan.

Sebagai jawaban terhadap doa Daniel, Tuhan mengungkapkan isi mimpi dan interpretasinya. Dan Daniel pergi memberi tahu raja bahwa jawaban atas misteri mimpi raja berasal dari “Tuhan di surga”.

Juga, sebelum melaporkan isi mimpi dan penafsirannya, Daniel menyebutkan pemikiran dan keprihatinan raja yang tidak terungkap ketika sang raja berbaring tanpa tidur di tempat tidur.

Informasi mendalam ini lebih jauh menekankan kredibilitas pesan tersebut, karena informasi semacam itu yang hanya diketahui oleh raja pastilah datang kepada Daniel melalui kekuatan gaib.

Tetapi ketika Daniel melaporkan isi mimpi itu, ia berisiko memicu krisis lain, karena mimpi itu belum tentu kabar baik bagi Nebukadnezar.

Baca Daniel 2: 31-49. Apakah mimpi raja Nebukadnezar?

1. Mimpi itu terdiri dari patung yang megah dengan kepala “dari emas murni,

2. Dada dan lengan perak,

3. Perut dan pahanya dari perunggu,

4.  Kakinya dari besi, kakinya sebagian dari besi dan sebagian dari tanah liat” (Dan. 2:32 , 33, NKJV).

5. Sebuah batu “menghantam patung itu di atas kakinya” (Dan. 2:34, NKJV), dan seluruh patung dihancurkan dan berserakan seperti sekam di atas angin.

Apakah arti mimpi itu?

1. Daniel menjelaskan bahwa logam yang berbeda mewakili kerajaan yang berurutan yang akan menggantikan satu sama lain sepanjang perjalanan sejarah.

2. Babilonia, dengan segala kekuatan dan kemuliaannya, akan berlalu dan digantikan oleh kerajaan lain, yang akan diikuti oleh yang lain sampai sebuah kerajaan dengan sifat yang sangat berbeda akan menggantikan mereka semua:

Kerajaan kekal Allah, yang akan bertahan selamanya.

IV. MISTERI TERUNGKAP BAGIAN 2

Baca lagi mimpi dan penafsirannya (Dan. 2: 31-49). Apa yang diajarkan hal ini kepada kita tentang pengetahuan Allah akan sejarah dunia?

Nubuat yang disampaikan oleh mimpi Nebukadnezar menyediakan garis besar nubutan  umum dan berfungsi sebagai tolok ukur untuk mendekati nubuat Daniel 7, 8, dan 11. yang lebih rinci.

Juga, Daniel 2 bukanlah nubuat bersyarat. Ini adalah nubuatan apokaliptik: sebuah prediksi pasti tentang apa yang Allah nubuatkan dan akan benar-benar terjadi di masa depan.

Makna patung mimpi Nebukadnezar:

1. Kepala emas melambangkan Babel (626-539 SM).

Memang, tidak ada logam lain yang bisa lebih mewakili kekuatan dan kekayaan kekaisaran Babilonia selain emas.

Alkitab menyebutnya “kota emas” (Yes. 14: 4) dan “piala emas di tangan TUHAN” (Yer. 51: 7; bandingkan dengan Wahyu 18:16). Sejarawan kuno Herodotus melaporkan bahwa banyak emas menghiasi kota Babilon.

2. Dada dan lengan perak berdiri untuk Media-Persia (539-331 SM).

Karena perak dihargai lebih rendah dari emas, kekaisaran Media-Persia tidak pernah mencapai kemegahan Babel.

Selain itu, perak juga merupakan simbol yang pas untuk Persia karena mereka menggunakan perak dalam sistem perpajakan mereka.

3. Perut dan paha perunggu melambangkan Yunani (331-168 SM).

Yehezkiel 27:13 menggambarkan orang-orang Yunani sebagai barter kapal perunggu. Tentara Yunani terkenal karena baju besi perunggu mereka. Helm, perisai, dan kapak perang mereka terdiri dari kuningan.

Herodotus memberi tahu kita bahwa Psammetichus I dari Mesir melihat invasi para perompak Yunani pemenuhan suatu nubuat yang menubuatkan “orang-orang perunggu yang datang dari laut”.

4. Kaki-kaki dari besi tepat mewakili Roma (168 SM – 47.D).

Seperti yang dijelaskan Daniel, besi itu melambangkan kekuatan penghancuran Kekaisaran Romawi, yang bertahan lebih lama dari kerajaan mana pun sebelumnya. Besi adalah logam yang sempurna untuk mewakili kekaisaran.

5. Kaki sebagian dari besi dan sebagian dari tanah liat mewakili Eropa yang terbagi (A.D 476 – Kedatangan Kristus Kedua).

Campuran besi dengan tanah liat memberikan gambaran yang pas tentang apa yang terjadi setelah disintegrasi Kekaisaran Romawi.

Meskipun banyak upaya telah dilakukan untuk menyatukan Eropa, mulai dari persekutuan pernikahan antara keluarga kerajaan dengan Uni Eropa saat ini, perpecahan dan perpecahan telah terjadi dan, menurut nubuat ini, akan tetap demikian sampai Tuhan mendirikan kerajaan yang kekal.

V. KERAJAAN BATU

Baca Daniel 2:34, 35, 44, 45. Apa yang diajarkan ayat-ayat ini tentang nasib akhir dunia kita?

1. Fokus dari mimpi adalah menerangkan apa yang akan terjadi di “zaman akhir” (Dan. 2:28).

2. Seberapa kuat dan sekaya apapun mereka, kerajaan-kerajaan yang terbuat dari logam ini (dan tanah liat) hanyalah awal dari pembentukan kerajaan batu yaitu kerajaan Tuhan.

3. Logam dan tanah liat dapat menjadi produk dari manufaktur buatan tangan manusia, tetapi batu dalam mimpi itu bukan buatan tangan manusia.

Dengan kata lain, semua kerajaan-kerajaan buatan manusia ( yang diwakili oleh logam: emas, perak, perunggu, besi) akan berakhir, tetapi kerajaan yang diwakili oleh batu itu akan bertahan selamanya.

Siapakah kerajaan Batu?

Metafora batu, kemudian, sering melambangkan Allah (misalnya, Ul 32: 4, 1 Sam. 2: 2, Mzm 18:31), dan batu itu juga mungkin merupakan representasi Mesias (Mzm. 118) : 22; 1 Pet. 2: 4, 7).

Dengan demikian, tidak ada yang lebih tepat daripada sosok batu untuk melambangkan pembentukan kerajaan abadi Allah.

Kapan kerajaan batu ini akan muncul?

Kerajaan batu muncul setelah empat kerajaan utama telah jatuh dan sejarah manusia telah mencapai masa kerajaan yang terbagi, diwakili oleh jari-jari kaki patung.

Fakta ini mengesampingkan penggenapan selama abad pertama, karena pelayanan Yesus terjadi pada masa kekuasaan Roma, kerajaan keempat.

Tapi batu itu memberi jalan ke gunung. Yaitu, “Tetapi batu yang menimpa patung itu menjadi gunung besar yang memenuhi seluruh bumi.” (Dan. 2:35).

Sebuah gunung seperti ini membangkitkan Gunung Sion, tempat di mana bait suci berdiri, representasi konkret dari kerajaan duniawi Allah pada zaman Perjanjian Lama.

Menariknya, potongan batu dari gunung itu menjadi gunung itu sendiri. Gunung ini, yang menurut teks sudah ada, kemungkinan besar menunjuk ke Sion surga, tempat kudus surgawi, dari mana Kristus akan datang untuk mendirikan kerajaan kekal-Nya.

Dan di Yerusalem yang akan turun dari surga (Why. 21: 1-22: 5), kerajaan ini akan menemukan penggenapan utamanya.

Kesimpulan

Misteri mimpi patung Raja Nebukadnezar, kepala dari emas, dada dan lengan dari perak, perut dan paha dari perunggu, kaki dari besi, kaki dan jari-jari sebagian dari besi dan tanah liat, adalah perjalanan sejarah dunia dari masa ke masa yang akan selalu diwarnai krisis demi krisis.

Gambaran patung menunjukkan adanya pengurangan nilai, mulai dari emas, logam mulia, sampai kepada besi dan tanah liat.

Ini menunjukkan keadaan dunia dari masa kemasa akan mengalami krisis demi krisis, sampai akhirnya kerajaan-kerajaan dunia ini akan berakhir dan di gantikan dengan kerajaan Batu yaitu kerajaan Tuhan.

Oleh sebab itu, teguhkan iman kita, dunia akan selalu mengalami krisis, tetapi ada Kristus Tuhan atas krisis yang akan mengakhiri semua krisis dunia.

Baca juga: Daniel 1: Rahasia bertahan menghadapi tekanan

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.