25 Ayat Alkitab untuk Mengatasi Kekuatiran Hidup

Rasa kuatir hal yang normal dialami oleh setiap orang. Tidak ada orang yang tidak pernah kuatir. Kuatir adalah rasa takut, gelisah, cemas terhadap sesuatu hal yang belum diketahui dengan pasti.

Kuatir bisa berdampak buruk jika tidak ditangani dengan baik. Kuatir itu bisa dikendalikan dan kita perlu dorongan, nasehat untuk membawa jaminan bahwa kita tidak perlu kuatir.

Berikut ayat-ayat Alkitab yang dapat membawa kita keluar dari rasa kuatir.

1. Kekuatiran membawa susah dan tidak menambah apa-apa

Luk 12:25 Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta pada jalan hidupnya? – Kuatir tidak menambah apa-apa

Mat 6:27 Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya? – Kuatir tidak menambah jalan hidup

Luk 12:26 Jadi, jikalau kamu tidak sanggup membuat barang yang paling kecil, mengapa kamu kuatir akan hal-hal lain? – Kuatir tidak mendatangkan apa-apa

Luk 10:41 Tetapi Tuhan menjawabnya: “Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara. – Kuatir membawa kesusahan.

Mzm 13:2  Berapa lama lagi aku harus menaruh kekuatiran dalam diriku, dan bersedih hati sepanjang hari? Berapa lama lagi musuhku meninggikan diri atasku? – Kuatir membawa kesedihan

Wawasan:

Kekuatiran tidak menambah apapun. Ketika kita kuatir, itu tidak memperpanjang umur atau menyelesaikan masalah. Yesus mengatakan bahwa kekuatiran tidak memperpanjang umur, malah justru memperpendek umur dan menambah penyakit.

Ketika Marta menjamu Yesus dan murid-murid-Nya, dia sibuk memasak didapur, dia kuatir para tamunya yang sudah kelaparan akan kecewa, karena itu dia bersungut-sungut terhadap Marta yang tidak membantu dia memasak supaya cepat selesai. Kekuatirannya ditegur oleh Yesus. Karena kekuatiran itu menyebabkan persungutan. Dan melayani dengan persungutan tidak menjadi berkat.

Kekuatiran menyebabkan kesedihan hati.

2. Akibat kuatir

Ams 12:25 Kekuatiran dalam hati membungkukkan orang, tetapi perkataan yang baik menggembirakan dia. – Kuatir merusak kesehatan.

Ayb 20:22 Dalam kemewahannya yang berlimpah-limpah ia penuh kuatir; ia ditimpa kesusahan dengan sangat dahsyatnya. – Kuatir menyebabkan kesusahan.

Mat 13:22 Yang ditaburkan di tengah semak duri ialah orang yang mendengar firman itu, lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah. – Kuatir merusak kerohanian.

Mrk 4:19 lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan dan keinginan-keinginan akan hal yang lain masuklah menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah. – Kuatir merusak kerohanian

Luk 8:14 Yang jatuh dalam semak duri ialah orang yang telah mendengar firman itu, dan dalam pertumbuhan selanjutnya mereka terhimpit oleh kekuatiran dan kekayaan dan kenikmatan hidup, sehingga mereka tidak menghasilkan buah yang matang. – Kuatir merusak kerohanian.

Wawasan:

Kekuatiran berdampak buruk, baik terhadap kesehatan maupun terhadap kerohanian. Salomo katakan membungkukkan. Harta yang banyak juga dapat menimbulkan kekuatiran dan akibatnya hati menjadi sudah.

Terhadap kerohanian, kekuatiran akan dunia, masa depan dll, akan menghimpit kebenaran Firman-Nya sehingga tidak bertumbuh dihati kita. Kerohanian kita menjadi kering bahkan kita hidup dalam kegelapan karena penarikan dunia.

3. Panggilan untuk tidak kuatir

Luk 12:22 Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu , akan apa yang hendak kamu makan, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. – Jangan kuatir Yesus menjamin hidup kita

Mat 6:28 Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal. – Jangan kuatir karena Yesus memelihara.

Mat 6:34 Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari. – Jangan kuatir hari esok, pikirkan saja hari ini.

1Ptr 5:7 Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu

1Kor 7:32 Aku ingin, supaya kamu hidup tanpa kekuatiran. Orang yang tidak beristeri memusatkan perhatiannya pada perkara Tuhan, bagaimana Tuhan berkenan. – Pusatkan hidup pada Tuhan kekuatiran akan sirna.

Flp 4:6   Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. – Serahkan kuatir pada Tuhan.

Mzm 55:22 Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah. – Serahkan kuatir pada Tuhan Dia memelihara.

Wawasan:

Yesus memanggil kita untuk jangan kuatir. Larangan kuatir ini disampaikan Yesus karena Dia menyediakan, memelihara kehidupan kita. Karena itu jangan kuatir. Kunci bebas dari kuatir menurut Yesus adalah cari dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya.

Jika kita kuatir serahkanlah semua kuatir itu kepada Tuhan, dan berdoalah kepada Tuhan, maka Tuhan akan memelihara kita dan memberkati hidup kita.

4. Kekuatiran Paulus

2Kor 12:20 Sebab aku kuatir, bahwa apabila aku datang aku mendapati kamu tidak seperti yang kuinginkan dan kamu mendapati aku tidak seperti yang kamu inginkan. Aku kuatir akan adanya perselisihan,  iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, fitnah, bisik-bisikan, keangkuhan, dan kerusuhan.

1Tes 3:5 Itulah sebabnya, maka aku, karena tidak dapat tahan lagi, telah mengirim dia, supaya aku tahu tentang imanmu, karena aku kuatir kalau-kalau kamu telah dicobai oleh si penggoda dan kalau-kalau usaha kami menjadi sia-sia.

2Kor 12:21 Aku kuatir, bahwa apabila aku datang lagi, Allahku akan merendahkan aku di depan kamu, dan bahwa aku akan berdukacita terhadap banyak orang yang di masa yang lampau berbuat dosa  dan belum lagi bertobat dari kecemaran, percabulan dan ketidaksopanan yang mereka lakukan.

Ams 25:26 Seperti mata air yang keruh dan sumber yang kotor, demikianlah orang benar yang kuatir di hadapan orang fasik.

Wawasan:

Rasul juga bisa kuatir. Kekuatiran Paulus bukan soal kehidupan sehari-hari. Bukan tentang dunia ini. Kekuatirannya adalah terhadap jemaat-jemaat yang tidak bertobat. Kuatir jika timbul perselisihan, iri hati, pertengkaran diantara mereka.

Kuatir mereka masih hidup dalam kecemaran hidup. Ini adalah kekuatiran yang positif, kuatir akan hal yang baik.

5. Katika dianiaya karena membela iman

Mat 10:19 Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga.

Luk 12:11 Apabila orang menghadapkan kamu kepada majelis-majelis atau kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa, janganlah kamu kuatir bagaimana dan apa yang harus kamu katakan untuk membela dirimu.

Mrk 13:11 Dan jika kamu digiring dan diserahkan, janganlah kamu kuatir akan apa yang harus kamu katakan, tetapi katakanlah apa yang dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga, sebab bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Kudus.

Wawasan:

Ada saat dimana kita harus berhadapan dengan orang-orang jahat karena iman kita. Yesus menasehatkan untuk tidak kuatir dan bersikap tenang, karena Roh Kudus akan mengaruniakan apa yang akan kita katakan.

Kata-kata pembelaan dan kesaksian yang benar yang akan membuka wawasan dan pemikiran orang-orang jahat ini dan kita akan berkata-kata dengan lancar tentang kebenaran kepada mereka.

6. Orang yang tidak kuatir akan diberkati

Yer 17:8 Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

Wawasan:

Orang benar tidak kuatir. Mereka akan diberkati dengan kelimpahan hidup, baik secara fisik dan rohani. walau musim berganti, krisis dan kekeringan terjadi, mereka akan terus berbuah karena tenang dalam menghadapi setian tantangan.

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.