Apakah Virus Corona Murka Tuhan?

Nubuatan Alkitab tentang penyakit Sampar Virus Corona

Jauh hari sebelum wabah-wabah penyakit menular bermunculan, Alkitab sudah lebih dahulu mengabarkan bahwa menjelang penutupan sejarah dunia, wabah penyakit sampar akan menimpa dunia kita ini.

Di kitab Lukas 21:11 mengatakan, “…akan ada penyakit sampar…”

Penyakit sampar adalah penyakit menular. Penyakit ini akan mewabah dengan cepat keberbagai penjuru dunia dan membuat dunia gempar serta takut.

Asal Mula Wabah

Pada awal tahun 2020 ini dunia gempar dan cemas dengan munculnya virus Corona yang asal mulanya dari kota Wuhan di China.

Di duga virus ini bersumber dari hewan liar seperti ular dan kelelawar yang kemungkinan penularannya terjadi melalui kontak fisik dengan manusia maupun melalui konsumsi.

Virus ini dengan cepat menyebar dari orang ke orang. Hingga saat ini diperkirakan telah menyebar ke 215 negara, telah menginfeksi 7,323,761 orang, sementara jumlah korban tewas mencapai 413,731 jiwa.

Jika upaya untuk menghentikan penyebaran virus ini belum maksimal, bisa saja jumlah Negara dan korban akan semakin meningkat.

Penyakit sampar yang terjadi hari ini, dimasa lalu sudah sering terjadi diberbagai belahan dunia. Kita masih ingat, SARS, MERS, Flu Burung, Flu Babi, Ebola, Sapi gila, dll.

Ini hanyalah pengulangan wabah saja dan akan terus terjadi sampai kedatangan Yesus kedua kali dengan jenis virus yang berbeda.

Peringatan Tanda Zaman

Peringatan Yesus bahwa menjelang hari kiamat akan muncul penyakit sampar tidak perlu mengejutkan kita. 

Yesus mengatakan, “Dan apabila kamu mendengar… janganlah kamu terkejut..” Lukas 21:9.

Penyakit sampar hanyalah salah satu dari sekian banyak peristiwa yang menjadi tanda-tanda kesudahan zaman. Semua peristiwa tanda-tanda jaman ini memang tidak terjadi secara serentak.

Pada suatu waktu tanda gempa bumi yang terjadi tanpa diikuti tanda jaman yang lain. Di waktu yang lain bencana alam banjir, tsunami, topan yang terjadi tanpa diikuti tanda jaman lainnya. Ketika peperangan terjadi, juga tidak diikuti tanda jaman yang lain.

Nampaknya Tuhan mengatur dan mengendalikan semua tanda-tanda ini supaya tidak terjadi secara bersamaan, supaya penderitaan manusia tidak terlalu berat, sehingga kebinasaan dapat dicegah sebelum waktunya.

Saat ini tanda zaman yang muncul adalah penyakit sampar Virus Corona. Lihatlah bagaimana virus ini mewabah lintas Negara dan membuat dunia terkejut, dan pemerintah Negara-negara dengan sigap mengantisipasi penyebarannya.

Yesus mengatakan kita tidak perlu terkejut, sebab itu pasti terjadi dan akan terus terjadi dimasa mendatang. Namun kita harus waspada untuk terhindar dari penularan virus penyakit sampar yang sekarang dan mungkin akan terjadi dimasa mendatang.

Penyakit sampar sebagai murka Tuhan

Dalam sejarah alkitab para nabi menyebut penyakit sampar sebagai murka Tuhan terhadap manusia yang menentang Tuhan.

“…Allah datang dari negeri Téman…Mendahului-Nya berjalan penyakit sampar dan demam mengikuti jejak-Nya…” Habakuk 3:3,5.

Pada jaman raja Firaun menguasai orang Israel, Tuhan mendatangkan wabah penyakit sampar membunuh segala ternak mereka sebagai tanggapan Tuhan atas penolakan Firaun untuk menuruti perintah Tuhan melepaskan bangsa Israel dari perbudakan.

“..maka ternakmu, yang ada di padang, kuda, keledai, unta, lembu sapi dan kambing domba, akan kena tulah TUHAN, yakni kena penyakit sampar yang dahsyat.” Keluaran 9:3

Pada jaman Daud menjadi raja Israel, Allah mendatangkan penyakit sampar kepada mereka selama 3 hari sehingga menewaskan 70 ribu orang.

Penyakit ini muncul sebagai tanggapan Tuhan atas kesombongan Daud dan bangsa itu, yang mengadakan sensus untuk melihat jumlah kekuatan mereka.

“Jadi TUHAN mendatangkan penyakit sampar kepada orang Israel dari pagi hari sampai waktu yang ditetapkan, maka matilah dari antara bangsa itu, dari Dan sampai Bersyeba, tujuh puluh ribu orang.” 2 samuel 24:15

Penyakit sampar tanggapan Tuhan atas dosa

Nubuatan para nabi PL juga mengumumkan murka Tuhan  dengan mendatangkan penyakit sampar sebagai tanggapan Tuhan atas dosa manusia.

 “Dan Aku akan mengirimkan perang, kelaparan dan penyakit sampar ke antara mereka, sampai mereka habis dilenyapkan dari atas tanah yang telah Kuberikan kepada mereka dan kepada nenek moyang mereka.” Yeremia 24:10

Beginilah firman Tuhan ALLAH: “Bertepuklah dan entakkanlah kakimu ke tanah dan serukanlah: Awas! Oleh sebab segala perbuatan kaum Israel yang keji dan jahat, mereka akan rebah mati karena pedang, kelaparan dan penyakit sampar. “ Yehezkiel 6:11

Perlindungan Tuhan terhadap penyakit sampar

Di dalam Mazmur 91 disebutkan bahwa mereka yang berlindung kepada Tuhan akan dilepaskan dari penyakit sampar.

“Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau …dari penyakit sampar yang busuk.

Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang, terhadap penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang.“ Mazmur 91:3, 5-6

“ TUHAN akan menjauhkan segala penyakit dari padamu, dan tidak ada satu dari wabah celaka yang kaukenal di Mesir itu akan ditimpakan-Nya kepadamu…” Ulangan 7:15

Jadi Tuhan akan melindungi kita dari penyakit sampar, jika menurut perintah Tuhan. Dia bukan hanya pelindung tetapi juga pelepas dari penyakit sampar.

Penyebab Virus Corona

Terlepas dari reaksi banyak orang yang mengatakan munculnya wabah Virus Corona sebagai hukuman Tuhan atas kejahatan manusia terhadap hewan. Sebagian lain beranggapan munculnya virus ini karena perlakuan yang tidak baik terhadap muslim Uighur.

Seorang pendeta dari Amerika bernama Rick Wiles, mengatakan bahwa wabah yang dikirim oleh Tuhan untuk membersihkan dunia ini dari banyak dosa.

Munculnya wabah ini sebagai tanggapan Tuhan terhadap persekusi orang Kristen di China.

Dia mencatat, ‘malapetaka adalah salah satu langkah penghakiman terakhir’ dan memperingatkan orang Amerika untuk ‘hidup benar dengan Allah.’

Wile berbicara tentang wabah mematikan dalam siaran malamnya pada hari Senin, dengan mengatakan: ‘Lihatlah pemberontakan rohani yang ada di negeri ini, kebencian akan Tuhan, kebencian terhadap Alkitab, kebencian akan kebenaran. (https://www.dailymail.co.uk/news/article-7941013/Pastor-says-believes-coronavirus-plague-sent-God-purge-lot-sin-planet.html)

Apapun pandangan kita terhadap munculnya wabah-wabah virus belakangan ini, kita harus ingat bahwa itu adalah salah satu tanda akhir zaman.

Berdoa untuk kebaikan

Tetapi dari pada kita sibuk menghakimi dosa dan kejahatan manusia, lebih baik kita menjadikan semua peristiwa ini sebagai refleksi untuk diri sendiri. Berseru dalam doa, kiranya Tuhan menjauhkan dan melindungi kita dari virus penyakit sampar.

Kita  berdoa untuk mereka yang menderita, berdoa untuk pemerintah-pemerintah yang bekerja keras untuk menanggulangi virus ini.

Kita juga berdoa supaya dalam kesempatan yang sempit ini, jalan pemberitaan injil terbuka semakin luas di negeri Tiongkok. Kemuliaan Tuhan akan dinyatakan disana dan banyak orang akan mengenal Tuhan.

Nasehat Yesus menghadapi Virus Corona

Sebagai salah satu tanda akhir zaman munculnya wabah penyakit sampar. Kita diingatkan untuk memperhatikan tanda zaman ini sebagai amaran untuk hidup benar dihadapan Tuhan.

1. Jauhklan diri dari pesta pora, kemabukan dan hidup keduniawian.

Yesus memberi nasehat, “”Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.” Lukas 21:34

2. Berjaga dan berdoa

“Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.” Lukas 21:36

Yesus mengatakan, “Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat.” Lukas 21:28

“Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat.” Lukas 21:31

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.