7 Fakta-Fakta Tentang Sorga Dalam Alkitab

APAKAH DAN DI MANAKAH SURGA ITU?

Ada beberapa orang menganggap bahwa “Surga” itu adalah fantasi kekanak-kanakan, suatu dongengan tentang apa yang terjadi sesudah kematian sekadar memberi kompensasi bagi diri sendiri atas kekecewaan dan duka yang di alami dalam hidup sekarang ini.

Yang lain berpendapat bahwa surga itu adalah suatu hal yang samar-samar dan tidak nyata keberadaannya, di mana “orang kudus” berjubah putih duduk di ujung embun atau pelangi untuk memainkan kecapi emas mereka.

Sebagian orang masih ada yang mensyukuri kepastian bahwa surga adalah rumah yang nyata dan kegenapan impian-tempat kesukaan dan kepuasan kekal.

Sekarang, apakah kata Alkitab mengenai sorga?

Alkitab menggunakan istilah “surga” dalam tiga tingkatan:

Surga Pertama: Awan-awan di mana burung terbang. (Kej. 1:6-8; Why. 19:17).

Surga Kedua: Langit yang penuh bintang. Di mana matahari dan planet-planet mengorbit (Mzm. 8:3; Why. 6:13; Kej. 15:5).

Surga Ketiga: Taman Firdaus. Tempat tinggal Allah. (2 Kor. 12:2-4; 1 Raj. 8:30; Mat. 6:9).

Kalau ada surga “ketiga,” tentu harus ada surga “kedua” dan surga “pertama.” Jika kita sudah mengerti fakta yang mendasar ini, kita sudah memperoleh kunci yang penting kepada kebenaran Alkitab tentang surga.

Dalam pelajaran ini kita akan mendalami tentang “surga” dalam arti tingkat ketiga-tempat tinggal Allah-yang juga akan menjadi rumah kekal bagi anak-anak-Nya yang sudah ditebus.

Jika kita membuka Alkitab, kita akan mendapati tujuh fakta yang menggembirakan hati tentang Surga:

FAKTA 1.-SURGA ADALAH TEMPAT YANG NYATA

Yohanes 14:1-3: “Aku pergi untuk menyediakan tempat bagimu.” Matius 5:12: “Upahmu besarlah di sorga.” Lukas 15:7, 10: “Demikian juga akan ada sukacita di sorga di hadapan malaikat-malaikat Allah.” Lukas 10:20: “Bersukacitalah, karena namamu ada terdaftar di sorga.”

FAKTA 2.-SURGA ADALAH TEMPAT YANG DISEDIAKAN

Yohanes 14:1-3: “Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimuMatius 25:34: “Terimalah Kerajaan yang telah disediakan.” Ibrani 11:13-16: “la telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka.”

Coba pikirkan mengenai kasih, kelemahlembutan, dan pemikiran yang mendorong persiapan rumah kita di surga.

FAKTA 3.-SURGA ADALAH TEMPAT YANG SUDAH KITA KENAL

Alkitab telah menjanjikan suatu rumah bagi anak-anak Allah di surga (1 Ptr. 1:4), dan juga menjanjikan bahwa orang yang lemah lembut akan mewarisi “bumi ini” (Matius 5:5).

Pada pandangan pertama kelihatannya hal ini seperti bertentangan hingga kita mengingat pada akhir Milenium yaitu sesudah api yang menyucikan itu selesai tugas, surga itu sebenarnya akan turun ke bumi. Planet yang sudah terkenal ini dan sudah dipulihkan kembali kepada keindahan Eden yang semula, akan menjadi “kemah” Allah, atau tempat tinggal Allah, dan rumah kekal bagi orang tebusan (Why 21:3, 5). Why. 21: 1, 2, 10: Yohanes melihat kota yang kudus turun dari surga dari Allah.

Why. 21:3: “Kemah Allah (Tempat tinggal Allah) ada di tengah-tengah manusia.”

Rm. 4:13: “Allah menjanjikan kepada Abraham bahwa ia akan “Mewarisi bumi ini.”

Ibr. 11:14, 16: Rumah orang tebusan disebut “Tanah air” tanah air yang lebih baik,” “suatu tanah air surgawi.”

Oleh karena persamaan yang sangat dekat dalam kondisi dan sifatnya Alkitab mencampuradukkan keterangan tentang “surga” yang sekarang ini, dengan keterangannya tentang “surga di atas bumi” yang akan segera datang. Inilah kunci kedua yang amat penting yang jika kita mengerti akan memperluas wawasan kita tentang kebenaran Allah mengenai Surga.

FAKTA 4.-SURGA ADALAH TEMPAT YANG BERSIH

Why. 21:27: “Tidak sesuatu yang najis”

Mat. 6:20: “Ngengat dan karat tidak merusaknya?”

1 Kor. 6:9,10: “Tidak ada orang pemabuk, penyembah berhala, orang penghujat atau orang najis.”

Mzm. 24:3-5: “Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya.”

FAKTA 5.-SURGA ADALAH TEMPAT YANG AMAN

Why. 22:14: “Semua penghuninya adalah pemelihara hukum.” Yes. 11:6-9: “Serigala akan tinggal bersama Domba.” Mat. 6:19, 20: “Tidak ada pencuri.”

Yes. 35:9: “Tidak ada binatang buas.” Why. 22:3: “Tidak akan ada lagi laknat.”

FAKTA 6.-SURGA ADALAH TEMPAT YANG BAHAGIA

Why. 21:4 “la akan menghapus segala air mata. Tidak akan ada lagi perkabungan, ratap tangis, dan dukacita.” Luk. 20:36: “Mereka tidak mati lagi.” Yes. 35:10: “Nyanyian dan dukacita yang kekal.” Yes. 65:17-25: “Akan lama menikmati hasil usaha tangan mereka.” Mzm. 16:11: “Sukacita berlimpah-limpah nikmat senantiasa.”

FAKTA 7.-SURGA ADALAH TEMPAT PERTEMUAN

1 Tes. 4:16-18: “Pertemuan di awan-awan.”

Mat. 24:30: “Umat pilihan Allah akan dikumpulkan dari keempat penjuru bumi.”

Yer. 31:15, 16 “Mereka akan kembali dari negeri musuh.”

1 Kor. 13:12: “Aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal.”

Kesimpulan

Mengapa menurut Anda, Allah memberikan kesempatan bagi kita untuk mendengar berita ajaib tentang surga?

Karena la ingin supaya kita menikmati kesukaan akan rumah-Nya yang kekal itu. Allah tidak pernah berusaha mengusir orang dari surga. la “Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal.” berusaha keras untuk mengumpulkan orang ke dalam kota itu. Yohanes 14:2:

banyak orang memberi sambutan atas undangan-Nya itu. Siapakah yang mau “Banyak tempat tinggal” menunjukkan bahwa Yesus mengharapkan menolak tawaran yang begitu indah? Kita harus mengambil keputusan untuk berada di antara rombongan yang bahagia itu.

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.