10 Alasan Mengapa Kita Harus Membaca Alkitab Setiap Hari

Pernahkan anda bertanya, mengapa saya harus makan dan minum setiap hari? Bisakah saya tidak usah makan dan minum setiap hari. Bisakah saya makan dan minum sekali sekali saja?

Jawaban untuk pertanyaan ini sangat sederhana. Tiap hari kita perlu makan dan minum supaya kita tetap hidup.

Maka jika pertanyaan yang sama ditanyakan, mengapa kita perlu membaca Alkitab setiap hari? Jawabannya juga sederhana. Supaya kita tetap hidup secara rohani.

Makanan jasmani untuk kehidupan jasmani. Makanan rohani (Firman Tuhan) untuk kehidupan rohani (jiwa).

Kedua-duannya perlu hidup. Jasmani dan rohani.

Sebagaimana kita punya alasan mengapa kita perlu makan tiap hari, maka kita juga punya alasan mengapa kita perlu makan makanan rohani (membaca Alkitab) setiap hari.

Kita membaca Firman Tuhan karena itu memberi kita energi, menjernihkan pikiran, mengarahkan jalan kita, menarik kita kepada Tuhan, meredakan kekhawatiran kita dan memuaskan jiwa kita! Tentunnya ada banyak alasan lainya.

Berikut ini ada 10 alasan mengapa kita harus membaca Alkitab setiap hari. Anda bisa tambahkan daftar ini.

1. Membaca Alkitab untuk mendapat bimbingan.

“Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” Mazmur 119:105.

Melalui Alkitab Tuhan membimbing hidup kita untuk berjalan dalam terang kebenaran-Nya. Kita tidak punya lampu atau senter.

Sehingga hidup kita sangat rawan untuk tersandung. Karena itu dengan mambaca Alkitab setiap hari, jalan pikiran kita akan terang karena Firman-Nya.

2. Membaca Alkitab untuk mendapat makanan bagi jiwa.

 “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” Matius 4:4.

Kita adalah manusia jasmani dan rohani. Jadi kita perlu makanan untuk kelangsungan hidup kita, baik secara fisik dan rohani supaya kita kuat dan sehat.

Bila kita menghadapi situasi yang sulit dalam hidup, kita tidak mudah kecewa, putus asa, karena jiwa kita telah dikuatkan dengan makanan rohani.

Bilapun kita menghadapi godaa dan pencobaan kita dapat menang, karena kita menggunakan Firman Tuhan sebagai senjata mengalahkan si jahat.

3. Membaca Alkitab untuk mendapatkan kesanggupan membedakan benar dan salah.

“Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.” Ibrani 4:12.

Firman Allah itu hidup. Dia bukan benda mati. Tetapi ada aliran kehidupan yang dapat mempengaruhi hidup kita.

Saaat kita membaca Alkitab, kekuatan Tuhan akan mengalir kedalam hidup kita.

4. Membaca Alkitab untuk mendapatkan berkat

“Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat.” Wahyu 1:3.

Dengan membaca Alkitab kita akan mendapat kebahagiaan, sukacita, karena Alkitab memberitahukan rencana Tuhan  yang indah bagi masa depan kita.

5. Membaca Alkitab untuk membersihkan jiwa.

Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.”Mazmur 119:9.

Jiwa kita seringkali kotor. Hati dan pikiran kita penuh dengan rencana dan angan-angan yang tidak murni. Maka supaya kita berperilaku benar, Alkitab dapat menjaga kita dari unsur-unsur yang jahat.

Membaca Alkitab akan mengubah hidup kita dan tetap mempertahankan moralitas dan etika.

6. Membaca Alkitab untuk koreksi dan memperlengkapi untuk perbuatan baik.

“Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.” 2 Korintus 3:16-17.

Membiarkan Tuhan mengoreksi kita dengan membaca Alkitab memberi ruang bagi Dia untuk memperlengkapi kita. Membaca Alkitab memberi semua yang kita butuhkan setiap hari untuk menang!

7. Membaca Alkitab untuk mengenal Yesus lebih jauh.

Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.” Yohanes 1:1-3.

Dengan membaca Alkitab kita akan diberitahukan bahwa Yesus adalah Allah pencipta, asal mula segala sesuatu. Dia raja segala raja. Dengan demikian kita tidak kuatir dan takut dalam hidup karena Yesus lebih berkuasa dari segala sesuatu diatas dunia ini.

Baca Juga: 10 Ayat Alkitab Merayakan Kelahiran Bayi dan Mendidik Anak

3 Cara Belajar Alkitab Induktif

Apakah itu Meditasi Alkitab

8. Membaca Alkitab untuk mendapatkan kesembuhan.

“Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.” 1 Petrus 2:24.

Dengan membaca Alkitab kita akan mendapatkan kesembuhan rohani. Kuasa penyembuhan Yesus ditemukan dalam Alkitab.

Alkitab menuntun kita untuk sepenuhnya percaya kepada Yesus dan janji-janji-Nya yang ditemukan dalam Firman-Nya.

Kita hanya perlu membaca Alkitab untuk mendapatkan kekuatan itu!

9. Membaca Alkitab karena itu adalah senjata kita melawan musuh.

“..dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,” Efesus 6:17.

Membaca Alkitab supaya kita punya alat untuk melawan dan mengalahkan Iblis. Membaca Alkitab setiap hari akan menyanggupkan kita supaya lebih baik dalam menggunakan Pedang Roh ini dan berjuang dalam pertarungan iman.

Kita hanya dapat memperoleh kemenangan setiap hari dengan membaca Alkitab.

10. Membaca Alkitab karena itu dapat membebaskan kita.

“..dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.” Yohanes 8:32.

Jika kita merasa tertekan dan penuh dengan pergumulan, Alkitab dapat membebaskan kita. Dan begitu kita mengetahui kebenaran tentang siapa Yesus, kita akan hidup dalam kebebasan yang telah Allah berikan kepada kita sebagai anak-anak-Nya dan pewaris bersama Kristus.

Alkitab memerdekakan kita dari dosa dan keingin untuk berbuat jahat.

Anda dapat menambahkan daftar ini menjadi sangat banyak.

Bagikan:

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.