12 Tanda-Tanda Dunia Segera Kiamat

Kita yakini bahwa dunia ini akan berakhir sesuai dengan nubuatan alkitab.  Alkitab mengatakan bahwa dunia ini suatu waktu akan kiamat.   Namun sebelum itu terjadi Yesus memberikan amaran bahwa sebelum kiamat terjadi harus ada dulu tanda-tanda yang akan mengawalinya. 

Sama seperti hujan selalu diawali dengan awan gelap dilangit dan angin barulah turun hujan.  Demikian juga dengan hari kiamat akan diawali dengan tanda-tanda peristiwa-peristiwa yang akan terjadi yang menyatakan bahwa kiamat akan segera tiba.

Kita ketahui bahwa hari kiamat itu adalah kedatangan Yesus kedua kali kedunia ini, untuk mengakhiri dosa dan membawa orang-orang benar kedalam kerajaan Sorga. 

Oleh karena itu, tanda-tanda kiamat yang di dengungkan dalam alkitab dapat kita pelajari di Matius 24.

Pada matius 24:3, murid-murid bertanya apakah TANDA kedatangan-Mu dan  dan tanda kesudahan dunia?

Berikut Yesus menjabarkan 12 tanda-tanda yang akan terjadi sebelum dunia kiamat.

1. TANDA pengejek-pengejek (2 Petrus 3:3,4)

Petrus mengatakan bahwa keadaan pada akhir zaman adalah kebimbangan secara umum tentang kedatangan Kristus.  Hal ini benar terjadi pada zaman ini.  Setiap pengejek modern adalah suatu tanda yang berjalan dan berbicara tentang kedatangan Tuhan.

2. TANDA PEPERANGAN (Matius 24:6,7)

Pada abad ke 20, kita telah menyaksikan dua perang dunia yang paling banyak merusak dalam sejarah (1914-1918 dan 1939-1945).  Jumlah korban perang mencapai 70 juta jiwa yang terbunuh, termasuk luka-luka dan yang hilang.  Dan sampai saat ini, tidak ada Negara yang benar-benar bebas Dari perselisihan, sejak perang dunia berakhir.

Tahun 1900 sampai tahun 1985 adalah zaman pertumpahan darah yang paling tinggi dalam sejarah.  disamping perang dunia pertama dan kedua, perang lokal, saudara banyak terjadi dan sangat mengerikan. 

Seorang pengamat berkata, “tidak ada yang betul-betul damai sejati sejak genjatan senjata ditanda-tangani tahun 1918.”

3. TANDA KELAPARAN

Pada 20 kita telah menyaksikan empat kali bencana kelaparan terjadi paling besar yang di catat dalam sejarah (Rusia 1921 dan 1933; Cina 1928-1930, Benggali 19434-1944). 

Bencana ini telah memakan korban sebanyak 20 juta jiwa).  Sejarah juga mencatat, antara tahun 70 an sampai 80 an bencana kekeringan dan kelaparan di Afrika Tengah dan Afrika utara memuncak, PBB mengumumkan ada 120 juta jiwa dalam bahaya kematian.

Ledakan penduduk dunia juga akan menjadi ancaman kekurangan pangan.  Sementara manusia semakin bertambah, lahan pertanian akan semakin sempit dan berkurang, ditambah lagi musim-musim yang akan semakin buruk, hal ini akan menjadi ancaman besar bagi kelangsungan hidup manusia.

4. TANDA BALA SAMPAR (Matius 24:7)

Pada awal abad 20, terjadi satu bala sampar atau penyakit yang mewabah secara luas yang dicatat dalam sejarah.  penyakit menular influenza Spanyol tahun 1918, yang memakan korban kurang lebih 21 juta orang. 

Penyakit-penyakit mewabah seperti ini dari tahun ketahun semakin meningkat dan bertambah banyak jenisnya.  Virus HIV/AIDs dengan cepat segera menjalar keseluruh dunia. 

Tidak adan Negara saat ini yang tidak terjangkit oleh virus mematikan ini.  Jutaan orang telah tewas dan lebih banyak lagi saat ini yang terjangkit virus ini. 

Virus flu burung yang juga pernah mewabah dan menewaskan banyak manusia.  Anda bisa manambahkan daftar-daftar tersebut.

5. TANDA GEMPA BUMI (Matius 24:7).

Pada abad 20 awal sejarah mencata gempat besar pernah terjadi. Cina tahun 1920 menelan korban 180 ribu jiwa, Jepang 1923 ada 1,5 juta korban dan 200 ribu meninggal.  Gempa bumi jepang waktu itu disebut sebagai bencana tunggal terbesar sesudah air bah.

Fakta sejarah yang terjadi dari tahun ketahun adalah tren peningkatan gempa yang semakin sering terjadi dari tahun ketahun, mulai dari gempa skala kecil hingga gempa skala besar dengan jumlah korban yang banyak. 

Tahun 2004 akhir di Indonesia, gempa disertai tsunami memakan korban mencapai 200 ribu jiwa, tidak lama setelah itu gempa di Haiti, chile. 

Setelah itu di susul gempa tsunami di jepang dengan kekuatan yang dahsyat memporak porandakan Jepang dengan korban jiwa yang banyak. 

Berikut daftar gempa dari masa kemasa yang di catat Wikipedia klik disini.

6. TANDA PENGETAHUAN (Daniel 12:4)

Dewasa ini ditandai dengan ledakan pengetahun manusia di segala bidang.  Manusia telah membuat kemajuan yang luar biasa dalam ilmu pengetahuan, penemuan, obat obatan, transportasi, komunikasi, dll.

Kemajuan pengetahuan saat ini membuat dunia ini serasa kecil dan pendek.  Hanya dengan sebuah alat komunikasi ditangan anda dunia dalam genggaman anda. 

Kemajuan pengetahuan membuat dunia ini bergerak dengan cepat.  Saat ini anda bisa terbang menjelajah antar Negara dalam waktu yang singkat.  Perjalanan-perjalanan yang dulu membutuhkan waktu lama saat ini bisa ditempuh dengan cepat.

7. TANDA ZAMAN BERBAHAYA (2 Timotius 3:1-3)

Dunia saat ini adalah dunia yang sangat berbahaya.   Kapan saja dimana saja, kita dapat menjadi korban kejahatan, penipuan, perampokan, pembunuhan, pemerkosaan dll. 

Tidak ada yang menjamin bahwa anda akan aman seterusnya dari kejahatan.  Walaupaun pemerintah berusaha dengan keras memberantas kejahatan, namun hal itu tidak akan pernah menghentikan tindak kriminalitas yang justru semakin meningkat dari waktu-kewaktu.

8. TANDA PENCEMARAN (Wahyu 11:18)

Sejak tahun 1950 umat manusia tersentak dengan bahaya global yang baru dan berbahaya yaitu Polusi lingkungan.  Polusi lingkungan sebagai dampat penerapan kemajuan teknologi yang tidak bertanggung jawab. 

Polusi menjadi ancaman kematian kedua sesudah perang nuklir dalam ukuran dan kengerian yang aman besar.

Sampah nuklir, sampah kimia, obat pemberantas jamur dan obat penggugur daun, semuanya mencemari lingkungan  hidup manusia.  Asap pabrik-pabrik dan kendaraan membuat udara tercemar.  Sungai-sungai, danau dan laut sudah tercemar oleh limbah-limbah kimia. 

Hutan-hutan yang gundul membuat lingkungan kita semakin parah, dan bila semua ini dibiarkan terjadi maka manusia akan musnah sendiri.

9. TANDA KETAKUTAN (Lukas 21:25,26)

Zaman ini adalah masa yang penuh ketakutan.  Semenjak tahun 1945 manusia di hantui dengan baying-bayang nuklir.  Sekarang ini manusia di hantui rasa takut kekerasan dan terorisme. 

Sewaktu-waktu bom-bom bisa saja meledak dimana saja.  Kita sudah melihat bagaimana kekerasan ini muncul tiba-tiba tanpa kita ketahui dan membunuh banyak manusia yang tidak bersalah.

Hal yang membuat manusia semakin takut, kemungkinan para teroris menyalah gunakan nuklir dan meledakkannya untuk suatu pembunuhan massal.

10. TANDA KECEMASAN (Lukas 21:25,26)

Yesus meramalkan bahwa pada akhir zaman ini kita akan melihat perkembangan suatu krisis dalam permasalahan manusia yang pengobatannya dan pengendaliannya di luar kuasa manusia.

Ia menggunakan istilah KECEMASAN.  Bhs Yunani APORIA, artinya TIDAK ADA JALAN KELUAR; tidak ada pemecahanya. Krisis yang tak bisa di obati sendang mengancam kita. 

Manusia tidak mempunyai jalan penyelesaian untuk masalah-masalah yang timbul, apakah itu masalah politik, social, ekonomi, lingkungan, moral dll. 

Semua teknolongi tinggi tidak dapat membawa kita keluar dari kecemasan karena situasi dunia yang tidak jelas.  Dunia kita ini ibarat seekor gajah yang sedang tergantung pada tepi bukit dan ekornya terikat pada sebatang pohon kembang. 

Artinya krisis dunia yang semakin mengkwatirkan membuat manusia berada dalam kecemasan.

11. TANDA INJIL (Matius 24:14)

Selama seratus tahun terakhir melalui media cetak pesawat udara, radio, televise dan internet, penyebaran injil diseluruh dunia semakin cepat terjadi. 

Saat ini sebuah kotbah injil dapat di saksikan oleh jutaan orang dimana saja.  Alkitab telah diterjemahkan dalam 1800 bahasa manusia dan tersebar diseluruh dunia. 

INJIL AKAN DIBERITAKAN BARULAH TIBA KESUDAHANYA. Jadi salah satu tanda kiamat adalah bila injil sudah tersiar keseluruh penjuru dunia dan ini sudah terjadi saat ini.

12. TANDA “SEMUANYA ITU” Lukas 21:28-32.

Setelah segala tanda yang mengesankan itu, ada beberapa orang yang suka mendebat: “ tetapi kejahatan dan peperangan, gempa bumi, bala sampar, semuanya itu selalu terjadi. 

Tidak ada yang luar biasa dalam malapetaka ini: karena itu bagaimana kita bisa menerima ini sebagai tanda? Selain itu orang yang beriman jaman dulu telah mengharapkan Yesus datang pada zaman mereka dan mereka mengalami kekecewaan.

Mereka salah menafsirkan tanda-tanda itu.  Mungkinkah kita membuat kesalahan yang sama?

Mereka yang mengajukan pertanyaan ini lupa perbedaan antara generasi sekarang dengan generasi yang sudah lalu.  Jawabannya sangat sederhana:

Pada zaman ini untuk pertama kalinya semenjak Yesus terangkat kesorga, Semua tanda akhir zaman terhadi secara bersamaan.  Satu atau dua diantara tanda ini mungkin sudah terjadi pada generasi sebelumnya, tetapi belum pernah terjadi secara serentak seperti kita lihat sekarang ini.

Yesus tidak pernah meminta kita untuk mempercayai dekatnya hari kiamat berdasarkan satu tanda saja.  Satu gumpalan salju tidak cukup untuk membentuk gunung salju. 

Tetapi kalau semua tanda yang cepat dan bertambah-tambah secara bersamaan memberi kesaksianya, mereka semua akan menjadi gunung dengan kekuatan yang tidak bisa ditahan.

Kesimpulan

Mengapa Tuhan memberikan kesempatan bagi kita untuk mendengar pekabaran yang besar ini? Supaya kita bisa mengenali tanda-tanda zaman dan supaya kita bersedia menyambut kedatangan-Nya dengan sukacita.

”Apabila semuanya ini mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat.”

Lukas 21;28
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *