10 Gunung Terkenal di Alkitab dan Peristiwa yang Ada Disana

Bagi para pendaki dan pecinta gunung, Anda harus ketahui beberapa gunung terkenal di Alkitab. JIka ada kesempatan Anda harus mendakinya.

Dalam Alkitab gunung dianggap sebagai tempat “dekat dengan Tuhan”, gunung dan bukit memiliki arti penting bagi budaya Yahudi dan Kristen.

Di dalam Alkitab, gunung disebutkan lebih dari 500 kali, dan sekitar sepertiga dari gunung-gunung yang disebutkan dalam Kitab Suci memiliki setidaknya satu peristiwa besar yang terjadi pada mereka.

Berikut 10 gunung dan peristiwa yang ada disana

1. Gunung Ararat (3896 m)

“Dalam bulan yang ketujuh, pada hari yang ketujuh belas bulan itu, terkandaslah bahtera itu pada pegunungan Ararat.” Kejadian 8:4.

Setelah air bah melanda bumi. Bahter Nuh mendarat di gunung Ararat menunggu air surut.

2. Gunung Sinai (2285 m)

Keluaran 19 and 20, Bilangan 3, Nehemia 9:13,14

“Lalu turunlah TUHAN ke atas gunung Sinai, ke atas puncak gunung itu, maka TUHAN memanggil Musa ke puncak gunung itu, dan naiklah Musa ke atas.” Keluaran 19:20.

Di Gunung ini Tuhan memberikan 10 Hukum kepada Musa.

3. Gunung Gerizim (881 m)

Ulangan 11:29, Yosua 8:33, Yohanes 4:19-21, Hakim-hakim 9:7

“Jadi apabila TUHAN, Allahmu, telah membawa engkau ke negeri, yang engkau masuki untuk mendudukinya, maka haruslah engkau mengucapkan berkat di atas gunung Gerizim dan kutuk di atas gunung Ebal.” Ulangan 11:29.

Disebutkan beberapa kali dalam Perjanjian Lama, gunung ini adalah tempat orang Israel memproklamirkan berkat sebelum memasuki tanah perjanjian.

Di gunung yang sama, Yotam menyampaikan perumpamaan tentang pohon. Dalam Perjanjian Baru, Gunung Gerizim tidak disebutkan namanya, tetapi tersirat dalam percakapan antara Yesus dan wanita Samaria.

4. Bukit Zaitun (826 m)

Lukas 22:39, Kisah Para Rasul 1:9-12, 2 Samuel 15:30

“Lalu pergilah Yesus ke luar kota dan sebagaimana biasa Ia menuju Bukit Zaitun. Murid-murid-Nya juga mengikuti Dia.” Lukas 22:39.

Banyak peristiwa terjadi di gunung ini ketika Yesus ada di bumi. Di gunung ini Dia berdoa sebelum penyaliban dan dari gunung ini Dia naik ke surga. Di sinilah juga Daud melarikan diri dari para penganiayanya.

5. Gunung Nebo (808 m)

Ulangan 32:49, 34:1

“Naiklah ke atas pegunungan Abarim, ke atas gunung Nebo, yang di tanah Moab, di tentangan Yerikho, dan pandanglah tanah Kanaan yang Kuberikan kepada orang Israel menjadi miliknya.” Ulangan 32:49.

Dari gunung ini, Musa melihat tanah perjanjian. Di sini dia juga meninggal dan dikuburkan oleh Tuhan.

6. Gunung Moria (768 m)

Kejadian 22:2, 2 Tawarikh 3:1

Firman-Nya: “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.” Kejadian 22:2.

Di gunung ini Abraham harus mengorbankan Ishak dan di mana Salomo membangun bait Allah.

7. Gunung Sion (740 m)

2 Samuel 5:1-10, 1 Raja-raja 8:1

Kata Sion muncul 150 kali dalam Alkitab. Kata ini sebagian besar digunakan dalam arti teologis dan spiritual, mengacu pada Yerusalem, Bait Suci yang dibangun oleh Salomo, Israel, surga atau umat Tuhan.

8. Gunung Tabor (575 m)

Matius 17:1-9

“Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja.” Matius 17:1.

Dikenal sebagai Gunung dimana Yesus berubah rupa, dimuliakan di atas gunung, berubah wajah menjadi bersinar-sinar dan kelihatan berbicara dengan Musa dan Elia.

9. Gunung Karmel (546 m)

1 Raja-raja 18:16-46, 2 Raja-raja 2:25

“Sebab itu, suruhlah mengumpulkan seluruh Israel ke gunung Karmel, juga nabi-nabi Baal yang empat ratus lima puluh orang itu dan nabi-nabi Asyera yang empat ratus itu, yang mendapat makan dari meja istana Izebel.” 1 Raja-raja 18:19.

Gunung dimana Elia menantang para nabi Baal.

10. Gunung Kebahagiaan (200 m)

Matius 5:1

“Ketika Yesus melihat orang banyak itu, naiklah Ia ke atas bukit dan setelah Ia duduk, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya.”

Latar untuk khotbah Yesus yang paling terkenal, baca dalam Matius 5-7. Lokasinya diyakini berada di sebuah bukit bernama Gunung Eremos di Israel utara.

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.