20 Doa Untuk Di Doakan Selama Pandemik Corona

Karena COVID-19 telah dinyatakan sebagai pandemi global dan negara-negara telah mengambil langkah-langkah mendesak untuk membendung penyebaran infeksi.

Sebagai bagian masyarakat dunia, hati saya terdorong untuk berdoa dan sebisa mungkin turut membantu mengatasi penyebaran virus.

Krisis hari ini mendesak, dan kita merasa tidak berdaya. Tetapi semua ini adalah pengingat terbaik untuk berdoa.

Doa adalah cara kita secara aktif mempraktikkan kepercayaan kita, dengan begitu sederhana, dengan penuh percaya diri, bahwa Tuhan mengendalikan seluruh dunia di tangannya.

Di situlah kita “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” (Flp. 4: 6–7)

Doa tidak pernah menjadi pilihan terakhir umat Allah. Doa adalah tindakan pertama kita dalam menghadapi apapun.

Oleh sebab itu disini ada 20 daftar doa untuk didoakan selama pandemi ini. Masing-masing memenuhi kebutuhan spesifik komunitas tertentu.

Saya beruntung menjadi bagian dari sebuah gereja dengan banyak profesional medis, beberapa di antaranya memberi saya nasihat tentang cara terbaik untuk berdoa bagi mereka saat ini.

Krisis hari ini harus mendorong kita bahkan merubah cara kita berdoa selama.

Daftar ini tentu saja tidak komprehensif, tetapi ini adalah tempat yang baik untuk memulai. Harapan saya adalah bahwa kita dapat berdoa bersama.

Sebagai orang percaya kita yakin ada Tuhan yang memasang telinga-Nya untuk mendengarkan, jadi mari kita berdoa:

1. Untuk mereka sakit dan terinfeksi virus corona: Tuhan, menolong dan menyembuhkan. Memulihkan secara fisik dan rohani mereka.

2. Untuk penduduk yang rentan yaitu lansia: Tuhan, lindungi orang tua kita dan mereka yang menderita penyakit kronis.

3. Untuk yang muda dan yang masih kuat: Tuhan, beri mereka peringatan supaya mereka dapat menjaga diri mereka yang tanpa mereka sadarai dapat menyebarkan penyakit ini. Mengilhami mereka untuk dapat membantu.

4. Untuk pemerintahan kita dari presiden hingga desa: Tuhan, bantu para pejabat kami ketika mereka mengalokasikan sumber daya yang diperlukan untuk memerangi pandemi ini.

Bantu mereka Tuhan untuk memberikan lebih banyak tes dan menyediakan APD bagi para petugas medis.

5. Untuk komunitas para ahli kita: Tuhan, beri mereka pengetahuan, kebijaksanaan, untuk menemukan obat dan vaksin virus corona.

6. Untuk media, supaya mereka berkomitmen untuk menyediakan informasi terbaru: Tuhan, bantu mereka memberitakan dengan dengan baik, jujur tanpa menimbulkan kepanikan.

7. Untuk para pencari berita, yang mencari informasi lengkap: Tuhan, bantu kami menemukan informasi yang baik dan tepat, supaya kita tidak penyebar berita hoax.

Jauhkan kami dari kecemasan dan kepanikan, dan memungkinkan kami untuk menerapkan strategi yang direkomendasikan, bahkan dengan biaya sendiri.

8. Bagi mereka yang memiliki tantangan kesehatan mental yang merasa terisolasi, cemas, dan tak berdaya: Tuhan, berikan mereka setiap dukungan yang diperlukan.

9. Untuk para tunawisma, yang tidak dapat mempraktikkan protokol menjaga jarak: Lindungi mereka dari penyakit, dan sediakan tempat penampungan terisolasi di setiap kota.

10. Untuk pelancong internasional yang terjebak di negara asing: Tuhan, bantu mereka pulang dengan selamat dan cepat.

11. Untuk para misionaris Kristen di seluruh dunia, terutama di daerah-daerah dengan tingkat infeksi tinggi: Tuhan, berikan mereka kata-kata harapan, dan perlengkapi mereka untuk mengasihi dan melayani mereka yang ada di sekitar mereka.

12. Untuk pekerja di berbagai industri yang menghadapi PHK dan kesulitan keuangan: Tuhan, jauhkan mereka dari kepanikan, dan berikan inspirasi kepada gereja Anda supaya dengan murah hati mendukung mereka.

13. Untuk keluarga dengan anak kecil di rumah: Tuhan, bantu ibu dan ayah untuk bermitra bersama secara kreatif untuk merawat dan pertumbuhan anak-anak mereka. Untuk ibu dan ayah janda atau duda, tumbuhkan jaringan dukungan bagi mereka.

14. Untuk orang tua yang tidak dapat tinggal di rumah karena harus bekerja mencari nafkah tetapi untuk anak-anak mereka: Tuhan, berikan mereka solusi yang kreatif.

15. Bagi mereka yang membutuhkan terapi dan perawatan rutin yang sekarang harus ditunda: Tuhan, bantu mereka untuk tetap sabar dan positif.

16. Untuk para pemimpin bisnis yang membuat keputusan sulit yang mempengaruhi kehidupan karyawan mereka: Tuhan, berikan mereka hikmat dan kebijaksanaan, dan bantu mereka untuk menjadi pemimpin yang mau mengorbakan diri.

17. Bagi para pendeta dan pemimpin gereja yang dihadapkan dengan tantangan jarak sosial: Tuhan, bantulah mereka secara kreatif bagaimana cara menggembalakan jemaat mereka dengan baik walaupun tidak dapat bertemu secara fisik.

18. Untuk mahasiswa dan pelajar, yang program studinya berubah, belajar dari rumah, yang kelulusannya tidak pasti: Tuhan, tunjukkan kepada mereka bahwa sementara hidup tidak pasti, kepercayaan mereka ada pada Tuhan.

19. Bagi orang Kristen di setiap lingkungan, komunitas, dan kota: Semoga Roh Kudus akan mengilhami kita untuk berdoa, memberi, mengasihi, melayani, dan memberitakan Injil, agar nama Yesus Kristus dimuliakan di seluruh dunia.

20. Untuk petugas layanan kesehatan garis depan, kami berterima kasih atas panggilan khusus anda untuk melayani kami. Kami juga berdoa:

• Ya Tuhan, jaga mereka tetap aman dan sehat. Jaga agar keluarga mereka aman dan sehat.

• Ya Tuhan, bantulah mereka untuk memiliki pengetahuan tentang diagnosis dan perawatan penyakit ini, serta protokol yang berubah.

• Ya Tuhan, bantu mereka untuk tetap berpikiran jernih di tengah kepanikan yang ada di sekitar mereka.

• Tuhan, bebaskan mereka dari kecemasan untuk orang yang mereka cintai (orang tua yang sudah lanjut usia, anak-anak, pasangan, teman sekamar).

• Tuhan, beri mereka belas kasih untuk setiap pasien dalam perawatan mereka.

• Tuhan, sediakanlah untuk mereka secara finansial, terutama jika mereka jatuh sakit dan tidak dapat bekerja.

• Ya Tuhan, tolonglah orang-orang Kristen dalam perawatan kesehatan untuk menunjukkan kedamaian yang luar biasa, sehingga banyak orang akan bertanya tentang alasan harapan mereka. Beri mereka kesempatan untuk memberitakan Injil.

Ya Tuhan, kami percaya bahwa Tuhan baik dan akan melakukan yang baik. Ajari kami untuk menjadi orang-orang yang setia kepada-Mu di masa krisis global ini.

Bantu kami untuk mengikuti jejak gembala Agung kami, Yesus, yang menyerahkan nyawanya demi kasih-Nya untuk kami.

Dimuliakanlah nama-Mu, jadilah kehendak-Mu. Amin

Jen Pollock Michel adalah penulis Teach Us to Want, Keeping Place, dan Surprised oleh Paradox. Dia tinggal bersama suaminya dan kelima anaknya di Toronto. Bagian ini diadaptasi dari blog terbarunya.

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.