Apakah Dosa Itu?

Teologi Tentang Dosa: Ajaran Alkitab Kejadian 3

Apakah Kejahatan itu?

Kejahatan adalah ketiadaan hal yang baik; sebagai lawan dari penyimpangan dari yang baik.

Kejahatan adalah suatu kekuatan yang merusakkan; suatu kekuatan antagonis atau negative Kejahatan adalah suatu parasit, suatu penyeruduk

Tidak ada alasan dan tidak ada penjelasan logika tentang eksistensi kejahatan; kejahatan adalah suatu kekuatan yang hidup tapi tak dapat diterangkan; asal mulanya adalah suatu misteri; pengetahuan tentang penjelasan hal itu terdapat dalam Yehezkiel 28:12-19; Yesaya 14:12-15; Yohanes 8:44; 1 Yohanes 3:8; Lukas 4:5-8; 10:18.

Tanggung jawab apabila berdosa – Yakobus 1:13-1

Kejahatan tidak bisa diatasi dengan argumentasi atau paksa, tetapi oleh kasih, kebenaran, keadilan, pengorbanan, kerendahan hati.

Allah kita adalah Allah kasih, kebenaran, keadilan, damai, sukacita, kebebasan, keserasian, dan keteraturan.

Kejahatan adalah suatu kekuatan yang menghancurkan diri sendiri; tidak ada kehidupan didalam kejahatan. Kasih, kebenaran dan keadilan Allah akan menang!

Anatomi dosa (Kejadian 3)

Setan menciptakan gambaran yang palsu tengtang Allah. Tujuannya untuk mendiskreditkan Dia, untuk mentertawai Dia, untuk menciptakan Dia sebagai Monster. Untuk menciptakan keragu-raguan; menaburkan sikap tidak percaya.

Untuk menampilkan suatu pertentangan yang nyata; untuk menyerang Dia, menyangkal keabsahan Firman-Nya; untuk melawan hukum-Nya. Untuk menawarkan sesuatu yang kelihatan lebih baik.

Pertama-tama setan mendapatkan pikiran kita, untuk mempengaruhi cara pemikiran kita dan mengambil alih tingkah laku dan perbuatan kita; pertempuran yang paling menentukan ialah di dalam pemikiran kita, cara berpikir kita.

Apakah Dosa itu?

1. Suatu hubungan yang terputus dengan Allah

2. Usaha untuk hidup terlepas Dari Allah

3. Suatu usaha untuk hidup mandiri tanpa Allah

4. Hubungan iman yang terputus

5. Melanggar hukum Allah dalam pikiran anda – kejadian 3:1-7; Roma 14:23; Bil 20:12.

6. Suatu pelanggaran hukum; ketidak patuhan; kecongkakan, pemberontakan, secara sombong menolak firman dan kehendak Allah – 1 Yoh 3:4; 1 Sam 15:23.

7. Suatu kelalaian untuk berbuat baik; tidak melakukan apa yang baik; suatu sikap acuh tak acuh – Yak 4:17.

8. Suatu keadaan alamiah karena kita dilahirkan demikian – Roma 7:14-20; Maz 51:5; 58:3. Tidak percaya pada Yesus Kristus; suatu penolakan kegiatan keselamatan kita – Yoh 16:8-9.

Ringkasan:

Dosa adalah suatu hubungan yang terputus, perbuatan, jahatnya hati dan kuasa yang memperbudak – Roma 1:18 -3:20; kej 6:5; Yes 1:5-6; Yer 11:8; Mat 7:18-23; Roma 5 – 8.

Dosa adalah suatu kecongkakan, sifat mementingkan diri sendiri, pemusatan pada diri sendiri, pembenaran diri sendiri. Dosa adalah suatu sikap keras kepala – Hosea 4:16.

Apakah konsekuensi dosa?

Paling sedikit dibagi dua bagian

Negatif
• Mata mereka terbuka – mereka melihat kenyataan hidup secara berbeda (kehilangan sifat tidak berdosa) – Kejadian 3:7
• Mereka takut kepada Allah – hubungan terputus dengan Allah; mereka bersembunyi dari Allah – kej 3:10
• Mereka melihat bahwa ketelanjangan mereka (rasa bersalah) – hubungan yang putus pada mereka sendiri.
• Mereka mempersalahkan orang lain karena kesalahan mereka – hubungan putus dengan sesama manusia (dimensi horizontal) – kej 3:12; 4:5-8
• Kematian – hubungan terputus dari kehidupan – kejadian 2:17; 3:3; Roma 3:23
• Mereka kehilangan kesanggupan untuk membedakan yang baik dan yang jahat; mereka membutuhkan hukum dan peraturan tertulis agar bisa membedakan yang benar dan yang salah – kejadian 3:5, 22.
• Hubungan yang terputus dengan alam – tanah menghasilkan duri dan onak; eksploitasi tanah; pengrusakan tanah – kejadian 3:18; 6:11
• Kekerasan, kesakitan, dll – kejadian 6:11-13.

Positif
Allah mempunyai suatu penyelesaian untuk masalah dosa – prosesnya jangka panjang, tetapi pasti mendatangkan kemenangan.

Kejadian 3:15 – PROTO-INJIL. Permusuha terhadap kejahatan dan kedatangan benih =MESIAS=Penebus=Juruslamat.

Kematian-Nya yang sukarela akan mengalahkan dan akhirnya menghancurkan musuh kita – setan, dan setiap orang dan segala sesuatu yang berkaitan dengan setan.

Panggilan Allah yang penuh rahmat “ dimanakah engkau?” Kej 3:9. Yoh 3:16; Roma 5:8; 2 Kor 5:21. Dan kepastian kemenangan akhir – Wahyu 12:7-12.

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.