10 Cara Membantu Orang Lain Selama Pandemi Virus Corona

Pada masa pandemic seperti sekarang ini, kita tidak bisa hanya berdiam dan menunggu kapan ini akan berakhir.

Salah satu hal yang kita bisa lakukan sembari menanti adalah membantu dan mendukung orang lain, baik itu anggota keluarga, anggota komunitas kita, atau sesama manusia di seluruh dunia.

Kita memahami bahwa bagi sebagian besar (jika tidak semua) dari kita, virus corona membawa ketakutan, kecemasan dan berakibat kepada krisis kesehatan dan krisis ekonomi.

Namun terlepas dari perasaan itu, banyak dari kita masih tergerak untuk bertanya, “Apa yang bisa saya bantu?”

Hari ini, kami menawarkan berbagai saran bagaimana mendukung orang lain. Walaupun kita harus jaga jarak, tetapi kita semua terlibat bersama.

1. Periksa tetangga Anda

Hubungi atau kirim pesan ke tetangga Anda (terutama tetangga lanjut usia) untuk memastikan mereka baik-baik saja.

Tanyakan apakah ada yang mereka butuhkan (sembako atau kebutuhan lainnya). Jika Anda memiliki apa yang mereka cari, tawarkan untuk menempatkannya di luar pintu depan mereka sehingga mereka dapat mengambilnya tanpa melakukan kontak langsung dengan Anda.

Kedengarannya ekstrem, tetapi ini sebenarnya cara yang hebat (dan aman) untuk memastikan bahwa tetangga Anda yang lebih rentan memiliki apa yang mereka butuhkan.

Jika Anda merasa nyaman keluar, pertimbangkan mengetuk pintu tetangga yang sudah tua dan mengobrol melalui kaca atau pintu yang ada tirainya untuk memberikan sedikit penghiburan dan kepastian.

2. Membangun hubungan secara virtual dengan orang-orang

Membangun hubungan dengan orang-orang secara virtual merupakan cara yang terbaik ketika social distancing harus dilakukan.

Pada masa ini ada banyak orang yang takut, cemas, kuatir dan membutuhkan dukungan moral, rohani dll.

Gunakan telepon anda untuk menghubungi dan membacakan ayat alkitab serta mendoakan mereka melalui sambungan telepen.

Gunakan daftar nama-nama yang ingin didoakan, doakan bahkan mereka yang jarang kontak dengan anda. Beritahu mereka bahwa anda ingin berdoa untuk mereka.

Pada masa seperti sekarang ini jarang orang menolak didoakan bahkan mereka yang memiliki keyakinan yang berbeda dengan kita.

Dengan menjadi sukarelawan doa, banyak orang akan dikuatkan sementara menghadapi pandemic ini.

3. Jangan membuang makanan dan jangan memborong apa yang anda inginkan.

Pada masa seperti ini banyak orang yang memborong berbagai keperluan secara berlebihan sehingga persediaan ditoko habis dan banyak orang yang tidak kebagian.

Bagi yang memiliki banyak dana bisa menyimpan stok yang besar dirumahnya, tetapi kita harus ingat banyak orang yang tidak memiliki cukup uang untuk mengadakan persediaan dirumah mereka.

Oleh karena itu, anda yang punya stok banyak, berbagilah dengan mereka yang kekurangan. Jika anda memasak, masaklah seperlunya jangan terbuang sia-sia.

Jika anda belanja, belikan juga kepada mereka yang terbatas dalam persediaan..

Adalah baik jika anda memikirkan mereka yang berkekurangan dan berbagi makanan dengan mereka.

Menurut Feeding America, setiap tahun 72 miliar pon makanan terbuang sia-sia. Banyak orang menyediakan makanan berlebihan yang akhirnya terbuang sia-sia.

Oleh sebab itu pikirkanlah mereka yang kekurangan makanan, sehingga anda bisa menghargai setiap makanan yang anda miliki.

4. Mendonorkan darah

Pandemic virus corona yang bersamaan dengan bulan puasa membuat stok darah menipis diberbagai rumah sakit dan PMI.

Salah satu cara memberikan pertolongan dengan menjadi sukarealwan donor darah. Stok darah penting tersedia demi menolong mereka yang sakit.

Hubungi PMI di kota anda dan jadilah sukarelawan.

“Saat ini, Palang Merah mendorong setiap orang yang sehat dan memenuhi syarat untuk menjadwalkan janji donor darah untuk membantu menjaga suplai darah yang cukup dan menghindari potensi kekurangan.

Mendonorkan darah adalah proses yang aman dan kita tidak perlu ragu untuk memberi atau menerima darah.

Kebutuhan akan donor sukarela adalah satu-satunya sumber darah bagi mereka yang membutuhkan transfusi. ”

Sebagai orang Kristen yang tidak berpuasa, sangat tepat bila kita berpartisipasi menjadi pendonor mengingat saudara kita muslim sedang berpuasa, hal ini mengakibatkan jumlah pendonor berkurang.

5. Beri sumbangan

Ada banyak profesional nirlaba di seluruh dunia bekerja untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terdampak bencana.

Jadi, jika Anda memiliki sumber daya, pertimbangkan untuk menyumbang ke organisasi sosial yang anda inginkan.

Mereka yang bekerja di organisasi nirlaba kemanusiaan sangat bergantung kepada donasi masyarakat untuk kelangsungan pelayanan mereka.

Makan dengan menjadi donator, mereka terus dapat memberikan layanan yang konsisten kepada berbagai elemen di masa pandemic ini, dan banyak orang bisa tertolong.

6. Jadilah pemimpin

Jika Anda berada dalam posisi sebagai professional yang memiliki otoritas dan Anda memiliki kekuatan pengambilan keputusan untuk memungkinkan tim Anda bekerja dari rumah (dan secara terprogram, organisasi Anda dapat beroperasi secara virtual), segeralah wujudkan.

Sekalipun Anda tidak menganggap karyawan Anda berisiko tinggi, tetapi dengan keputusan anda membolehkan karyawan kerja dari rumah, anda telah membantu pemerintan dan banyak orang terhindar dari virus corona.

7. Ingat dan beri penghargaan mereka yang bertugas di garis depan

Ada banyak orang yang harus bekerja melayani kebutuhan masyarakat, dimana mereka dituntut untuk terus bekerja seperti Pegawai toko bahan makanan.

Pekerja rumah tangga, perawat dan dokter, petugas polisi dan petugas pemadam kebakaran, orang-orang yang bekerja di binatu, pekerja sanitasi.

Pekerja pengiriman, guru yang mengajar anak-anak kita secara virtual, dan masih banyak yang lain..

Mungkin tidak banyak yang bisa kita buat membantu mereka, tetapi kita dapat menunjukkan terimakasih dan appresiasi atas dedikasi mereka.

Luangkan waktu selama beberapa hari dan minggu berikutnya untuk mempertimbangkan bagaimana Anda dapat menunjukkan penghargaan Anda kepada salah satu dari orang-orang ini.

Miusalnya, anda bisa menghubungi departemen kepolisian ditempat anda dan tanyakan apakah mereka mau menerima pengiriman beberapa pizza sebagai tanda penghargaan Anda..

Anda juga dapat mengirimkan bunga sebagai tanda dukungan kepada para petugas medis, atau jika anda punya kemampuan bisa menyediakan beberapa APD kepada mereka..

Anda juga bisa mengirimkan kartu-kartu ucapan terimakasih, bahkan jika anda tidak memiliki sumber daya untuk melakukan semua itu, anda masih bisa berdoa untuk mereka..

Anda masih dapat menawarkan tip dan bantuan untuk mendukung salah satu industri yang paling terpukul…

Ingat, jika salah satu dari gerakan ini melibatkan pertukaran uang fisik atau barang aktual, Anda harus memastikan bahwa semuanya higienis, aman, dan bersih.

8. Patuhi anjuran atau aturan pemerintah untuk jaga jarak

Salah satu cara efektif membantu orang lain adalah dengan menjaga diri sendiri melalui mematuhi anjuran pemerintah untuk jaga jarak, tidak berkerumun, gunakan masker, cuci tangan, jangan mudik, dirumah aja, dll..

Pada masa pandemic, hal ini sebenarnya yang paling utama dari yang lain. Semakin kita disiplin menjaga diri, maka semakin cepat pemutusan mata rantai virus corona tercapai.

Maka semakin cepat kehidupan kita kembali normal dan ini membantu memulihkan kembali hidup banyak orang.

9. Membantu memenuhi kebutuhan mereka yang dikarantina mandiri

Banyak orang yang harus menjalani karantina mandiri, baik dirumah sendiri maupun di hotel atau ditempat lain.

Banyak dari mereka tidak cukup dana untuk memenuhi kebutuhan selama karantina. Bahkan ada yang jauh dari keluarga inti dan hal ini menyulitkan mereka untuk memenuhi keperluan sendiri.

Akibatnya banyak ODP dan PDP pergi ke toko, supermarket, pasar untuk mencari obat dan makanan sendiri, hal ini tentu sangat berbahaya bagi orang lain.

Seperti baru-baru ini, ada ODP yang jauh dari keluarga intinya, maka untuk menjaga dia supaya tidak keluar, kami mensuplai makanan dan obat setiap hari hingga masa karantina berakhir.

Jadi, bantulah mereka yang menjalani karantina mandiri, tanyakan apa yang mereka butuhkan.

10. Memberikan masker dan edukasi kepada masyarakat

Banyak orang yang masih beraktifitas diluar tanpa mengenakan masker, bahkan itu termasuk para pedagang yang tiap hari kontak dengan banyak orang.

Sebagian menganggap enteng, sehingga enggan mengenakan masker. Sebagian mungkin tidak punya persediaan masker.

Kita bisa memberikan masker kepada mereka dan mengedukasi cara pencegahan dan cara menjaga keamanan diri dan orang lain.

Tentu ada banyak cara untuk membantu orang lain selama pandemic virus corona, anda bisa tambahkan daftar diatas menjadi sangat banyak.

“Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.” Galatia 6:2

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.