Pastordepan Media Ministry
Beranda Renungan Apakah Arti Pernyataan Yesus di Matius 16:28?

Apakah Arti Pernyataan Yesus di Matius 16:28?

“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya.” Matius 16:28

Yesus pasti datang dan akan memberikan upah kepada setiap orang berdasarkan perbuatannya. Pekabaran itu merupakan puncak dari pesan Yesus kepada murid-murid.

Mereka harus siap menderita karena Yesus. Namun mereka tidak perlu kecewa, karena upahnya jauh lebih indah dan luar biasa.

Sementara Dia masih berbicara dengan mereka, Yesus menegaskan bahwa diatara mereka yang hadir, ada yang tidak akan mati sebelum melihat anak manusia datang sebagai raja.

Nampaknya perkataan ini membingungkan karena menekankan kepastian kedatangan-Nya, dengan menyatakan bahwa akan ada yang tidak akan mati sebelum melihat Yesus datang sebagai raja.

Karena selama hidup para rasul, Yesus tidak pernah kembali untuk mendirikan kerajaan-Nya.

Dan Semua murid Yesus sudah lama meninggal, jadi entah Matius salah atau kata “kedatangan” yang dimaksud bukanlah peristiwa kedatangan kedua kali?

Ada banyak pandangan tentang ayat ini, tetapi yang paling memungkinkan adalah Yesus merujuk kepada transfigurasi Yesus.

Transfigurasi ini terjadi sekitar seminggu setelah pernyataan ini, menyiratkan bahwa peristiwa itu adalah penggenapan dari perkataan Yesus.

Transfigurasi adalah peristiwa dimana Yesus dimuliakan diatas gunung, serta bertemu Musa dan Elia. Muka-Nya bercahaya dan penuh dengan kemuliaan.

Itu disaksikan oleh Petrus. Yohanes dan Yakobus. Mereka hadir disana..

Transfigurasi akan menjadi pengalaman yang mulia (17:2, 5), tetapi itu hanyalah gambaran sementara tentang apa yang akan terjadi dengan kekekalan ketika Yesus kembali ke bumi.

Ini merupakan demonstrasi mini dari kerajaan kemuliaan Allah.

Dalam 2 Pet. 1:16–18, Petrus tampaknya merenungkan keikutsertaannya dalam kemuliaan transfigurasi, Ketika Yesus dimuliakan..

Peristiwa itu sebagai kekuatan yang meneguhkan akan kuasa Kristus. Berikut dia menuliskan pengalamannya..

Baca Juga

Arti Menyangkal dan Memikul Salib Yesus di Matius 16:24

Arti Menyelamatkan Nyawa akan Kehilangan Nyawa

Memperoleh Seluruh Dunia tapi Kehilangan Nyawa

“Sebab kami tidak mengikuti dongeng-dongeng isapan jempol manusia, ketika kami memberitahukan kepadamu kuasa dan kedatangan Tuhan kita, Yesus Kristus sebagai raja, tetapi kami adalah saksi mata dari kebesaran-Nya.

Kami menyaksikan, bagaimana Ia menerima kehormatan dan kemuliaan dari Allah Bapa, ketika datang kepada-Nya suara dari Yang Mahamulia, yang mengatakan: “Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.”

Suara itu kami dengar datang dari sorga, ketika kami bersama-sama dengan Dia di atas gunung yang kudus.”

Dengan demikian, ayat ini..

“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya…”

Tidak merujuk kepada kedatangan Yesus kedua kali, melainkan kepada transfigurasi Yesus.

Orang yang dimaksud yang tidak akan mati sebelum melihat Anak Manusia datang sebagai raja adalah Petrus, Yohanes dan Yakobus..

(Atau jika Anda memiliki jawaban lain mengenai ayat ini, boleh ditambahkan..)

Dan kita bisa kembangkan ayat tersebut, yaitu pada saat kedatangan Yesus kedua kali, banyak orang-orang percaya yang masih hidup akan menyaksikan dengan mata mereka sendiri kemuliaan kedatangan Yesus kedua kali..

Mereka tidak pernah mengalami kematian akibat dosa. Mereka akan diubahkan dan bersama-sama dengan orang percaya yang telah mati dan sudah dibangkitkan..

Akan naik ke awan-awan menyongsong Yesus diangkasa dan kita akan berjalan bersama Yesus menuju kerajaan Sorga yang Mulia.

Karena itu, marilah kita mengikuti Yesus dengan menyangkal diri dan memikul salib kita. Boleh jadi berat bagi kita mengikut Yesus, kita menderita karena Dia..

Mari kita tanggung semuanya dengan setia, karena Yesus memberi kita kekuatan. Penderitaan kita karena Yesus saat ini tidak seberapa dibanding upah yang akan kita terima..

Menyangkal diri dan memikul salib hingga Yesus datang..

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan