6 Fakta-Fakta Sungai Yordan Di Alkitab

Sungai Yordan sangat terkenal di Alkitab. Ada banyak peristiwa yang terjadi di sungai ini. Sejak jaman perjanjian lama sungai ini sering disebut dan banyak cerita menyertainya.

Berikut fakta-fakta tentang sungai Yordan

1. Sungai yang pertama kali diperkenalkan oleh Ayub.

Ayub dipercaya hidup sejaman dengan leluhur Israel (Abraham, Ishak, Yakub, sekitar 2100-1800 SM).

Kalau itu benar maka Ayub orang yang pertama memperkenalkan sungai Yordan. Sungai itu dia sebutkan di Ayub 40:23.

“Sesungguhnya, biarpun sungai sangat kuat arusnya, ia tidak gentar; ia tetap tenang, biarpun sungai Yordan meluap melanda mulutnya.”

2. Sungai yang aliran airnya pernah dibelah dua oleh Tuhan.

ketika Israel hendak menyeberang ke tanah Kanaan, mereka harus melewati sungai itu. Karena tidak ada jembatan, maka Tuhan membelah sungai itu dan mereka berjalan ditanah yang kering.

“Segera sesudah kaki para imam pengangkat tabut TUHAN, Tuhan semesta bumi, berhenti di dalam air sungai Yordan, maka air sungai Yordan itu akan terputus; air yang turun dari hulu akan berhenti mengalir menjadi bendungan.” Yosua 3:13-17.

3. Sungai tempat penyembuhan Naaman dari sakit kusta.

Naaman sakit kusta dan pergi ke Israel mencari kesembuhan. Elisa menyuruh dia mandi 7 kali di sungai Yordan.

“Elisa menyuruh seorang suruhan kepadanya mengatakan: “Pergilah mandi tujuh kali dalam sungai Yordan, maka tubuhmu akan pulih kembali, sehingga engkau menjadi tahir.” 2 Raja-Raja 5:10.

“Maka turunlah ia membenamkan dirinya tujuh kali dalam sungai Yordan, sesuai dengan perkataan abdi Allah itu. Lalu pulihlah tubuhnya kembali seperti tubuh seorang anak dan ia menjadi tahir.” 2 Raja 5:14.

4. Sungai yang airnya dibelah dua oleh Elia dengan memukulkan jubahnya ke sungai.

Ketika Elia hendak menyeberang sesaat Elia akan diangkat kesurga.

“Lalu Elia mengambil jubahnya, digulungnya, dipukulkannya ke atas air itu, maka terbagilah air itu ke sebelah sini dan ke sebelah sana, sehingga menyeberanglah keduanya dengan berjalan di tanah yang kering.” 2 Raja-raja 3:8.

5. Sungai tempat baptisan massal pertama diadakan oleh Yohanes Pembaptis

“Maka datanglah kepadanya penduduk dari Yerusalem, dari seluruh Yudea dan dari seluruh daerah sekitar Yordan. Lalu sambil mengaku dosanya mereka dibaptis oleh Yohanes di sungai Yordan.” Matius 3:5-6.

6. Sungai tempat Yesus dibaptiskan

Yesus ketika akan memulai pelayanan-Nya dibaptisakan oleh Yohanes pembaptis di Sungai Yordan bersama dengan ribuan orang lainnya.

“Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya. Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya..” Matius 3:13, 16.

Silahkan tambahkan daftarnya lainnya yang anda temukan.

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.