Berdansa Dengan Iblis

Renungan khusus bagi anda yang senang musik.

Tidak ada manusia yang tidak suka music, jika pun ada orang yang tidak suka musik, pastilah dia orang yang tidak memiliki cita rasa dalam hidupnya.

Semua orang senang mendengar music atau memainkan music. Music membuat hidup bergairah atau semangat, music juga membuat orang yang sedih menjadi senang.

Musik dapat memberi inspirasi, music menjadi obat bagi hati yang galau, music juga dapat menjadi terapi bagi orang sakit, tentu saja masih banyak manfaat music dalam kehidupan manusia silahkan tambahkan lagi..

Tentu anda punya pengalaman bagaimana music telah memberi pengaruh dalam hidup anda. Itu sebabnya setiap hari saya selalu mendengar music dan music itu telah menolong saya menjadi orang yang sabar dan tenang.

Dua Jenis Musik

Bagi saya didunia ini hanya ada 2 bagian music, yaitu music buatan manusia atau yang dimainkan manusia dan music alam. Music buatan manusia tentu banyak genrenya atau alirannya, mulai dari pop, dangdut, rock, jazz, klasik dll.

Sedangkan music alam adalah bunyi-bunyian yang dimainkan oleh alam seperti bunyi air, bunyi pohon-pohon, bunyi aliran sungai, ombak lautan, suara angin, kilat dan gemuruh dll..

Ada orang mengatakan dunia ini akan terasa sepi kalau tidak ada music, dan itu benar. Itu sebabnya dimana-mana music selalu diperdengarkan, dirumah, dipasar, di mall, di mobil, bus, stasiun, warung, toko-toko dll.

Ketika orang sedang sedih dan galau orang akan mendengar music dan sedikit banyak dapat menolong dia terhibur. Singkatnya music adalah bunyi-bunyian yang menyentuh dan dapat mempengaruhi jiwa manusia.

Karena music dapat menyentuh dan mempengaruhi jiwa manusia, maka anda harus berhati-hati dalam memilih music. Music dapat membawa manusia memiliki hidup yang lebih baik dan dapat juga membuat hidup manusia lebih jahat.

Pengaruh Musik

Music dapat membangun iman, tetapi bisa juga menghancurkan iman. Music dapat menenangkan hati manusia, namun dapat juga membuat hati manusia jadi berontak. Singkatnya music memiliki dua sisi seperti mata uang, yaitu sisi baik dan jahat.

Tentu saya tidak akan menghakimi pilihan music anda, saya berbicara kepada anda dalam konteks sebagai orang Kristen, karena Kekristenan tidak mengkomodir seluruh aliran music dunia.

Saya juga tidak akan memaksa anda untuk mengikuti saya dalam memilih musik. Sebab masing-masing kita memiliki selera musik sendiri-sendiri, namun perlu diingat dan ditanyakan, apakah musik yang saya sukai ini menolong saya untuk bertumbuh lebih dekat kepada Tuhan?

Ah..mungkin anda bertanya, mengapa musik harus dikaitkan dengan Tuhan? Tentu saja harus dikaitkan, mengapa? Karena musik telah digunakan oleh setan untuk merusak jiwa anak-anak Tuhan.

Musik Dapat Mempengaruhi Kerohanian

Melalui musik setan berkarya untuk merusak nilai-nilai rohani dalam hidup kita. Setan tahu bahwa semua orang menyukai musik, itu sebabnya dia menggunakan musik ini sebagai salah satu senjatanya untuk menghancurkan iman kita.

Melalui musik setan ingin menjauhkan kita dari Tuhan dengan pelan-pelan. Itu sebabnya kita perlu berhati-hati dalam memilih musik.

Zaman kita sekarang ini dimana musik begitu mudah di dapatkan, setiap hari televisi menayangkan konser-konser musik dengan berbagai macam jenis.

Konser-konser musik diberbagai tempat dengan mendatangkan penyanyi dari luar negeri atau dalam negeri marak diberbagai daerah, dan anda bisa lihat bagai mana reaksi orang berbondong-bondong datang kesana.

Dalam satu konser saja bisa ribuan orang yang larut dalam alunan musik yang mereka bawakan, mereka akan berjingkrak-jingkrak kegirangan, bahkan banyak penonton yang mengkonsumsi minuman beralkohol untuk memacu semangat mereka.

Masih segar diingatan kita, beberapa konser musik yang diselenggarakan di ibukota Jakarta dengan artis-artis penyanyi dari luar dan dalam negeri.

Ribuan orang antri berjam-jam hanya untuk mendapatkan tiket, mereka rela mengelurkan ongkos jutaan rupiah hanya untuk melihat idola mereka. Saya selalu berpikir apakah yang menarik dari mereka sehingga banyak orang tergila-gila, ah..mungkin saja saya yang jadul kali ya….!

Baru-baru ini seorang teman harus mengeluarkan ongkos tiket 1,7 juta rupiah hanya untuk melihat penyanyi korea idolanya. Dia begitu sangat histeris, menjerit, berteriak mengelu-elukan sang artis sambil melambaikan tangannya.

Lalu seusai konser saya bertanya, bagaiamana perasaanmu? Apa yang kamu dapatkan dari konser itu..? dia hanya menjawab bahwa dia terhibur. Namun saya tahu bahwa dia hanya terhibur seketika itu saja.

Mungkin anda juga masih ingat penyanyi-penyanyi kelas dunia? Mereka adalah penyanyi yang telah menyihir jutaan manusia di dunia dengan musik mereka.

Walaupun banyak orang mensinyalir beberapa diantara mereka adalah pemuja setan, namun tetap saja orang mengidolakannya. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa banyak musik telah dipersembahkan kepada setan, bahkan sang penyanyi juga mempersembahkan diri kepada setan.

Banyak orang telah berpegangan tangan dengan setan melalui musik. Bahkan mereka turut berdansa, menari dengan iblis. Dalam musik yang hingar bingar, memekakan telinga, belum lagi penyanyinya yang menjual erotisme, maka muncul pertanyaan, apakah ada Yesus disana?

Apakah Roh Kudus hadir dalam musik itu? Sudah pasti bahwa Yesus tidak ada disana, yang berdiri disana adalah setan. Satu hal lagi bahwa mereka tidak mengundang Yesus hadir disana.

Anda juga bisa lihat profil para penyanyinya, siapakah mereka? Bagaiamanakah hidup mereka? Artis-arti yang sebagian besar kawin cerai, pemakai obat-obatan, free sex, dll..telah menjadi idola dan di puja-puja manusia.

Sudah pasti semua ini tidak akan membuat kita lebih dekat kepada Tuhan. Oleh sebab itu penting bagi setiap anak-anak Tuhan bertanya dalam memilih musik, apakah musik ini akan mengangkat iman saya lebih setia kepada Tuhan?

Apakah musik ini akan memberi saya damai sejahtera? Apakah musik ini berkenan di hati Tuhan? Dll..

Musik dan nyanyian yang rendah mutunya telah mengalihkan pikiran orang-orang muda dari Yesus. musik telah merampas waktu untuk berdoa dan bersekutu.

Musik Yang Membangun Iman

Musik bila digunakan dengan benar untuk kemuliaan nama Tuhan akan menjadi berkat besar bagi banyak orang. Akan banyak orang di tuntun kepada Kristus melalui musik sorgawi yang indah.

Seperti apa musik sorgawi yang indah? Memang tidak mudah mengatakan bahwa musik rohani yang benar adalah seperti ini dan itu, sebab musik tidak hanya dilihat dari segi irama dan nadanya saja yang enak didengar.

Syair lagu atau kata-kata lagu haruslah memiliki makna yang dalam dan itu mengandung nilai rohani yang tinggi, sebab syair sebuah lagu adalah sebuah kotbah dan doa yang berisi firman Tuhan yang menguatkan pendengarnya.

Saya tidak mengatakan bahwa semua musik dunia itu jelek, dan saya tidak mengatakan bahwa kita tidak boleh menyanyikan lagu-lagu dunia, yang perlu saya tekankan adalah memilih musik hendaklah bijaksana.

Dalam konteks musik dunia, tentu waktu dan penggunaannya haruslah tepat di tempat yang tepat. Mendengar lagu dunia sementara berdoa atau kebaktian tidaklah tepat, semua ada waktu dan tempatnya.

Namun secara pribadi saya lebih suka mendengar lagu-lagu pujian, sebab lagu-lagu pujian itu telah banyak menolong saya menjalani hidup. Lagu-lagu pujian itu telah mengangkat jiwa saya lebih dekat kepada Yesus dan jiwa saya lebih tenang mendengar lagu-lagu pujian.

Sementaran bila mendengar lagu dunia saya tidak mendapatkan berkat serupa. Pada waktu menyanyikan lagu pujian saya merasakan bahwa malaikat juga sedang bernyanyi bersama dengan saya, mengangkat pujian kepada Khalik Pencipta dan Penebus saya.

Lagu-lagu pujian itu telah merubah hidup saya yang kasar menjadi pribadi yang tenang, sebab saya percaya lagu pujian adalah alat TUhan untuk menggoncang kerajaan Iblis. Iblis akan terdiam dan gemetar bila anak-anak Tuhan mengangkat pujian kepada-Nya.

Renungan ini tidak membahas lagu pujian yang seperti apa yang baik di dengar..yang jelas sebuah lagu pujian syairnya harus sesuai dengan Alkitab.

Irama musiknya indah, halus, lembut dan tidak kasar, tidak hingar bingar seperti irama musik Rock, intinya lagu dan musik itu mengangkat jiwa kita lebih dekat kepada Tuhan, dan musik mempengaruhi jiwa.

Bermazmurlah bagi TUHAN dengan kecapi, dengan kecapi dan lagu yang nyaring,

Mazmur 98:5

Sebab TUHAN menghibur Sion, menghibur segala reruntuhannya; Ia membuat padang gurunnya seperti taman Eden dan padang belantaranya seperti taman TUHAN. Di situ terdapat kegirangan dan sukacita, nyanyian syukur dan lagu yang nyaring.

Yesaya 51:3
Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.