Apakah Maria Saudari Marta dan Maria Magdalena, Orang Yang Sama?

Banyak pertanyaan tentang topik ini, mari kita coba melihat informasi Alkitab untuk menjawab pertanyaan ini.

Di Alkitab ada beberapa nama Maria disebutkan. Ada Maria ibu Yesus. Maria Magdalena. Maria saudari Marta.

Banyak orang menyebut, Maria Magdalena adalah Maria saudari Marta. Langsung saja kita cek informasinya.

1. Maria Saudara Perempuan Marta

Tidak banyak informasi Alkitab tentang Maria ini, kecuali jika dia diidentikkan dengan Maria Magdalena. Beberapa informasi tentang dia sebagai berikut:

Dia adalah saudara perempuan Marta dan Lazarus dan tinggal di Betania, di wilayah Yudea (Lukas 10:38, 39; Yohanes 11:1, 2).

Dalam beberapa kesempatan, dia biasa duduk di kaki Yesus untuk belajar dari-Nya. Karena ini adalah posisi yang diambil oleh seorang murid, kita dapat menyimpulkan bahwa dia adalah seorang murid Yesus.

Dia mengurapi Yesus sesaat sebelum penyaliban-Nya, mengungkapkan pengabdian dan kasihnya kepada-Nya (Yohanes 11:2; 12:1-8).

Tindakan ini adalah ungkapan syukurnya atas kasih Juruselamat yang telah mengampuninya (Lukas 7:47, 48).

Lukas menyiratkan bahwa dia telah banyak diampuni. Setelah meminyaki kaki Yesus, nama Maria dari Betania tidak pernah disebutkan lagi.

2. Maria Magdalena

Nama lengkap wanita ini diambil untuk menyiratkan bahwa dia berasal dari kota Magdala, yang terletak di pantai barat laut Laut Galilea.

Pertama kali dia disebutkan dalam Injil dia secara khusus karena dia termasuk di antara wanita yang telah disembuhkan oleh Yesus dari penyakit mereka atau dari kerasukan setan; khususnya bahwa dia telah dibebaskan dari tujuh roh jahat.

“Dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat,” (Lukas 8:2).

Para wanita ini adalah murid Yesus—mereka menemani-Nya selama perjalanan-Nya yang kedua di Galilea—dan mereka memberikan dukungan keuangan untuk pelayanan-Nya (ayat 2, 3).

Dengan kata lain, Maria Magdalena orang yang relatif kaya.

Apakah Maria saudara Marta adalah orang yang sama dengan Maria Magdalena?

Untuk hal ini para pembaca Alkitab terbagi dua. Sebagian mengatakan itu orang yang sama, sebagaian lagi mengatakan itu orang yang berbeda.

Argumentasi mereka yang mengatakan itu orang yang sama, mereka berspekulasi.

Mungkin saja Maria dari Betania meninggalkan rumah karena gaya hidupnya yang tercela, lalu pergi dan tinggal di sebuah rumah di Magdala.

Sebagian besar peristiwa yang tercatat dari pelayanan Yesus di Galilea terjadi di mana Magdala berada.

Dan bisa jadi selama kunjungan awal Yesus ke Magdala bahwa Dia bertemu dengan Maria dan membebaskannya dari kerasukan setan.

Setelah itu ia menemani Yesus dalam Perjalanan yang kedua ke Galilea, dia bisa saja kembali ke Betania, sebagai orang yang baru bertobat, dan bergabung kembali dengan saudara perempuannya Marta dan saudara laki-lakinya Lazarus.

Ha ini memang tidak membuktikan bahwa Maria dari Betania dan Maria dari Magdala diidentifikasi sebagai orang yang sama.

Jadi, mungkin saja orang yang sama, mungkin juga tidak.

Pendapat kedua, yaitu Kebanyakan penafsir percaya bahwa ini adalah dua orang yang berbeda, karena tidak ada bukti sejarah yang mendukung posisi bahwa mereka adalah orang yang sama.

Selain itu, ada masalah tempat asal. Betania ada di Yudea, sedangkan Magdala ada di Galilea.

Walau spekulasi yang mengatakan bahwa Maria meninggalkan rumahnya di Betania, pergi untuk tinggal di Magdala, dan setelah dia bertemu Yesus dia kembali ke Betania.

Tetap saja tidak dapat membuktikan dengan valid. Memang penjelasan Ini tidak bertentangan dengan salah satu bukti alkitabiah, tetapi hanya melampaui itu.

Apakah itu orang yang sama atau bukan, tidak penting

Mungkin yang penting bagi kita dalam diskusi tentang identitas Maria Magdalena dan Maria dari Betania adalah bukan, apakah mereka orang yang sama atau tidak?

Apa yang penting adalah bahwa Yesus melatih para wanita untuk mewartakan kabar baik tentang keselamatan. Dia memanggil pria dan wanita untuk melayani Injil.

Maria Magdalena muncul dan memainkan peran penting dalam narasi Injil. Dia menjadi murid yang luar biasa.

Dia menyaksikan kematian Yesus di kayu salib (Mat. 27:55, 56; Yohanes 19:25) dan turut membawa tubuh-Nya ke kubur (Mat. 27:60, 61).

Pada hari Minggu pagi dia adalah orang pertama yang pergi ke kubur Yesus, dan, melihat kubur itu kosong, pergi dan memberi tahu para murid bahwa seseorang telah mengambil mayat Yesus (Yohanes 20:1, 2).

Murid-murid lain datang dan menemukan bahwa tidak ada lagi mayat Yesus, tetapi Maria tetap tinggal dan dia orang pertama yang melihat Yesus telah bangkit (ayat 15).

Yesus menugaskannya untuk memberi tahu para murid bahwa Dia telah dibangkitkan (ayat 17).

Dia dan wanita-wanita lain pergi kepada para murid dan mengumumkan bahwa Tuhan telah bangkit (Yohanes 20:18; Mat 28:7; Luk 24:9).

Yesus menggunakan para Wanita untuk mewartakan bahwa Yesus hidup. Wanita dapat menjadi alat Tuhan yang luar biasa dalam pengabaran injil.

Jadi apa yang dapat kita simpulkan dari topik ini adalah bahwa kita tidak cukup informasi yang akurat tentang identitas Maria dari Betani dan Maria dari Magdala, apakah mereka orang yang sama.

Orang yang sama atau bukan tidak lah penting. Maria-Maria ini telah menunjukkan bagaimana hidup sebagai orang beriman.

Maria dari Betania senang duduk dekat kaki Yesus. Dia meminyaki Yesus dengan minyak yang mahal. Yesus berkenan kepadanya.

Maria Magdalena, telah disembuhkan dari penyakitnya dan dia mengikut Yesus dan menggunakan kekayaannya untuk pelayanan.

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *