Berdiri Teguh, Tuhan Mengendalikan Krisis

Pendahuluan

Seorang sarjana yang sudah tua dan pikun sedang mengadakan perjalanan dengan menggunakan kereta api.

Ketika kondektur lewat dan memeriksa tiket para penumpang, sarjana tersebut berusaha mencari tiket disemua kantong baju dan celananya tetapi dia tidak menemukan..

Lalu sang kondektur mengatakan dengan pelan. “tidak apa-apa tuan, jika engkau tidak menemukan tiket itu, saya yakin tuan mempunyai tiket tersebut..”

Lalu sarjarna tersebut berkata dengan panik, “Engkau tidak mengerti, saya harus menemukan tiket itu, supaya saya tau kemana saya harus pergi..!”

Banyak tidak tahu kemana mereka akan pergi

Pada masa sekarang ini, banyak orang tidak mengetahui kemana mereka akan pergi, banyak orang tidak tau kemana dunia ini sedang bergerak..

Sama seperti sarjana tua tadi, dia tidak tau tujuan perjalanannnya karena tiketnya hilang..maka pastikan ini saudara memiliki tiket ditangan saudara..

Tiket yang saya maksud adalah alkitab saudara…di dalam alkitab inilah kita bisa melihat kemana dunia ini akan bergerak….

Raja sorga, di dalam kasih-Nya yang maha besar, memberitahukan pergerakan sejarah duni dari masa kemasa, dan apa yang akan terjadi atas dunia ini dan atas hidup kita..

Sekarang kita buka alkitab kita di kitab Daniel 2. Saya percaya saudara tau cerita di pasal ini.

Daniel 2 adalah informasi yang datang dari Tuhan kepada Nebukadnesar dan kepada kita semua bahwa di dunia yang berdosa ini tidak ada yang kekal..

Semua akan berakhir pada masanya..itu sebabnya Salomo katakan, “Untuk segala sesuatu ada masanya..”

Bukan hanya fana, tetapi juga diwarnai oleh krisis demi krisis..dunia kita tidak akan lebih baik dari waktu ke waktu, tetapi akan semakin buruk dan semakin krisis dari waktu ke waktu..

Nubuatan sejarah dunia

Ilustrasi yang Tuhan berikan tentang hal ini adalah sebuah mimpi melalui Raja dunia yang hebat pada masa itu yaitu Nebukadnesar..

Dia lupa mimpinya, tetapi Tuhan melalui Daniel menerangkan mimpi itu dan memberitahukan maknanya juga..

Dalam mimpi itu, dia melihat sebuah patung yang amat besar!

Tinggi dan berkilauan luar biasa (ayat 31-34). Patung itu kepalanya dari emas, dada dan lenganya dari perak, perut dan pinggangnya dari tembaga, paha dari besi dengan kakinya sebagian dari besi dan sebagian dari tanah liat..

Setelah itu, terungkit lepas sebuah batu tanpa pertolongan manusia, menimpa patung itu, tepat pada kakinya yang dari besi dan tanah liat sehingga remuk..

Maka semuanya remuk, besi, tanah liat, tembaga, perak, emas dan tidak ada lagi..tetapi batu itu menjadi gunung besar yang memenuhi seluruh bumi..

Patung ini adalah gambaran perjalanan kerajaan dunia, dari masa ke masa sampai Akhir zaman.

Di mulai dari kerajaan super power pertama yaitu Babilon, kerajaan ini dilambangkan dengan kepala yang terbuat dari emas, tetapi kerajaan ini akan berakhir..

Lalu akan digantikan dengan kerajaan super power lainnya yaitu kerajaan Medo-persia dilambangkan dengan dada dari perak..

Tetapi kerajaan inipun akan berakhir dan digantikan dengan kerajaan superpower lainya yaitu kerajaan Yunani yang dilambangkan dengan perut yang terbuat dari tembaga..

Tetapi kerajaan inipun akan berakhir dan di gantikan dengan kerajaan superpower lainya yaitu kerajaan Roma yang dilambangkan dengan paha dari besi..

Kerajaan inipun akan berakhir dan terpecah menjadi 10 kerajaan yang dilambangkan dengan kaki dari besi dan tanah liat dengan 10 jari-jari..

Dunia yang penuh krisis

Kalau kita perhatikan baik-baik, patung ini di awali dengan kepala yang terbuat dari emas tulen, tetapi kemudian berakhir turun sampai kebagian paling bawah patung itu menjadi besi bercampur tanah liat..

Saudara mengerti maksudnya..ini mengambarkan bahwa dunia ini akan selalu diwarnai krisis demi krisis dari masa ke masa..

Dari emas, krisis menjadi perak, dari perak krisis menjadi tembaga, dari tembaga krisis menjadi besi, dari besi krisis menjadi tanah liat..

Sampai pada akhirnya semu akan hilang lenyap dan tidak ada lagi..

Ini menegaskan bahwa di dunia ini tidak ada yang abadi, semua bersifat sementara..seberapa hebatpun seorang manusia, semua akan berakhir..

Semua agama di dunia ini percaya akan hari kiamat, hari dimana dunia ini akan berakhir..

Tetapi bagaimana dunia ini berakhir dan siapa yang akan mengakhirinya, ini yang perlu kita cari tahu karena itu poin utamanya..

Dalam Matius 24 Yesus menjelaskan peristiwa-peristiwa yang akan menimpa dunia ini sebelum Yesus datang kedua kali..

Ayat 8, akan muncul banyak mesias-mesias palsu dan menyesatkan banyak orang,

Ayat, 6, kita akan mendengar kabar-kabar tentang perang, bangsa akan bangkita melawan dan kerajaan melawan kerajaan..

Tanda Perang dan teror

Pada perang dunia pertama ada sekitar 20 juta orang menjadi korban perang.

Perang dunia ke 2 ada 50 juta orang binasa akibat perang, kabar-kabar tentang perang masih terus kita dengar..

Perang di timur tengah yang tidak ada habis-habisnya, antar Negara saling mengancam dengan senjata Nuklir yang mereka miliki..

Belum lagi perang antar suku, perang antar kampung, perang antar geng dll..kekerasan demi kekerasan terjadi, nyawa manusia seakan tidak berharga..

Sekarang ini terorisme menjadi ketakutan banyak orang, para teroris ini muncul diseluruh dunia yang sewaktu-waktu dapat melakukan bom bunuh diri dan kita bisa saja menjadi korban terror tersebut..

Para teroris ini tidak segan meledakkan dirinya dikerumunan orang banyak..

Beberapa tahun terakhir ini kita melihat berita televisi, di Eropa, perancis, inggris, jerman, para teroris menembaki orang secara serampangan, meledakkan dirinya dan menimbulkan korban yang cukup banyak..

Dua peristiwa terror bulan lalu adalah bom bunuh diri di inggris ketika konser sedang berlangsung, puluhan orang tewas dan puluhan mengalami luka-luka..

Tidak ada seorangpun yang menyadari ditengah-tengah mereka ada teroris yang siap meledakkan dirinya dengan bom..

Tanda kelaparan, gempa

Lebih lanjut Yesus katakan, akan akan kelaparan dan gempa bumi diberbagai tempat.

Diperkirakan ada 57 juta orang mengalami kelaparan setiap tahun, itu berarti aka nada 156,000 orang akan mati setiap hari karena kelaparan..

Dunia kita ini akan segera mengalami krisis pangan, penduduk semakin bertambah, lahan pertanian akan semakin berkurang..

Maka akan akan ada wabah, kelaparan dan peperangan untuk memperebutkan makanan dan sumber daya alam..

Di perkirakan di dunia ini ada 60% kekurangan gizi dan 20 % kelaparan…Yesus sudah mengatakannya bahwa semua ini akan menjadi tanda akhir zaman..

Dalam Lukas 21:25 Yesus katakan “ …di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung..”

Penyakit sampar dan pencemaran

Akan muncul penyakit sampar..penyakit sampar adalah wabah atau penyakit aneh..

Kita lihat sekarang ini banyak muncul penyaki-penyakit yang aneh, AIDS, Malaria, ebola, flu burung, sapi gila, kolera, raja singa, dll..

WHO memperkirakan ada 40 juta kasus HIV sekarang ini, dan banyak yang sudah tewas akibat virus ini..

Penyakit sampar terbaru yang menjadi pandemic dunia yaitu covid-19. Virus yang melumpuhkan Negara-negara, menjangkiti lebih satu juta orang dan telah menewaskan puluhan ribu orang.

Tanda lain yang Alkitab nubuatkan adalah pencemaran lingkungan (Yes 51:6), sekarang ini udara kita sudah dicemari oleh polusi, dibanyak tempat air sudah tidak bisa lagi diminum, karena sudah terkontaminasi dengan zat berbahaya..

Dimanakah kita akan mencari air dan udara bersih? Kemana kita akan pergi mencari makanan?

Seiring dengan pertambahan populasi manusia yang begitu cepat bertambah, manusia menemukan persoalan yang sangat serius untuk tapat tetap bertahan hidup..

Itu maka di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung..” (Luk 21:25)

Gempa bumi juga akan menjadi tanda dunia akan segera kiamat..pada masa kita sekarang ini, kita melihat betapa dahsyatnya gempat dan tsunami membinakasan manusia..

Diperkirakan setiap tahun ada 6,000 gempa terjadi diseluruh dunia dan jutaan orang menjadi korban bencana tersebut..

Tanda kejahatan manusia

Di samping peristiwa diatas, alkitab memberikan penjelasan tentang kondisi manusia pada masa kini..

Yesus membandingkan kondisi dunia sekarang ini akan sama dengan zaman Sodom dan gomora..

Lukas 17:28, 30, “Demikian juga yang terjadi pada zaman Lot; demikianlah halnya kelas terjadi pada hari, dimana anak manusia menyatakan diri-Nya.”

Roma 1:26-27, homoseks (LGBT) akan merajalelas di dunia ini..dan anehnya banyak Negara merestui LGBT, maka laki-laki dengan laki-laki menikah, perempuan dengan perempuan menikah..

Di 2 Timotius 3:2-5 dikatakan, bahwa manusia akan mencintai dirinya sendiri, menjadi hamba uang..

Banyak orang demi uang mau membunuh orang lain, demi uang mengorbankan prinsip kebenaran, demi uang jual diri, demi uang melukai orang lain..

Manusia akan senang membual, menyombongkan diri, menjadi tukang fitnah, berontak terhadap orang tua, tidak tau berterima kasih, tidak peduli agama, tidak tau mengasihi..

Tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengendalikan diri, tidak suka yang baik, suka berkianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Tuhan..

Orang-orang ini dikatakan, secara lahiriah seperti orang beragama, tetapi itu hanya formalitas saja, kelakuan mereka sangat jahat..agama hanya tameng saja..

Itu sebabnya Paulus katakan, pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar..dan kita sudah melihat semua peristiwa diatas..

Sekarang kita kembali ke Daniel pasal 2.

Walaupun kondisi dunia saat ini kacau balau karena kejahatan, perang dan bencana alam, dll, tetapi bukan itu yang akan mengakhiri sejarah dunia ini..

Ada orang meramalkan bahwa dunia ini akan hancur oleh benda asing dari ruang angkasa yang akan menghantam dunia ini, ada yang berspekulasi dunia ini akan hancur oleh perang Nuklir..

Akhir sejarah dunia di tangan Yesus

Alkitab menjelaskan bahwa dunia ini akan berakhir oleh kedatangan Yesus kedunia..

Dan itu yang digambarkan di dalam mimpi patung raja nebukadnesar..

Daniel 2:44, “ Tetapi pada Zaman raja-raja, Allah semesta langit akan mendirikan suatu kerajaan yang tidak akan binasa sampai selama-lamanya, dan kekuasaan tidak akan beralih lagi kepada bangsa lain;

Kerajaan itu akan meremukkan segala kerajaan dan menghabisinya, tetapi kerajaan itu sendiri akan tetap untuk selama-lamanya..”

Ayat 45, “tepat seperti yang tuanku lihat, bahwa tanpa perbuatan tangan manusia sebuah batu terungkit lepas dari gunung dan meremukkan besi, tembaga, tanah liat, perak dan emas itu.

Allah yang maha besar telah memberitahukan kepada tuanku raja apa yang akan terjadi di kemudian hari, mimpi itu adalah benar dan maknanya dapat di percaya..”

Jadi akhir dari semua kerajaan dunia yang berkuasa sekarang ini adalah kerajaan Tuhan, yang dilambangkan dengan batu yang terungkit lepas dan menghancurkan seluruh patung itu..

Tuhan akan mendirikan kerajaan-Nya di bumi ini untuk selama-lamanya.

Dan kerajaan batu ini tidak lama lagi akan datang..sekarang pertanyaannya dimanakan posisi kita saat ini..?

Penghujung sejarah

Posisi kita saat ini kalau melihat patung mimpi nebukadnesar, kita sudah berada di jari-jari kaki itu..

10 jari-jari adalah 10 kerajaan yang sebelumnya adalah pecahan dari kerajaan roma yang dilambangkan dengan besi..

Besi bercampur tanah liat artinya kerajaan ini tidak akan pernah bersatu..dan 10 kerajaan ini ini adalah Negara-negara Eropa.

Pada masa dulu, kerajaan-kerajaan di Eropa untuk menjalin persatuan mereka mengadakan pernikahan campuran, tujuanya supaya mereka terikat oleh pernikahan dan mereka bisa bersatu, itu dijelaskan di ayat 43.

Tetapi walau demikian alkitab katakan mereka tidak akan merupakan satu kesatuan…

Pada masa kini, Negara Eropa membentuk Uni Eropa, tujuanya untuk menyatukan Eropa, mereka membuat satu mata uang yaitu Euro, tetapi Eropa tidak menjadi satu kesatuan..Alkitab sudah mengatakannya..

Di dunia ini kita juga punya PBB (persatuan bangsa-bangsa), tetapi dunia tidak dapat bersatu..

Ketegangan dan peperangan antar Negara terus terjadi, kekacauan politik dan ekonomi terus meningkat, gejolak social dan kejahatan grafiknya terus meningkat..

Harapan masih ada

Pertanyaanya apakah ada harapan bagi kita? Jawabanya ya..harapan kita hanya pada kedatangan kerajaan Batu itu, yaitu Yesus..

Raja-raja dan pemimpin dunia ini tidak bisa diharapkan, itu sebabnya jangan berharap kepada manusia, berharaplah kepada Tuhan..

Yesus katakan dalam Matius 24:3-34, “Jika kamu melihat semua ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah diambang pintu..”

Kebinasaan dunia akan segera terjadi..dan Yesuslah yang akan mengakhiri segala krisis diatas dunia ini, Dialah jawaban atas seluruh persoalan atas hidup kita…

Dalam 2 Petrus 3:10 dikatakan,

“ Tetapi hari Tuhan aka tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsure-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada diatasnya akan hilang..

Jadi jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup, yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah.

Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya..”

Dan karena semua yang ada di dunia ini akan hancur, maka ada satu hal yang patut kita lakukan yaitu hidup suci dan saleh..

Apa artinya hidup suci?

Hidup suci adalah mengasingkan diri/hidup kita hanya untuk kemuliaan Tuhan..

Topik kesucian hidup sekarang ini bukanlah topic yang popular..kita bisa lihat sekarang ini bagaimana orang menajiskan diri mereka dengan hubungan seks yang tidak patut..

Perselingkuhan, seks sebelum menikah hal yang dianggap biasa, bahkan dipertontonkan..

Kemabukan, pesta pora, kepelesiran dunia..merusak tubuh dengan minuman dan makanan yang tidak baik, hal yang biasa terjadi..

Alkitab katakan, menghadapi akhir zaman hidup kita harus mempraktekkan hidup yang kudus..

Apakah artinya hidup saleh?

Yang kedua adalah hidup saleh..gambaran hidup saleh yang dimaksud disini adalah seperti yang di praktekan oleh Ayub..

Dia disebut orang yang saleh, jujur, takut akan Tuhan dan menjauhi yang jahat, setiap hari dia mengadakan kebaktian pengampunan dosa untuk seluruh isi keluarganya..

Bagaiamana kita bisa menjadi seperti Yesus kalau kita jauh dari Dia..kalau kita jauh dari Yesus maka kita akan menjadi dekat kepada Setan dan menjadi serupa dengan setan..

Itu sebabnya kita seringkali menjadi kesetanan, bahkan lebih setan dari pada setan itu sendiri…

Kenapa? kita tidak tertarik dengan hal-hal rohani, kita lebih tertarik dengan HP kita dibanding Yesus..

Kita selalu update status di media social, tapi kita jarang update hubungan dengan TUhan..

Bangun pagi yang kita cari adalah HP, mau tidur yang kita cari adalah HP, kita tidak punya kerinduan mencari Tuhan..akibatnya hubungan kita menjauh dari Tuhan..

Jiwa kita menjadi kering karena tidak disirami dengan Roh Tuhan..INGAT: menjadi suci dan saleh adalah hasil hubungan yang intim dengan Yesus..

Penutup

Sebagai akhir dari Kotbah ini, saya akan menceritakan satu kisah kapal pesiar Central Amerika..kapal ini baru saja mengadakan pelayaran dari New York menuju selat Panama..

Sementara berlayar, kapal ini mengalami kebocoran ditengah samudra Atlantik..lalu kapten kapal memberikan sinyal tanda bahaya, dan mengirimkan kabar, “ kami sedang dalam bahaya dan kapal kami akan tenggelam..”

Lalu kapal yang menerima pesan itu membalas supaya kapten kapal memindahkan penumpang ke kapal mereka saat itu juga..

Tetapi karena sudah malam dan gelap, kapten kapal itu menjawab bahwa tunggu sampai besok pagi saja penumpang dipindahkan..

Dan apa yang terjadi? Pelan-pelan sebelum pagi kapal itu sudah tenggelam kedasar lautan..

Sdr-sdr, menunggu dapat mengakibatkan kita kehilangan hidup kekal..saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengambil keputusan..

Kapten kapal Central Amerika berpikir dia dapat menunggu sampai pagi, ternyata dia melakukan kesalahan yang fatal..

Alkitab mengatakan bahwa keselamatan itu adalah hari ini, jangan menunggu, jangan ragu-ragu, jangan menunda.

Kenapa tidak mengambil keputusan hari ini untuk menerima Yesus?

Kalau kita benar-benar serius untuk menerima Yesus Kristus, maukah saudara berdiri sambil berkata, Ya Tuhan, saya bersedia untuk bertemu dengan-Mu pada saat Engkau datang!

Dan bagi saudara yang rindu membuat komitmen untuk hidup setia kepada Yesus..

Meninggalkan jalan-jalan hidup kita yang salah dan mau bertobat mengakui dosa kita kepada Tuhan..berdoalah dalam hatimu saat ini.

Tuhan memberkati.

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.